Pengembangan Video Pembelajaran Audio-Visual Berbasis Powtoon Materi Mengenal Macam-Macam Pantun Kelas V SD

Authors

  • Devita Lutfi Laili Agustin Universitas Negeri Malang
  • Sutansi Sutansi Universitas Negeri Malang
  • Ferril Irham Muzaki Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i82022p782-789

Keywords:

learning indonesian, pantun, research and development, ADDIE, pembelajaran bahasa indonesia, penelitian dan pengembangan

Abstract

Abstract: Problems in learning Indonesian, especially the material of various kinds of pantun, occur at SDN Bakung 02, especially in class V. The purpose of this research and development is to develop learning media to overcome some of the problems that occur. This research uses research and development (R&D) research methods. While this research model uses the ADDIE research model with the data sources used, namely interviews, observations, questionnaires, and documentation. Based on the validation and research conducted, the results were very valid with 87.5 percent results (from material experts), 100 percent results (from media experts), 100 percent results (from teachers), and 100 percent results (from fifth-grade students). ) so that it can be concluded that the products made can be tested without revision, practical, and interesting to use.

Abstrak: Permasalahan pada pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi macam-macam pantun terjadi di SDN Bakung 02 khususnya di kelas V. Tujuan diselenggarakannya penelitian beserta pengembangannya yaitu untuk melakukan pengembangan media pembelajaran guna mengatasi beberapa masalah yang terjadi. Peneliti memanfaatkan metode penelitian research and development (R&D). Lebih lanjut peneliti memakai model penelitian ADDIE dengan sumber datanya yakni observasi, wawancara, penyebaran angket, beserta dokumentasi. Berdasarkan validasi dan penelitian yang dilakukan mendapatkan hasil sangat valid dengan hasil 87,5 persen, (dari pakar materi), hasil 100 persen (dari ahli media), hasil 100 persen  (dari guru) dan hasil 100 persen (dari siswa kelas V) sehingga dapat disimpulkan bahwa produk yang dibuat bisa diuji coba tanpa revisi, praktis,dan menarik untuk digunakan.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534

Fitriyani, N. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon Tentang Konsep Diri Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 104–114.

Munir. (2015). Multimedia Konsep Aplikasi Dalam Pendidikan. PT. Alfabeta.

Nugraha, M. ., & Munir, R. (2011). Pengembangan Aplikasi QR Code Generator dan QR Code Reader dari Data Berbentuk Image. 148–149.

Nugrahaningtyas, M. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Pantun melalui Media Power Point Bernarasi pada Siswa Kelas V Semester 1 SDN Cangkol 2 Tahun Pelajaran 2020/2021. Educatif : Journal of Education Research, 3(2), 1–14.

Pakpahan, A.F., Ardiana, D.P.Y., Mawati, A.T., Wagiu, E.B., Simarmata, J., Mansyur, M.Z., ... & Iskandar, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran (1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Permendikbud No.24. (2016). Permendikbud No. 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Dasar. Mendikbud.

Purwono, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2014). PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1. 2(2).

Rohani. (2019). Media Pembelajaran. UIN Sumatra Utara.

Sejati, A. (2021). PENGEMBANGAN POP-UP BOOK BERBASIS QR CODE MATERI BANGUN RUANG DENGAN PENGUATAN KARAKTER RASA INGIN TAHU DI KELAS V SEKOLAH DASAR.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. PT. Alfabeta.

Tegeh, I. M. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.

Wafa, A., Djuanda, D., & Sunaengsih, C. (2017). Penerapan Permainan “Pantun Cerdas” Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa IV-A SDN Padasuka I Pada Materi Membuat Pantun. 2(1).

Wahyuni, I. (2018). Pemilihan Media Pembelajaran. 1–14.

Downloads

Published

30-08-2022

How to Cite

Agustin, D. L. L., Sutansi, S., & Muzaki, F. I. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Audio-Visual Berbasis Powtoon Materi Mengenal Macam-Macam Pantun Kelas V SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(8), 782–789. https://doi.org/10.17977/um065v2i82022p782-789

Issue

Section

Articles