Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN

Authors

  • Firda Aurelia Amanda Hasibuan Universitas Negeri Malang
  • Suhartono Suhartono Universitas Negeri Malang
  • Siti Umayaroh Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i82022p813-818

Keywords:

parents education level, student achievement, tingkat pendidikan orang tua, prestasi belajar siswa

Abstract

Abstract: This study aims to determine the relationship between parental education level and student achievement in Class V SDN Se Gugus 5, Kedungkandang District, Malang. This research was conducted at SDN Se Gugus 5, Kedungkandang District, Malang. The subjects of this study were parents and fifth grade students of SDN Se Gugus 5, Kedungkandang District, Malang. The type of research conducted is descriptive quantitative with a correlational model. The data collection technique used is a questionnaire given to parents and documentation as a source of student achievement data. The results of this study indicate that there is no significant relationship between the educational level of parents and the learning achievement of Class V SDN Se Gugus 5, Kedungkandang District. With the calculation results of 0.134 greater than 5 percent.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kaitan jenjang pendidikan orang tua dengan kinerja belajar murid Kelas V SDN Se Gugus 5 Kecamatan Kedungkandang Malang. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Se Gugus 5 Kecamatan Kedungkandang Malang.  Subjek penelitian ini adalah orang tua dan murid kelas V SDN Se Gugus 5 Kecamatan Kedungkandang Malang. Jenis pengkajian yang dilakukan adalah kuantitatif deskriptif dengan model korelasional. Teknik penghimpunan data yang digunakan adalah angket yang dibagikan kepada orang tua murid dan dokumentasi sebagai sumber data prestasi belajar siswa. Hitungan penelitian ini menampakkan bahwasanya tidak adanya kaitan yang signifikan antara jenjang pendidikan orang tua dengan kinerja belajar murid Kelas V SDN Se Gugus 5 Kecamatan Kedungkandang. Dengan hasil perhitungan sebesar 0,134 lebih dari 5 persen.

References

Al Zuhry, M. V, & Ghofur, M. A. (2021). Pengaruh tingkat pendidikan, pendapatan orang tua, semangat belajar, dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa di masa pandemi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2501-2512. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.895

Alfian. (2020). Hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV Gugus V Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo. 1–16. Makassar: FIP Universitas Negeri Makassar. Dari http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19357

Supandi, A. (2019). Hubungan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(1), 92- 97. Dari http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/76

Wangi, S. S. (2020). Korelasi tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar ips di Smpn 7 Sungai raya. Pontianak: FKIP Pontianak. Dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/41048/75676586116

Wulandari, D. (2015). Pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas V DI SDN Negeri 1 Jagoan tahun pelajaran 2014/2015. matasari, Indah. 11, 9. Surakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dari http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32943

Wulandari, S. (2014). Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN Rejondani Madurejo Prambanan Sleman Yogyakarta Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: FITK Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Scheinin, P. (2009). Using student assessment to improve teaching and educational policy. In M. O'Keefe, E. Webb, & K. Hoad (Eds.), Assessment and student learning: Collecting, interpreting and using data to inform teaching (pp. 12-14). Melbourne, Australia: Australian Council for Educational Research.

Makmara. T. (2009). Tuturan persuasif wiraniaga dalam Berbahasa Indonesia: Kajian etnografi komunikasi. (Unpublished master’s thesis) Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia.

Downloads

Published

30-08-2022

How to Cite

Hasibuan, F. A. A., Suhartono, S., & Umayaroh, S. (2022). Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(8), 813–818. https://doi.org/10.17977/um065v2i82022p813-818

Issue

Section

Articles