Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Implementasi Aspek 4C’s di Kelas V SD

Authors

  • Adelia Nur Aini Universitas Negeri Malang
  • Muchtar Muchtar Universitas Negeri Malang
  • Titis Angga Rini Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i92022p856-868

Keywords:

4C’s, teacher role, difficulty learning, peran guru, kesulitan belajar

Abstract

Abstract: This study aims to determine the role of teachers in overcoming student learning difficulties in aspects of 4C's (critical thinking, creativity, communication, collaboration) at SDN Ringinrejo 1 Kediri Regency. This study uses the qualitative descriptive method. Data collection techniques used observation, interviews, and documentation. This study was conducted at SDN Ringinrejo 1 Kediri district, consisting of 19 students and 1 class teacher. Based on the results of the analysis, there are 7 Roles of teachers in learning, namely demonstrators, facilitators, managers, mentors, motivators, and evaluators in learning. The role of the teacher arises when there are students who have difficulty in applying aspects of 4C's during learning activities.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar yang terjadi pada siswa dalam aspek 4C’s (critical thinking, creativity, communication, collaboration) di SDN Ringinrejo 1 Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan sebagai teknik dalam pengumpulan data. Penelitian ini dilakukan di SDN Ringinrejo 1 Kabupaten Kediri yang terdiri dari 19 siswa dan 1 guru kelas. Berdasarkan hasil analisis didapatkan hasil terdapat 7 peran guru dalam pembelajaran yaitu sebagai fasilitator, demonstrator, motivator, evaluator, pengelola dan pembimbing. Peran guru tersebut muncul ketika terdapat siswa yang mengalami kesulitan dalam menerapkan aspek 4C’s pada saat kegiatan pembelajaran.

References

Abbas, S. A. (2017). Kedudukan Guru sebagai Pendidik. Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(1), 9–24.

Anderha, R. R., & Maskar, S. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Daring Materi Eksponensial. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 1–7.

Arfandi, & Dkk. (2021). Peran guru profesional sebagai fasilitator dan komunikator dalam kegiatan belajar mengajar. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 5(2), 124–132.

Azizah, & dkk. (2021). Peran Dan Tantangan Guru Dalam Membangun Peradaban Manusia: Upaya Strategis dan Konkret Seorang Guru (1st ed., Vol. 1; A. A. Hidayat, ed.). Surabaya: Global Aksara Pres.

Darmadi, H. (2018). Membangun Paradigma Baru Kinerja Guru. Bogor: Guepedia Publisher.

Hapsari, F., & dkk. (2021). Peran Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa selama Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh. Research and Development Journal of Education, 7(1), 193–204.

Jumrawarsi, & Suhaili, N. (2020). Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 50–54.

Larasati, K. S. (2021). Problematika Penerapan Kecakapan 4C Dalam Pembelajaran Tematik Kelas3 SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan. Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Novianti, E., Firmansyah, Y., & Susanto, E. (2021). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebagai Fasilitator dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 13–18.

Pautina, A. R. (2018). Aplikasi Teori Gestalt dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 14–28.

Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 49–54.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Saifuddin. (2018). Pengelolaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis. Deepublish.

Sanjaya, W. (2011). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan.

Septikasari, R., & Frasandy, R. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al Awlad, VIII, 107–117.

Sitepu, A. S. M. (2019). Pengembangan Kreativitas Siswa (1st ed.). Depok: Guepedia Publisher.

Sugiyanto. (2016). Diagnostik Kesulitan Belajar (DKB). Negeri Semarang, (0274), 1–20.

Suprapno, & dkk. (2021). Pengantar Ilmu Pendidikan (1st ed.). Malang.

Tusturi, R. (2017). Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 129.

Widodo, S., & dkk. (2020). Mengajarkan Keterampilan Abad 21 4C Di Sekolah Dasar. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 185–197.

Yestiani, & dkk. (2020). Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. FONDATIA, 4(1), 41–47.

Zakaria. (2021). Kecakapan Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Dirasah, 4(2), 81–90.

Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills untuk Menghadapi Era Revolusi 4.01. 2nd Science Education National Conference, 13(October 2018), 1–18.

Downloads

Published

30-09-2022

How to Cite

Aini, A. N., Muchtar, M., & Rini, T. A. (2022). Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Implementasi Aspek 4C’s di Kelas V SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(9), 856–868. https://doi.org/10.17977/um065v2i92022p856-868

Issue

Section

Articles