Pengembangan Pembelajaran PHBS di Era Pandemi Covid19 Berbasis Blended Learning di SD se-Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang

Authors

  • Imam Nawawi Universitas Negeri Malang
  • Harti Kartini Universitas Negeri Malang
  • Arda Purnama Putra Universitas Negeri Malang
  • Khusnul Khotimah Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i82022p716-726

Keywords:

PHBS, covid-19, blended learning, pembelajaran PHBS

Abstract

Abstract: This study aims to find a pattern of developing PHBS learning based on blended learning in the era pandemic Covid-19 in elementary schools throughout the Tajinan District, Malang Regency. This research method uses a descriptive qualitative and quantitative approach. This study uses primary data, by providing questionnaires and interview guidelines to teachers in primary education. The data of this study were analyzed descriptively, both in the form of quantitative and qualitative data. The results of this study indicate that most teachers in basic education have not been able to design learning tools for the development of PHBS learning in the Covid-19 pandemic era based on blended learning. The conclusion of this research is that education and training are needed to design and apply in learning activities.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pola pengembangan pembelajaran PHBS di era pandemic covid-19 berbasis blended learning di SD se-Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang.  Metode ini penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif maupun kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer, dengan cara meberikan angket dan pedoman wawancara kepada para guru di pendidikan dasar. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif, baik berupa data kuantitatif maupun kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar guru di pendidikan dasar belum mampu merancang perangkat pembelajaran pengembangan pembelajaran PHBS di era pandemic covid-19 berbasis blended learning. Kesimpulan hasil penelitian ini diperlukan pendidikan dan pelatihan untuk merancang dan mengaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran.

References

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Bishop. Jseph (2009). Partnership for 21st Century Skills.

Borg W.R and Gall M.D (1983) Education Research: An Introduction, 4th Edition, London: Longman Inc.

Colin Rose & Malcon J. Nocholl (2020). Nuansa Cendekia, Bandung.

Kemdikbud (2017) Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.

Giunta. C. (2017) An Emerging Awareness of Generation Z Students for Higher Education Professors. Archives of Business Reseach, 5(4).

Gunawan, H. (2014). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta

Imam Nawawi (2016). Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Kartu Kejujuran di Sekolah Dasar Se Malang Raya, Malang: LP2M UM.

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum

Kesuma, Dharma, dkk, (2011) “Pendidikan Karakter, Kajian Teori dan Praktik di Sekolah”, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Koh. Joyce Hwee; Ling; Woo, Huay-Lit; Lim, Wey-Ying (2013). Understanding the Relationship between Singapore Preservice teacher' ICT course Experiences and Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) through ICT course Evaluation. Educational Assesment, Evaluation and Accountability, Dordrecht Vol 25.

Phillips, C. Thomas. 2000. Family as the School of Love. Makalah pada National Conference on Character Building, Jakarta, 25-26 Nopember, 2000.

Safitri, H. I., & Harun. (2020). Membiasakan Pola Hidup Sehat dan Bersih pada Anak Usia Dini Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi Jurnal: Pendidikan Anak Usia Dini.

Sa'dun Akbar (2018). Grand Desain Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kehidupan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sugiyono (2010). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, A. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah (Konsep dan Praktik Implementasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

30-08-2022

How to Cite

Nawawi, I., Kartini, H., Putra, A. P., & Khotimah, K. (2022). Pengembangan Pembelajaran PHBS di Era Pandemi Covid19 Berbasis Blended Learning di SD se-Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(8), 716–726. https://doi.org/10.17977/um065v2i82022p716-726

Issue

Section

Articles