Pengembangan Panduan Konseling Individu Pendekatan Behavioral dengan Teknik Kontrak Perilaku untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan

Authors

  • Prista Azizah Rahmi Universitas Negeri Malang
  • Nugraheni Warih Utami Universitas Negeri Malang
  • Fitri Wahyuni Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i72022p696-704

Keywords:

individual counseling guide, behavior contract, learning discipline, panduan konseling individu, kontrak perilaku, disiplin belajar

Abstract

Abstract: Learning discipline has an impact on students' attitudes and behavior in the learning process. In learning activities, many students are found to be undisciplined in learning. This study aims to develop a behavioral approach to individual counseling guidelines with behavioral contracting techniques to improve student learning discipline at SMK Negeri 7 Malang who meet the acceptability criteria. The method used is research and development adapted from development model of Borg and Gall. The research and development procedure uses seven stages, namely research and information collecting, planning, development preliminary form of product, prelimimary field testing, main product revision, main field testing, operational product revision . The subjects of this research are one material experts, one media experts, and two counselors at SMK Negeri 7 Malang as potential users. Data analysis in this study used quantitative data analysis and qualitative data based on expert test questionnaires and prospective user questionnaires. The results showed that the developed product met the acceptability criteria which included accuracy, usefulness, clarity, and attractiveness so that it could be used as a counselor's reference in providing services to improve student learning discipline at SMK Negeri 7 Malang.

Abstrak: Disiplin belajar berdampak pada sikap dan perilaku siswa dalam proses pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran, banyak dijumpai siswa tidak disiplin belajar. Penelitian ini bertujuan mengembangkan panduan konseling individu pendekatan behavioral dengan teknik kontrak perilaku untuk meningkatkan disiplin belajar siswa SMK Negeri 7 Malang yang memenuhi kriteria akseptabilitas. Metode yang digunakan yakni penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg dan Gall. Prosedur penelitian dan pengembangan menggunakan tujuh tahapan yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, penyempurnaan hasil uji lapangan awal, uji coba lapangan, penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan. Subjek penelitian ini adalah satu ahli materi, satu ahli media, dan dua konselor SMK Negeri 7 Malang sebagai calon pengguna. Analisis data pada penelitian menggunakan analisis data kuantitatif dan data kualitatif berdasarkan angket uji ahli dan angket calon pengguna. Hasil penelitian menunjukkan produk yang dikembangkan memenuhi kriteria akseptabilitas yang meliputi ketepatan, kegunaan, kejelasan, serta kemenarikan sehingga dapat dijadikan sebagai acuan konselor dalam memberikan layanan untuk meningkatkan disiplin belajar siswa SMK Negeri 7 Malang.

References

Ahadinasrikin, H., Indreswari, H., & Muslihati, M. (2022). Pengembangan Panduan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Fun Outbound untuk Meningkatkan Perilaku Altruis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Buletin Konseling Inovatif, 1(1), 16-23. https://doi.org/10.17977/um059v1i12021p16-23

Arikunto, S. (2013). Manejemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (2003). Educational Research An Introduction (7. Ed). New York: Longman Inc.

Dalimunthe, C. E. (2019). Pendekatan Teknik Konseling Self Dalam Mengatasi Kecanduan Game Online Melalui Layanan Konseling Individual di SMP Al-Hidayah Medan. Skripsi tidak diterbitkan. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Dewi, K. M. S., Suwatra, I. W., & Suarjana, M. (2019). Kontribusi Disiplin Belajar Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 121–130.

Diniaty, A. (2018). Mewaspadai Miskonsepsi Nilai Budaya Dalam Pelaksanaan Konseling Individual. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 1(1), 6–15.

Erford, B. T. (2020). 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor Edisi Kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fikriyah, A., Simon, I. M., & Lasan, B. B. (2021). Panduan Konseling dengan Teknik Coping Self-Talk untuk Mengatasi Body Dysmorphic Disorder Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Buletin Konseling Inovatif, 1(1), 7-15. https://doi.org/10.17977/um059v1i12021p7-15

Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 69–80.

Komalasari, G., Wahyuni, E., & Karsih. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks.

Marisa, C., Yekti, W. B., & Karneli, Y. (2020). Konseling Behavior Contract Untuk Mengurangi Perilaku Membolos Sekolah Di Tingkat Menengah Kejuruan. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 330–338.

Maulana, V., & Nellitawati. (2020). Pembinaan Disiplin Siswa Pada Sekolah Menengah Kejuruan. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 5(1), 12–18.

Mayasari, A. S. T. (2020). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Managemen Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(3), 80–88.

McLeod, J. (2010). Pengantar Konseling Teori dan Studi Kasus Edisi Ketiga. Jakarta: Kencana.

Nelson, R., & Jones. (2011). Teori dan Praktik Konseling dan Terapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nisa, A. (2016). Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. Jurnal Sosio-E-Kons, 8(3), 175–182.

Nisa, F., Fathurohman, I., & Setiawan, D. (2021). Karakter Kedisiplinan Belajar Anak SDN 2 Muryolobo Pada Masa Pembelajaran Daring. JIP: Jurnal Inovasi Penelitian, 2(4), 1179–1186.

Nurdestama, H. M., Flurentin, E., & Ramli, M. (2022). Pengembangan Panduan Layanan Konseling Kelompok Berbasis Petualangan Untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa SMP. Buletin Konseling Inovatif, 1(2), 74-82. https://doi.org/10.17977/um059v1i22021p74-82

Pangastuti, A., Yuliansyah, M., & Prasetia, M. E. (2020). Teknik Behavioral Contract Pada SMAN Banjarmasin. Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 3(2), 40–46.

Prasetya, R. T., & Mudhar. (2021). Penerapan Konseling Kelompok Teknik Kontrak Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Porong. HELPER: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 38(1), 8–16.

Purbiyanto, R., & Rustiana, A. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 341–361.

Puspita, A., & Fatchurahman, M. (2019). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Peserta Didik. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 1–6.

Santika, I. W. (2020). Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Jurnal, 3(1), 8–19.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Depdiknas.

Wati, O. D. S., Hotifah, Y., & Ramli, M. (2021). Pengembangan Panduan Teknik Flooding dalam Konseling Behavioral untuk Mereduksi Fear of Missing Out Siswa Sekolah Menengah Atas. Buletin Konseling Inovatif, 1(2), 55-63. https://doi.org/10.17977/ um059v1i22021p55-63

Downloads

Published

30-07-2022

How to Cite

Rahmi, P. A., Utami, N. W., & Wahyuni, F. (2022). Pengembangan Panduan Konseling Individu Pendekatan Behavioral dengan Teknik Kontrak Perilaku untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(7), 696–704. https://doi.org/10.17977/um065v2i72022p696-704

Issue

Section

Articles