Pengembangan Media Big Book untuk Pembelajaran Membaca Permulaan di Kelas I SD Negeri

Authors

  • Anila Sitalawati Universitas Negeri Malang
  • Titis Angga Rini Universitas Negeri Malang
  • Sukamti Sukamti Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i82022p770-781

Keywords:

media, big book, early reading, buku besar, membaca permulaan

Abstract

Abstract: Big book media for early reading learning was created because students still have obstacles in learning to read early. These obstacles come from some students who are not fluent in reading. In addition, the media used in students' initial reading learning is only in the form of a large black and white book that is less interesting and small writing so that students have difficulty in reading from a distance. This big book for early reading learning is to train students' early reading skills. This study aims to develop a big book media for valid early reading learning according to media experts, material expert and user, and also interesting for students. The research and development model used is ADDIE model whose stages include analysis, design, development, implementation, and evaluation.  This study obtained the result of media expert validation of 98.4 percent, material expert validation of 91.6 percent, and user validation of 93.1 percent, so that it is included in the category of media is very valid and can be used in early reading learning. Based on the explanation above, it can be concluded that the big book media for early reading learning is very valid to use so that it can train students in reading early.

Abstrak: Media big book untuk pembelajaran membaca permulaan dibuat karena siswa masih ada kendala dalam pembelajaran membaca permulaan. Kendala tersebut berasal dari sebagian siswa yang belum lancar membaca. Media yang digunakan dalam pembelajaran membaca permulaan siswa hanya berupa buku besar hitam putih yang kurang menarik dan tulisan yang kecil sehingga siswa kesulitan dalam membaca dari kejauhan. Media big book untuk pembelajaran membaca permulaan ini untuk melatih keterampilan membaca permulaan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media big book untuk pembelajaran membaca permulaan yang valid menurut ahli media, materi dan pengguna yaitu guru juga menarik untuk siswa. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE yang tahapannya meliputi analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini memperoleh hasil validasi ahli media 98,4 persen, validasi ahli materi 91,6 persen, dan validasi pengguna 93,1 persen, sehingga termasuk dalam kategori media sangat valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran membaca permulaan. Berdasarkan pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa media big book untuk pembelajaran membaca permulaan sangat valid digunakan sehingga dapat melatih siswa dalam membaca  permulaan.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Alpusari, M., Mulyani, E. A., Putra, R. A., & Hermita, N. (2021). Pengembangan Big Book Sekolah Dasar. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 4(February), 86–95. http://dx.doi.org/10.31258/jta.v4i1.86-95

Andriani, F., HB, Z., & Marhamah. (2021). Analisis Penerapan Media Big Book dalam Pembelajaran Membaca Permulaan pada Tingkat MI/SD. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, XI, 9–16.

Aprizia, O. B. (2019). Pengembangan media big book untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas tiga sd negeri pilang 02. Universitas Negeri Semarang.

Aulia, M., Adnan, Yamin, M., & Rizki, K. (2019). Penggunaan Big Book dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Branch, R. M. (2009). Desain instruksional: Pendekatan ADDIE. Springer.

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. PT RajaGrafindo Persada.

Djaga, S., Riangtati, A. D., & Usman, H. (2020). Pemanfaatan Media Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II SD Negeri Gunung Sari II Makassar. Publikasi Pendidikan, 10(1), 65. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.12829

Gove, A., & Wetterberg, A. (2011). The Early Grade Reading Assessment: Applications and interventions to improve basic literacy. In The Early Grade Reading Assessment: Applications and Interventions. RTI Press. http://www.rti.org/pubs/bk-0007-1109-wetterberg.pdf

Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2016). Media Pembelajaran (II). Ghalia Indonesia.

Madyawati, L. (2016). Strategi pengembangan bahasa pada anak. Prenada Media Group.

Mahsun, M., & Koiriyah, M. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca melalui Media Big Book pada Siswa Kelas IA MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian Lumajang. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 60. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v2i1.361

Maimunah, M. (2016). Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1). https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.107

Nurjanah, N. (2013). Metode Abjad, Metode Global. dan Metode SAS dalam Proses Belajar Mengajar Membaca Permulaan di Sekolah Dasar (Studi Kuasi Eksperimen di Sekolah Dasar Negeri Banjaran). Pendidikan Bahasa UPI, 1(2), 1–14.

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787

Puri, Y. C. (2020). Penerapan Media Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I B SD Negeri 4 Waylaga Panjang Bandar Lampung.

Rabby, P. N. R. (2009). Peningkatan keterampilan membaca melalui penggunaan media kartu kata pada mata pelajaran bahasa Indonesia (PTK di kelas II MI negeri 2 Serang). Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Rahma, F. I. (2019). Media Pembelajaran (kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar). Jurnal Studi Islam, 14(2), 87–99. http://ejournal.kopertais4.or.id

Ristiana, F., Pribowo, F., & Alfiani, K. (2021). DIKDAS MATAPPA : Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Anak Kelas 1 SD Muhammadiyah 26 dengan Metode Quantum Learning dalam Pembelajaran Daring. Dikdas Matappa: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 4, 314–323. https://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/dikdas

Rulfiriani, N., & Sukidi, M. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Big Book Dalam Pembelajaran Menulis Eksposisi Siswa Kelas III SDN Wiyung I/453 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(4), 255016.

Tarigan, G. H. (2008). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa.

Wardiyati, H. (2019). Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Rendah Di Sekolah Dasar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(6), 1083–1091. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7837

Yulianti, F., Nahdi, D. S., & Susilo, S. V. (2019). Urgensi Penggunaan Media Big Book Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Eksposisi. Prosiding Seminar Nasional, 517–522. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/74

Downloads

Published

30-08-2022

How to Cite

Sitalawati, A., Rini, T. A., & Sukamti, S. (2022). Pengembangan Media Big Book untuk Pembelajaran Membaca Permulaan di Kelas I SD Negeri. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(8), 770–781. https://doi.org/10.17977/um065v2i82022p770-781

Issue

Section

Articles