Implementasi Nilai-Nilai Karakter Berbasis Budaya Jawa di SD

Authors

  • Insyira Imani Ekalanti Universitas Negeri Malang
  • Muh. Arafik Universitas Negeri Malang
  • Titis Angga Rini Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i92022p831-843

Keywords:

implementation, character values based on javanese culture, local wisdom, implementasi, nilai-nilai karakter berbasis budaya jawa, kearifan lokal

Abstract

Abstract: The implementation of character-based learning programs, in fact, is not just educating right and wrong, but includes the process of habituation of behavior about virtue values, so that students can understand to describe of the implementation of Javanese culture-based character values ​​at SDN Petungsewu 1. The implementation of Javanese culture-based character values ​​is carried out by means of a multilevel method, full of discipline and character themes so that it can be easily absorbed of students.The research method used is a qualitative research method, with data collection tools in the form of interview instruments and validated using source triangulation. In addition to interviews, data collection also uses observation and documentation. This is shaping the character of students based on culture, in accordance with the UU RI Sisdiknas No. 20 of 2003 and Perda Gubernur Jatim No. 11 of 2017. The character values ​​that are implemented include; religion and culture. noble character and values ​​of mutual cooperation, which are explored and in accordance with Pancasila, Javanese culture, along with the local wisdom of the local community.

Abstrak: Implementasi program pembelajaran berbasis karakter, sesungguhnya bukan sekadar mendidik benar dan salah, tetapi mencakup proses pembiasaan perilaku tentang nilai-nilai keutamaan, sehingga siswa dapat memahami, merasakan, dan mau berperilaku baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai karakter berbasis budaya Jawa di SDN Petungsewu 1. Pengimplementasian nilai-nilai karakter berbasis budaya Jawa ini dilakukan dengan cara atau metode bertingkat (unggah-unggah), penuh kedisiplinan dan tema karakter agar bisa mudah diserap oleh siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan alat pengumpul data berupa instrumen wawancara dan divalidasi menggunakan triangulasi sumber. Selain wawancara, pengumpulan data juga menggunakan  observasi serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini merupakan serangkaian aktivitas dari para siswa di sekolah, yang bertujuan untuk membentuk karakternya, melalui pembiasaan sehari-hari. Hal ini bertujuan untuk menyukseskan program pemerintah daerah Jawa Timur dalam membentuk karakter siswa berbasis budaya, sesuai dengan UU RI Sisdiknas No.20 tahun 2003 dan Perda Gubernur Jatim No.11 tahun 2017. Nilai-nilai karakter yang diimplementasikan meliputi; agama dan budaya (religius). budi pekerti luhur dan nilai-nilai gotong royong, yang digali dan sesuai dengan Pancasila, budaya Jawa, beserta kearifan lokal masyarakat setempat.

References

Achmad, S. W. (2020). Ilmu Bahagia Ki Ageng Suryomentaram (A. P. Pati (ed.)). Araska.

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum: Jurnal Studi Islam, 13(1). https://www.neliti.com/publications/195611/pembentukan-karakter-melalui-pendidikan-agama-islam

Antlöv, H., Cederroth, S., Soemitro, P., & Moedjanto, G. (2011). Kepemimpinan Jawa: Perintah Halus, Pemerintahan Otoriter. Yayasan Obor Indonesia.

Apriani, A.-N. (2015). Pengaruh SSP Tematik-Integratif Terhadap Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Kelas III SD. UNY Jurnal Prima Edukasia, 3(1). https://doi.org/2460-9927

Arafik, M. (2013). Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Dasar Berbasis Karakter. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?pId=41774&pRegionCode=JIUNMAL&pClientId=111

Ciptoprawiro, D. A. (2012). Filsafat Jawa. Balai Pustaka.

Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. In Lincoln: Pearson (6th ed.).

Djuwita, P. (2017). Pembinaan Etika Sopan Santun Peserta Didik Kelas V Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Nomor 45 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD, 10(1), 27–36. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.1.27-36

Endraswara, S. (2013). Falsafah kepemimpinan Jawa: Butir-butir nilai yang membangun karakter seorang pemimpin menurut budaya Jawa. Narasi.

Kebudayaan, K. P. dan. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kompas.com. (2011). 5 Cara Melatih Anak Jadi Pemimpin. https://amp.kompas.com/lifestyle/read/2011/03/22/1229159/5-cara-melatih-anak-jadi-pemimpin?utm_source=pocket_mylist

Larasati, T. A. (2014). Kajian Awal Implementasi Pendidikan Karakter.

Lukitasari, F. (2017). Implementasi Kurikulum Pendidikan Berbasis Budaya Dalam Pengembangan Karakter Anak di Tk Pedagogia.

Mandiri, A. (2015). Undang-undang sisdiknas ( sistem pendidikan nasional) 2003 (UU RI No.20 Th.2003). Sinar Grafika.

Mukhtar, P. D. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. In Jakarta: GP Press Group. GP Press Group.

Mulder, N. (1996). Pribadi dan Masyarakat di Jawa (H. Hadiwijono (ed.); 2nd ed.). CV Muliasari.

Rahayu, N. T., & Efendi, A. (2016). Metode Pembelajaran Bertahap untuk pengajaran tembang macapat. Journal of Chemical Information and Modeling, 3(1).

Sanjaya, W. (2013). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group.

Scheets, S. R. E. & N. A. (2014). Applying Critical Thinking Skill to Character Education and Values Clarification With Student Who Are Deaf or Hard Hearing. JSTOR: American Annals of The Deaf.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta Bandung.

Supriatna, A. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Era Generasi Milenial. In Cholid Education (pp. 1–7). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Syarbini, A. (2014). Model pendidikan karakter dalam keluarga. Elex Media Komputindo.

Yunus, R. (2013). Transformasi nilai-nilai budaya lokal sebagai upaya pembangunan karakter bangsa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 67–79.

Downloads

Published

30-09-2022

How to Cite

Ekalanti, I. I., Arafik, M., & Rini, T. A. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Karakter Berbasis Budaya Jawa di SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(9), 831–843. https://doi.org/10.17977/um065v2i92022p831-843

Issue

Section

Articles