Pengaruh Perhatian Orangtua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN

Authors

  • Ira Fridayani Purba Universitas Negeri Malang
  • Sa’dun Akbar Universitas Negeri Malang
  • Siti Umayaroh Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i62022p593-599

Keywords:

learning outcomes, learning motivation, parental attention, motivasi belajar, hasil belajar, perhatian orang tua

Abstract

Abstract: This study aims to determine: the simultaneous influence of people's attention and learning motivation on the learning outcomes of fourth grade elementary school students in cluster V, Klojen District, Malang City. This research uses a quantitative approach with the type of ex-post facto research. The data analysis used in this research is multiple linear regression analysis. The sample in this study was 119 of 169 students who became the population and proportionate stratified random sampling technique was used for sampling. The sample size technique of the population uses the Slovin formula. Collecting data using questionnaires and documentation. The results of this study indicate that: there is a simultaneous influence between parental attention and learning motivation on the learning outcomes of fourth grade students at SDN Cluster V, Klojen District, Malang City.

Abstrak: tujuan dari penelitian yakni guna mengetahui pengaruh simultan antara seseorang yang memberikan perhatian serta hasil belajar dari motivasi pembelajaran yang dilakukan pada anak kelas IV SDN Se-gugus V Kecamatan Klojen Kota Malang. Dalam penelitian menggunakan riset ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Pada riset tersebut, analisis regresi linier berganda dipakai dalam analisis data ini. Terdapat juga sampel pada penelitian dimana populasi menjadi 119 dari 169 siswa dan teknik proportionate stratifiet random sampling adalah teknik yang digunakan di sampel ini. Sampel dari populasi menggunakan teknik rumus slovin. dokumentasi dan menggunakan angket merupakan bentuk mengumpulkan data. Ditunjukkan hasil pada penelitian ini bahwa ada pengaruh simultan antara perhatian pada orangtua dengan termotivasinya anak saat belajar terhadap berhasilnya anak ketika megikuti pembelajaran di kelas IV SDN Se-gugus V Kecamatan Klojen Kota Malang.

References

Hasgimianti, H., Nirwana, H., & Daharnis, D. (2017). Perhatian Orangtua Dan Motivasi Belajar Siswa Yang Berlatar Belakang Melayu Dan Jawa. Insight Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 130–143. doi: 10.21009/insight.062.02

Kurniasari, E. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp N 1 Karanganom. ABSIS: Mathematics Education Journal, 1(1), 1–6. doi: 10.32585/absis.v1i1.306

Mahmudi, A., Sulianto, J., & Listyarini, I. (2020). Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 122. doi: 10.23887/jp2.v3i1.24435

Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Fisika. MAGISTRA: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101–109. doi: 10.35724/magistra.v6i2.1801

Pratama, F., Firman, & Neviyarni. (2010). Pengaruh Motivasi Belajar IPA Siswa Terhadap Hasil Belajar. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286.

Rabiah, S. (2019). Manajemen Pendidikan Tinggi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Sinar Manajemen, 6(1), 58–67.

Rofiqul, Ar., & Muhamad. (2016). Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Madaniyah, 2, 242–259.

Siahaan, Y. L. O., & Meilani, R. I. (2019). Sistem Kompensasi dan Kepuasan Kerja Guru Tidak Tetap di Sebuah SMK Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 141. doi: 10.17509/jpm.v4i2.18008

Downloads

Published

30-06-2022

How to Cite

Purba, I. F., Akbar, S., & Umayaroh, S. (2022). Pengaruh Perhatian Orangtua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(6), 593–599. https://doi.org/10.17977/um065v2i62022p593-599

Issue

Section

Articles