Peningkatan Keterampilan Menulis Ringkasan Teks Eksplanasi Menggunakan Model SQ3R Berbantuan Mind Mapping Pada Siswa Kelas V SDN

Authors

  • Esa Savira Salsabila Universitas Negeri Malang
  • Titis Angga Rini Universitas Negeri Malang
  • Putri Mahanani Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i82022p790-812

Keywords:

aummary writing skills, explanatory text, SQ3R model, mind mapping, keterampilan meringkas, teks eksplanasi

Abstract

Abstract: This research aims to improve the ability to write an explanatory text summary using the SQ3R model with the aid of mind mapping. This research is a Classroom Action Research (CAR). This study uses the Arikunto cycle in two cycles. Data collection techniques in this study were observation, interviews, tests, documentation, and field notes. The subjects of this study were students of class 5C SDN Polehan 2 Malang City. The research instrument used teacher and student observation instruments, interview instruments, and test instruments. Data analysis used quantitative and qualitative descriptive analysis. The average percentage of teacher activity from the first cycle was 83.35 percent to 95 percent in the second cycle. The percentage of learning outcomes in pre-action skills is 31.81 percent. The percentage of skill learning outcomes in the first cycle was 86.36 percent, in the second cycle it increased to 90.9 percent. The aspect of attitude in the first cycle is still lacking in the aspect of self-confidence because students are still shy and do not dare to show themselves, but in the second cycle they are better and the attitude of responsibility is increasingly visible. Based on the data obtained, the ability to write an explanatory text summary using the SQ3R model with the aid of mind mapping increased.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis ringkasan teks eksplanasi menggunakan model SQ3R berbantuan mind mapping. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan siklus Arikunto dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5C SDN Polehan 2 Kota Malang. Instrumen penelitian menggunakan instrumen observasi guru dan siswa, instrumen wawancara, dan instrumen tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Persentase rata-rata aktivitas guru dari siklus I sebesar 83.35 persen menjadi 95 persen pada siklus II. Persentase hasil belajar keterampilan pada pra tindakan sebesar 31.81 persen. Persentase hasil belajar keterampilan pada siklus I sebesar 86.36 persen, pada siklus II meningkat menjadi 90.9 persen. Pada aspek sikap pada siklus I masih kurang dalam aspek percaya diri dikarenakan siswa masih malu dan belum berani unjuk diri, namun pada siklus II sudah lebih baik serta sikap tanggung jawab semakin terlihat. Berdasarkan data yang didapatkan, kemampuan menulis ringkasan teks eksplanasi menggunakan model SQ3R berbantuan mind mapping meningkat.

References

Alif, A., Nonoh, A. S., & Sarwanto. (2015). Authentic Assessment Berbasis Scientific Approach Sebagai Implementasi Kurikulum 2013 Abstrak Pendahuluan. Jurnal Inkuri, 4(3), 39–50.

Amalia, R. S., Winarni, R., & Sriyanto, M. I. (2020). Penerapan model pembelajaran SQ3R untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas IV sekolah dasar. J. Didaktika Dwija Indria, 6(1), 1–6.

Arikunto, S., Suhardjono, S. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). In PT. Bumi Angkasa. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=-RwmEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=penelitian+tindakan+kelas&ots=TCQlTZ7hm1&sig=Mz07C2svIZpiO-TSVVOrzShyDhM&redir_esc=y#v=onepage&q=penelitian tindakan kelas&f=false

Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas : PT Bumi Aksara. In Suryani (Ed.), Book.

Aulia, R. P., Taufiq, A., & Arafik, M. (2021). Penerapan Metode SAS untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Tegak Bersambung Kelas 1 SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(8), 638–645. https://doi.org/10.17977/um065v1i82021p638-645

Azmussya’ni, A., & Wangid, M. N. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Menggunakan Pendekatan Proses Dengan Media Gambar Di Sdn 3 Sakra. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 1. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2640

Buzan, T., Buzan, B., Sindoro, A., & Bakir, R. S. (2004). Memahami peta pikiran = the mind map book. //library.unimed.ac.id/index.php?p=show_detail&id=8365&keywords=

Effendi, R. (2016). Model Pembelajaran Sq3R Untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. I(2), 109–118.

Halimah, A. (2014). Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Di Sd/Mi. Auladuna, 1(1), 27–35. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/539

Hayati, F. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 1809–1815.

