Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Ispring Materi Mensyukuri Keberagaman dengan Penguatan Sikap Kemandirian Siswa Kelas IV

Authors

  • Ayu Pangesti Universitas Negeri Malang
  • Putri Mahanani Universitas Negeri Malang
  • Erif Ahdhianto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i92022p819-830

Keywords:

interactive multimedia, ispring, ppkn, grade IV elementary school, multimedia interaktif, kelas IV sekolah dasar

Abstract

Abstract: This study aims to produce interactive multimedia products using iSpring on material grateful for diversity for grade IV students that are valid according to material experts, media experts, teachers and are practical/interesting and able to strengthen the attitude of independence in students. The research method uses (R&D), the research model uses ADDIE, data collection techniques: interviews, questionnaires, validation questionnaires, and documentation. Data analysis techniques: qualitative descriptive and quantitative results are calculated in the form of percentages. The results obtained: material validation 100 percent (very valid), media validation 90 percent (very valid), teacher validation 95 percent (very valid), and product trial results for practicality/attractiveness 98 percent (very interesting/practical) and able to strengthen the attitude of independence 97.3 percent. It can be concluded that iSpring interactive multimedia is declared to be very valid and practical/interesting and able to strengthen students' independence in learning Civics.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk multimedia interaktif menggunakan iSpring pada materi mensyukuri keberagaman untuk siswa kelas IV yang valid menurut ahli materi, ahli media, guru serta praktis /menarik dan mampu menguatkan sikap kemandirian pada siswa. Metode penelitian menggunakan (R&D), model penelitian menggunakan ADDIE, teknik pengumpulan data: wawancara, angket kuesioner, angket validasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data : kualtitatif berbentuk deskriptif dan kuantitatif hasilnya dihitung dalam bentuk persentase. Hasil penelitian diperoleh: validasi materi 100 persen (sangat valid), validasi media 90 persen (sangat valid), validasi guru 95 persen (sangat valid), dan hasil uji coba produk untuk kepraktisan/kemenarikan 98 persen (sangat menarik/praktis) serta mampu menguatkan sikap kemandirian 97,3 persen. Dapat disimpulkan multimedia interaktif iSpring dinyatakan sangat valid dan praktis/menarik serta mampu menguatkan sikap kemandirian siswa dalam belajar PPKn.

References

Ariyanti, D., Mustaji, & Harwanto. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Ispring Suite 8. Education and Development, 8(2), 381–389.

Cahyanti, A. D. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Matematika Dengan Ispring Suite 8. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Firdha, N., & Zulyusri, Z. (2022). Penggunaan iSpring Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 101–106. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.101-106

Huda, A. (2018). Model Pembelajaran Desain Grafis. UNP Press,Padang.

Izma, T., & Kesuma, V. Y. (2019). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Bangsa. In Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan (Vol. 17, Issue 1). https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2419

Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 14. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Mahanani, P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Together WIN dan STAD. Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 3(2), 188–195. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk/article/view/7009/3534

Mahanani, P. (2020). Profil Guru Ideal Kunci Kemajuan Kualitas Generasi Emas 2045. Prosiding Seminar Nasional KSDP Prodi S1 PGSD, 1(2020), 51–58.

Mahartania, S. Q. G., Nuraini, N. L. S., & Ahdhianto, E. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Matematika Berbasis Ispring Materi FPB Dan KPK untuk Siswa Kelas IV Sekolah. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(6), 430–439. https://doi.org/10.17977/um065v1i62021p430-439

Muhammad Rusdi. (2018). Penelitian desain dan pengembangan kependidikan : konsep, prosedur dan sintesis pengetahuan baru. Depok : Rajawali Pers.

Muhiyatul Huliyah. (2016). Hakikat pendidikan anak usia dini jalur pendidikan informal. Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, 1(1), 61–62.

Muis, M. (2019). Model Pembelajaran Berbasis Masalah: Teori dan Penerapannya. Gresik: Caremedia Communication.

Mulyatiningsing, E. (2014). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik . Yogyakarta: UNY Press.

Nova, Deana & Widjiastuti, N. (2019). Pembentukan Karaker Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum. 113–118.

Rahmah, D. Y. (2017). Pengembangan media interaktif berbasis i- spring untuk peningkatan hasil belajar siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Loloan Timur Jembrana Bali. Malang: Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Rianawati. (2014). Implementasi Nilai-Nilai Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah. IAIN Pontianak Press

Ridoi, M. (2018). Cara Mudah Membuat Game Edukasi dengan Construct 2: Tutorial sederhana. https://books.google.co.id/books?id=k2VSDwAAQBAJ&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false

Septy Nurfadillah, D. (2021). Penerapan Media Visual Untuk Siswa Kelas V Di Sdn Muncul 1. Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 237–238.

Setyaningati, M., Sa’dun Akbar, & Putri Mahanani. (2020). Pembelajaran Pendidikan Karakter PeduliLingkungan Melalui Program AdiwiyataDi Sdn Bunulrejo 2 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 12–31.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. In Bandung: Alfabeta.

Sumardi. (2020). Teknik Pengukuran dan Penilaian Hasil Belajar. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Susanti, N. &. (2018). Observasi: Teori dan Aplikasi dalam Teknologi. Malang: UMM Press.

Yasa, I. K. D. C. A., Agung, A. A. G., & Simamora, A. H. (2021). Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 8(1), 104–112.

Yuniasih, N., Aini, R. N., & Widowati, R. (2018). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Ispring Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Di SDN Ciptomulyo 3 Kota Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), 85–94. https://doi.org/10.21067/jip.v8i2.2647

Zilfia, K., Maurisa, A., & Rahayu, W. P. (2021). Meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa melalui pengembangan Mobile Learning berbasis Android berbantuan Ispring Suite 9. 1(6), 546–558. https://doi.org/10.17977/um066v1i62021p546-558

Downloads

Published

30-09-2022

How to Cite

Pangesti, A., Mahanani, P., & Ahdhianto, E. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Ispring Materi Mensyukuri Keberagaman dengan Penguatan Sikap Kemandirian Siswa Kelas IV. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(9), 819–830. https://doi.org/10.17977/um065v2i92022p819-830

Issue

Section

Articles