Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan pada Hasil Karangan Siswa Kelas II Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.17977/um065v2i92022p869-881Keywords:
essay, spelling errors, capital letters, periods, karangan, kesalahan ejaan, huruf kapital, tanda titikAbstract
Abstract: This study aims to describe the form of spelling errors and the causes of these errors. The focus of the research was on errors in the use of capital letters and periods. The form of spelling errors was analyzed from the results of an essay made by class II students of the Education Unit of SDN Karangsari 1 Blitar City. This research used qualitative research with descriptive method. Based on research on 26 students, it was found that the forms of spelling errors which include: errors in the use of capital letters as many as 390 items and errors in the use of periods as many as 110 items. The forms of errors in the use of capital letters found were: (1) on the first letter of the title element of the essay, (2) on the first letter of the beginning of the sentence, (3) on the first letter of the person's name element, (4) on the first letter of the day's name, (4) in the middle of the sentence. The forms of errors in the use of periods found were: (1) in the middle of the sentence, (2) at the end of the title of the essay, and (3) not used at the end of the statement sentence. The causes of these errors were: (1) lack of understanding of students regarding the use of spelling correctly, (2) lack of accuracy of students in writing essays, (3) less accustomed to writing using correct spelling, and (4) traditional learning methods.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan penggunaan ejaan beserta penyebab terjadinya kesalahan tersebut. Fokus penelitian dilakukan pada kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda titik. Bentuk kesalahan penggunaan ejaan tersebut dianalisis dari hasil karangan siswa kelas II UPT Satuan Pendidikan SDN Karangsari 1 Kota Blitar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada 26 siswa, ditemukan sebanyak 390 butir kesalahan penggunaan huruf kapital dan sebanyak 110 butir kesalahan penggunaan tanda titik. Bentuk kesalahan penggunaan huruf kapital yang ditemukan yaitu: (1) pada huruf pertama unsur-unsur judul karangan, (2) pada huruf pertama awal kalimat, (3) pada huruf pertama unsur nama orang, (4) pada huruf pertama nama hari, (4) pada tengah-tengah kalimat. Bentuk kesalahan penggunaan tanda titik yang ditemukan yaitu: (1) pada tengah kalimat, (2) di akhir judul karangan, dan (3) tidak digunakan di akhir kalimat pernyataan. Penyebab kesalahan tersebut adalah: (1) kurangnya pemahaman siswa mengenai penggunaan ejaan dengan benar, (2) kurangnya ketelitian siswa dalam menulis karangan, (3) kurang dibiasakan menulis dengan menggunakan ejaan yang benar, dan (4) metode pembelajaran yang masih tradisional.
References
Abdurrahman, M. (2017). Pembelajaran Berbicara bagi Siswa dengan Hambatan Kecerdasan. JASSI ANAKKU Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus, 18(1), 62–69.
Afiana, N. (2018). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia tataran ejaan dalam karangan siswa. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 1(0), 68–78.
Dalman, H. (2015). Keterampilan Menulis. Rajawali Pers.
Fadli, F. (2021). Analisis Penggunaan Tanda Baca dan Hurup Kapital dalam Karya Surat Siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.36312/jime.v7i2.1975
Fitroh, L. H. (2017). An Error Analysis of Spelling In Letters For Friends About the Experience Or Ambition of 4th Class of Elementary School of Plemahan District of Kediri. 01(10), 17.
Ghufron, S. (2016). Kesalahan Pemakaian Ejaan dalam Karangan Siswa. 3(1), 8.
Indonesia, T., P, P, & B. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Inggriyani, F., & Fazriyah, N. (2017). Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 105–116. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2132
Markhamah, & Sabardila, A. (2014). Analisis Kesalahan Berbahasa dan Karakteristik Bentuk Pasif. UMS Press.
Masyhud, S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Lembaga Pengembangan Manajemen & Profesi Pendidikan (LPMK).
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT REMAJA ROSDAKARYA.
Nisa, K. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Berita dalam Media Surat Kabar Sinar Indonesia Baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218–224. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1261
Nurwicaksono, B. D., & Amelia, D. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Teks Ilmiah Mahasiswa. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 138–153. https://doi.org/10.21009/aksis.020201
Pandeangan, M., Siburian, J., Sari, L. O. I., & Sari, N. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia di Sekolah Dasar. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 10(2), 141–149. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v10i2.18801
Ramadhan, Y. A. (2019). Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Pilihan Kata Pada Ringkasan Teks Eksplanasi Siswa Kelas V SDN Karangrejo 04 Jember. http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/92041
Saifudin, M. F. (2016). Strategi Pembelajaran Keterampilan Menulis Narasi dengan Teknik Urai Ruang Waktu (URW) di Kelas III Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 80–86.
Salam, S. S., Sumardi, S., & Hodidjah, H. (2016). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Tanya dan Tanda Baca Titik pada Teks Dialog Siswa. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 168–175.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.
Suryanto, E. (2016). Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Laporan Hasil Observasi pada Siswa SMP. 4, 16.
Suryati, S. (2020). Kesalahan Berbahasa dalam Karangan Deskripsi Siswa Sekolah Dasar. EDU-KATA, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.52166/kata.v5i1.1787
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.