Analisis Dampak Game Online Free Fire terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri

Authors

  • Moch Hamzah Qomarudin Universitas Negeri Malang
  • Suhartono Suhartono Universitas Negeri Malang
  • Siti Umayaroh Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i62022p600-612

Keywords:

online games, free fire, interest in learning, impact of online game, minat belajar, dampak game online

Abstract

Abstract: Online games are one of several entertainments that are currently popular among elementary school students. The impact of playing online games for students is twofold, namely the positive impact and the negative impact. The purpose of this study is to analyze the impact of free fire online games on students' interest in learning. This research is a descriptive research using mixed methods (Mix Methods) with an explanatory sequential design (sequential explanatory). Data collection techniques are questionnaires, interviews and documentation. Test the validity of the data using triangulation techniques. The results showed the intensity of playing online games in the medium category with a score of 51.19 percent and the level of student interest in learning in the high category with a score of 72.77 percent.

Abstrak: Game online merupakan salah satu dari beberapa hiburan yang saat ini populer dikalangan siswa sekolah dasar. Dampak dari bermain game online bagi siswa ada dua, yakni dampak positif dan dampak negatif. Tujuan dari adanya penelitian ini yaitu untuk menganalisis dampak dari permainan game online free fire terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif menggunakan metode campuran (Mix Methods) dengan desain sekuensial eksplanatori (sequential explanatory). Teknik pengumpulan data yaitu dengan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan intensitas bermain game online dengan kategori sedang dengan skor 51.19 persen dan tingkat minat belajar siswa dengan kategori tinggi dengan skor 72.77 persen.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian (Perpustakaan Nasional RI; Revisi). Rineka Cipta.

Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4th ed). Pearson.

Creswell, J. W. (2016). Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (Edisi dalam Bahasa Indonesia). Pustaka Belajar.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, 5, 388.

Erofiana, A. S., Santoso, G., & Nomi, S. (2021). Studi Penggunaan Game Online Free Fire Pada Emosi Siswa Kelas 5 Di SDN 2 Braja Harjosari. 3, 13. https://doi.org/10.33654/pgsd

Fauzi, A. (2019). Pengaruh Game Online PUBG (Player Unknown’s Battle Ground) Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Science Edu Jurnal Pendidikan IPA, 2(1), 61–66. https://doi.org/10.19184/se.v2i1.11793

Firdaus, Y., Pebrianti, Y., & Andriyani, T. (2019). Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Pengguna Game Online. JURNAL RISET TERAPAN AKUNTANSI, 2(2), 169–180. https://doi.org/10.5281/zenodo.3840736

Hasanah, I. (2019). Pengaruh Gaya Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Siswa di SDI Al-Hakim Maron Boyolangu Tulungagung [Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung]. https://doi.org/10/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf

Lisnawati, Ganda, N., & Hidayat, S. (2021). Dampak Game Online Free Fire pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(4), 840–850.

Makarim, F. R. (2021, Oktober 12). Tahap Perkembangan Anak Usia 9—10 Tahun [Blog]. Tahap Perkembangan Anak Usia 9 - 10 Tahun. https://www.halodoc.com/artikel/tahap-

Ramdani, N. (2018). Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Bawakaraeng 1 Kota Makassar [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar]. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/4071-Full_Text.pdf

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometri) (1 ed.). Parama Publishing. http://www.uny.ac.id/ atau http://www.staff.uny.ac.id/ heriretnawati

Ricardo, & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108

Riduwan. (2010). Dasar Dasar Statistika (http://library.poltekkesjambi.ac.id/opac/detail-opac?id=1607; 1 ed.). Alfabeta; Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Jambi.

Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh Sikap Siswa Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 11–23. https://doi.org/10.21009/JPD.061.02

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (19 ed.). Alfabeta.

Suparni, & Handayani, S. (2018). Analisa Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa. Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 10(2), 6.

Surbakti, K. (2017). Pengaruh Game Online terhadap Remaja. JURNAL CURERE, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.36764/jc.v1i1.20

Downloads

Published

30-06-2022

How to Cite

Qomarudin, M. H., Suhartono, S., & Umayaroh, S. (2022). Analisis Dampak Game Online Free Fire terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(6), 600–612. https://doi.org/10.17977/um065v2i62022p600-612

Issue

Section

Articles