Pengembangan LKPD Berbasis Situation Based Learning Muatan Matematika Materi Bangun Ruang Kelas VI

Authors

  • Shukma Dyah Ayu Kumala Universitas Negeri Malang
  • Yuniawatika Yuniawatika Universitas Negeri Malang
  • Esti Untari Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i72022p640-648

Keywords:

students activity sheets, situation based learning, geometry, LKPD, bangun ruang

Abstract

Abstract: Research and development of Situation Based Learning LKPD is conducted to improve the quality of learning and meaningful learning for students in the material of building class VI. LKPD Based on Situation Based Learning is a sheet of activity that contains material and assignments for students with 4 stages including creating mathematical situations, posing mathematical problem, solving mathematical problems, and applying mathematics. In this study using the ADDIE research model with 5 stages, namely Analysis-Design-Develop-Implement Evaluate). Data collection in this study was in the form of a questionnaire (questionnaire) which was given to the validation of material experts, media experts, and class VI teachers as users in the form of quantitative and qualitative data. The results of the validation by material experts showed a percentage of 95 percent, 100 percent of media experts, 93.75 percent of users and 96.9 percent of student response questionnaires, so it can be said that Situation Based Learning LKPD is very valid, practical and usable.

Abstrak: Penelitian dan pengembangan LKPD Berbasis Situation Based Learning dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pembelajaran bermakna bagi siswa pada materi bangun ruang kelas VI. LKPD Berbasis Situation Based Learning adalah lembaran aktivitas yang berisi materi dan tugas untuk siswa dengan 4 tahapan meliputi creating mathematical situation, posing mathematical probel, solving mathematical problem, dan applying mathematics. Dalam penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE dengan 5 tahapan yaitu Analysis-Design-Develop-Implement Evaluate). Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket (kuesioner) yang diberikan kepada validasi ahli materi, ahli media, dan guru kelas VI sebagai pengguna berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan presentase sebesar 95 persen, ahli media sebesar 100 persen, pengguna sebesar 93,75 persen dan angket respon siswa sebesar 96,9 persen, sehingga dapat dikatakan bahwa LKPD Berbasis Situation Based Learning sangat valid, praktis dan dapat digunakan.

References

Abidin, Yunus. (2014). Desain Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama

Afandi dan Baharudin. (2011). Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Bandung: Penerbit Alfabeta

Akbar, Sa’dun. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Fannie, Rizky Dezricha dan Rohati. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Program Linear Kelas XII SMA. (Online), (http://online-journal.unja.ac.id/index.php/saintika/article/view/2226), 8(1), diakses pada tanggal 19 Desember 2018

Isrok’atun dan Tiurlina. (2016). Model Pembelajaran Matematika Situation Based Learning di Sekolah Dasar. Sumedang: UPI Sumedang

Komariyah, Siti. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Masalah Untuk Kelas VII SMP Pada Materi Himpunan. (Online), (http://e-journal.upp.ac.id/index.php/mtkfkip/article/view/675), 2(1), diakses pada tanggal 19 Desember 2018

Maria. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Belajar Mandiri Kelas V di SD Negeri Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu. (Online), (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JT/article/view/10490), 4(1), diakses pada tanggal 19 Desember 2018

Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Pranadamedia Group

Trianto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Yuniawatika. (2016). Perkembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di LPTK Bandung Raya. (Online),(https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv5n3_6/284), 5(3), diakses pada tanggal 23 Desember 2018

Downloads

Published

30-07-2022

How to Cite

Kumala, S. D. A., Yuniawatika, Y., & Untari, E. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Situation Based Learning Muatan Matematika Materi Bangun Ruang Kelas VI. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(7), 640–648. https://doi.org/10.17977/um065v2i72022p640-648

Issue

Section

Articles