Implementasi Pendekatan TPACK dalam Pembelajaran Pada Muatan IPS Kelas IV SDN

Authors

  • Nadhea Landya Zhafirah Universitas Negeri Malang
  • Muchtar Muchtar Universitas Negeri Malang
  • Yulia Linguistika Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i62022p613-628

Keywords:

TPACK approach, learning, IPS content, pembelajaran, pendekatan TPACK, muatan IPS

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to examine more deeply the implementation of the TPACK approach in learning in social studies class IV at SDN Rampal Celaket 2. This study uses a descriptive qualitative approach through observing, understanding, describing and analyzing data. Data collection techniques in the form of observation, interviews and documentation. The research subjects were fourth grade teachers and fourth grade students at SDN Rampal Celaket 2. The results of the research from the aspect of overall learning planning and the results of the overall learning evaluation showed that the implementation of the TPACK approach was carried out in accordance with the research indicators.

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mengkaji lebih dalam mengenai implementasi pendekatan TPACK dalam pembelajaran pada muatan IPS kelas IV SDN Rampal Celaket 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui kegiatan mengamati, memahami, menguraikan dan menelaah data. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN Rampal Celaket 2. Hasil penelitian dari aspek perencanaan pembelajaran secara keseluruhan dan hasil dari evaluasi pembelajaran secara keseluruhan menunjukkan bahwa implementasi pendekatan TPACK dilaksanakan sesuai dengan indikator penelitian.

References

Abi, A. M., Mampouw, H. L., & Ratu, N. (2020). Deskripsi Pedagogical Content Knowledge Guru pada Bahasan tentang Pola Bilangan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 35–42.

Agustiningsih, A. (2015). Video sebagai alternatif media pembelajaran dalam rangka mendukung keberhasilan penerapan kurikulum 2013 di sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 50–58.

Aminah, N., & Wahyuni, I. (2018). Kemampuan Pedagogic Content Knowledge (PCK) Calon Guru Matematika Pada Program Pengalaman Lapangan di SMP/SMA Negeri Kota Cirebon. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 259–267.

Anggraini, N. D. (2021). KEMAMPUAN TPACK (TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE) GURU IPA DI SMP MUHAMMADIYAH KOTA BATU.

Arends, R. I. (2013). Belajar untuk mengajar. Jakarta: Salemba Humanika.

Arifin, Z., & Setiyawan, A. (2012). Pengembangan pembelajaran aktif dengan ICT. Yogyakarta: Skripta Media Creative, 7, 201.

CAHYA, A. (2021). Revie 5 Jurnal Dosen Pendidikan IPS.

Daryanto, K., & Karim, S. (2017). Pembelajaran abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Hendratmoko, T., Kuswandi, D., & Setyosari, P. (2018). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 152–157.

Irwansyah, A. (2017). Pengaruh Penguasaan Materi Matematika dan Pengetahuan Evaluasi terhadap Kualitas Tes Matematika Buatan Guru 2013. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 1(1), 50–61.

Jati, R. K., & Nugraha, N. D. (2017). Perancangan Media Komik Webtoon Tentang Mata Pelajaran Sejarah (ips) Kelas 5 Sd Dikota Jogja. EProceedings of Art & Design, 4(3).

Koehler, M. J., Mishra, P., & Cain, W. (2013). What is technological pedagogical content knowledge (TPACK)? Journal of Education, 193(3), 13–19.

Koehler, M., & Mishra, P. (2009). What is technological pedagogical content knowledge (TPACK)? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(1), 60–70.

Krismanto, W. (2018). Workshop Literasi TIK & Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis TIK Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru SD Di Kota Parepare. International Journal of Community Service Learning, 2(2), 68–76.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.

Pratiwi, C. H., Anwar, Y., & Slamet, A. (2017). Analisis Kemampuan Pck (Pedagogical Content Knowledge) Guru Mata Pelajaran Biologi SMA di Kecamatan Babat Toman. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 4(2), 152–170.

Salsabilla, U. H., Agustin, A., Safira, F., Sari, I., & Sundawa, A. (2021). Manfaat Teknologi Bagi Mata Pelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 125–132.

Sintawati, M., & Indriani, F. (2019). Pentingnya technological pedagogical content knowledge (TPACK) guru di era revolusi industri 4.0. 1(1), 417–422.

Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). Analisis Kemampuan Tpack (Technolgical, Pedagogical, and Content, Knowledge) Guru Biologi Sma Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 46–57.

Wahyuni, F. T. (2019). Hubungan antara Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dengan Technology Integration Self Efficacy (TISE) Guru Matematika di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 2(2), 109–122.

Wiguna, R., & Fitri, Z. (2017). Kompetensi Technological Pedagogical And Content Knowledge Pada Mahasiswa Program Praktik Lapangan Program Studi Pendidikan Kimia Semester Ganjil Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 2(2).

Wuryaningtyasa, E. T., & Setyaningsih, Y. (2020). Urgensi pengembangan TPACK bagi guru bahasa Indonesia.

Yulisman, H., Widodo, A., Riandi, R., & Nurina, C. I. E. (2019). Moderated effect of teachers’ attitudes to the contribution of technology competencies on TPACK. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 5(2), 185–196.

Zaidi, Z. I., & Hussain, M. S. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) and its implication in teacher education. Jamshedpur Research Review, 36, 41–46.

Downloads

Published

30-06-2022

How to Cite

Zhafirah, N. L., Muchtar, M., & Linguistika, Y. (2022). Implementasi Pendekatan TPACK dalam Pembelajaran Pada Muatan IPS Kelas IV SDN . Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(6), 613–628. https://doi.org/10.17977/um065v2i62022p613-628

Issue

Section

Articles