Mahanani, P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Together Win dan STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. 3(2), 188–195.

Mahanani, P., Luh, N., Nuraini, S., Cholifah, P. S., Anugerah, M. R., Kurniawati, I. Y., & Sugiarti, I. (2021). Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis High Order Thinking Skill Bagi Guru Sekolah Dasar. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 89–96.

Maolia, N., Bramasta, D., & Andriani, A. (2020). Sikap Toleransi Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Patikraja. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 9(1), 22. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v9i1.3866

Mukhlason, M., Degeng, N., & Sihkabuden, S. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran (Peta Konsep Dan Ringkasan) Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Sejarah. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 2(1), 280–291. https://doi.org/10.17977/um031v2i12015p280

Mulyani, M. (2008). Evaluasi Keterampilan Menulis Yang Di Buat Guru Sd Di Kota Magelang. Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia FBS Unnes, 7, 134–137.

Nugraheni, A. A., & Yunianta, T. N. H. (2018). Penerapan Metode SQ3R untuk meningkatkan pemahaman konsep kelas VIII materi fungsi di SMP Negeri 2 Mojosongo Boyolali. Jurnal Genta Mulia, IX(1), 122–133. file:///C:/Users/43U/Downloads/149-274-1-SM.pdf

Nurgiyantoro, B. (2012). Penilaian Pembelajaran Sastra Berbasis Kompetensi. DIKSI Universitas Negeri Yogyakarta, 11(1), 91–116.

Purnawati, I. D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mengidentifikasi Macam-macam Gaya Melalui Model Prediction-Observation-Explanation (POE) dengan Penguatan Rasa Ingin Tahu Kelas IV A SDN Kanigoro 4 Blitar. Universitas Negeri Malang. http://repository.um.ac.id/121330/

Rachmawan, P. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menggali Pengetahuan Baru Melalui Model Tri-Focus Technique ( TFT) dengan Penguatan Karakter Mandiri pada Siswa Kelas IV SDN Kepanjenlor 2 Kota Blitar Malang. Universitas Negeri Malang. http://repository.um.ac.id/121467/

Rahmawati, A. (2018). Penerapan Sq3R Berbantuan Reka Cerita Gambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Dan Hasil Belajar Siswa. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 126. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.3827

Rahmawati, I. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Meringkas Teks Eksplanasi Menggunakan Model Mind Mapping dengan Penguatan Karakter Tanggung Jawab pada Siswa Kelas V SDN Sumber 02 Kabupaten Blitar. Universitas Negeri Malang. http://repository.um.ac.id/121302/

Rimayanti, A. I., & Jaja, J. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksplanasi Berdasarkan Berita Media Massa Cetak. Jurnal Tuturan, 7(2), 857. https://doi.org/10.33603/jt.v7i2.1738

Roselin, M. R., Arafik, M., & Rini, T. A. (2022). Analisis Kemampuan Siswa dalam Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca pada Teks Narasi Bahasa Indonesia Kelas V SD Gugus 7 Kecamatan Sukun Kota Malang. 2(2), 89–95. https://doi.org/10.17977/um065v2i22022p89-95

Sari, Y., Luvita, R. D., Cahyaningtyas, A. P., Iasha, V., & Setiawan, B. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Struktural Analitik Sitentik terhadap Kemampuan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1125–1133. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.515

Sholeh, K., & Afriani, S. (2016). Teknik Mind Mapping Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Pada Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 2(2), 27–45.

Sulistyaningsih, L. S. (2014). Metode Sq3R. In Pbin4329/Modul 1 (Vol. 1). http://repository.ut.ac.id/4816/1/PBIN4329-M1.pdf

Trisnasari & Setiyadi. (2020). Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V dengan Menggunakan Metode Inquiri Learning dengan Setting Mind Mapping Technique. Jurnal of Elementary Education, 03(05), 208–221.

Zalsalina, R., Palupi, G., & Riyaningsih, D. (2020). Penilaian Keterampilan Abad Ke-21. Prosiding Seminar Nasional V 2019, 340–346.

Downloads

Published

30-08-2022

How to Cite

Salsabila, E. S., Rini, T. A., & Mahanani, P. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Ringkasan Teks Eksplanasi Menggunakan Model SQ3R Berbantuan Mind Mapping Pada Siswa Kelas V SDN. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(8), 790–812. https://doi.org/10.17977/um065v2i82022p790-812

Issue

Section

Articles