Analisis Penerapan TPACK dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri

Authors

  • Alifya Kusuma Wardani Universitas Negeri Malang
  • Suhartono Suhartono Universitas Negeri Malang
  • Titis Angga Rini Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i62022p577-592

Keywords:

technological knowledge, pedagogical knowledge, content knowledge, TPACK, lesson plans, pengetahuan teknologi, pengetahuan pedagogi, pengetahuan konten, rencana pelaksanaan pembelajaran

Abstract

Abstract: TPACK is a framework that integrates three main areas of knowledge, namely technological knowledge, pedagogical knowledge, and content knowledge. These three knowledge are important knowledge and are in accordance with current educational needs. Therefore, it is important for teachers to be able to apply the TPACK framework in their lesson plans. The purpose of this study was to analyze the application of TPACK in the implementation plan of learning at SDN 01 Ngadilangkung, Kepanjen District, Malang Regency. This research is a mixed methods research / mixed methods research type explanatory sequential. Techniques in data collection using documentation, questionnaires and interviews. The validity of the data in this study used triangulation with this type of triangulation technique. Based on the research that has been done, the results show that the implementation of TPACK in the learning implementation plan at SDN 01 Ngadilangkung is included in good criteria with an average score of 77.5 percent.

Abstrak: TPACK merupakan kerangka yang mengintegrasikan tiga pengetahuan utama yakni pengetahuan teknologi, pengetahuan pedagogi, dan pengetahuan konten. Ketiga pengetahuan itu merupakan pengetahuan yang penting dan sesuai dengan kebutuhan pendidikan saat ini. Oleh sebab itu, penting untuk guru dapat menerapkan kerangka kerja TPACK dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis penerapan TPACK dalam rencana pelaksanaan pembelajaran di SDN 01 Ngadilangkung Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods/ penelitian metode campuran jenis explanatory sequential. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket dan wawancara. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi dengan jenis triangulasi teknik. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa penerapan TPACK dalam rencana pelaksanaan pembelajaran di SDN 01 Ngadilangkung termasuk dalam kriteria baik dengan skor rata-rata sebesar 77,5 persen.

References

Akhwani, & Rahayu, D. W. (2021). Analisis Komponen TPACK Guru SD sebagai Kerangka Kompetensi Guru Profesional di Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(4), 1918–1925. doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1119

Ambaryati. (2019). Profil TPACK Guru SD Negeri Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun 2018. Prosiding, 1–8.

Azizah, D. S., Putri, D. A., & Mulhayatiah, D. (2021). Keterampilan TPACK Calon Guru IPA dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 132. doi: 10.31258/jgs.8.2.132-139

Cahyono, E., Lathif, S., & Pantiwati, Y. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi HOTS Tingkat Sekolah Dasar. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Candra, P., Soepriyanto, Y., & Praherdhiono, H. (2020). Pedagogical Knowledge (PK) Guru Dalam Pengembangan dan Implementasi Rencana Pembelajaran. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 166–177. doi: 10.17977/um038v3i22020p166

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed methods Approaches (Fifth Edit). Los Angeles: SAGE.

Fauzy, A. (2019). Metode Sampling. Banten: Universitas Terbuka.

Gustiansyah, K., Sholihah, N. M., & Sobri, W. (2021). Pentingnya Penyusunan RPP untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Belajar Mengajar di Kelas. Idarotuna : Journal of Administrative Science, 1(2), 81–94. doi: 10.54471/idarotuna.v1i2.10

Herring, M. C., Koehler, M. J., & Mishra, P. (2016). Handbook of technological pedagogical content knowledge (TPACK) for educators: Second edition. In Handbook of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) for Educators: Second Edition. doi: 10.4324/9781315771328

Iriawan, S. B. (2019). Pembelajaran Di Sd Berbasis TIK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Koehler, M. J., Mishra, P., Bouck, E. C., DeSchryver, M., Kereluik, K., Shin, T. S., & Wolf, L. G. (2011). Deep-play: developing TPACK for 21st century teachers. International Journal of Learning Technology, 6(2), 146. doi: 10.1504/ijlt.2011.042646

Koehler, M. J., Mishra, P., & Cain, W. (2013). What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)? Journal of Education, 193(3), 13–19. doi: 10.1177/002205741319300303

Lestari, E. T. (2020). Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Mansur, H., Mastur, & Utama, A. H. (2020). Evaluasi Kemampuan Guru Melaksanakan Pembelajaran K-13 Berbasis TPACK Model Countenance Evaluation. International Journal of Innovation Management, 14(3).

Muhtadi, A. (2019). Modul 3 “Pembelajaran Inovatif (Modul Pendidikan Profesi Guru).” Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mutiani, M., Supriatna, N., Abbas, E. W., Rini, T. P. W., & Subiyakto, B. (2021). Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK): A Discursions in Learning Innovation on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 135. doi: 10.20527/iis.v2i2.3073

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.

Prastowo, A. (2018). Sumber Belajar & Pusat Sumber Belajar Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Depok: Prenadamedia Group.

Pujiriyanto. (2019). MODUL 2 “Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21.” In Modul 2 PPG. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ratri, F. K. (2021). Integrasi Technological Pedagogical and Content Knowledge dalam Perangkat Pembelajaran Tematik Kelas 3. JANACITTA : Journal of Primary and Children’s Education, 4(2 September).

Riduwan. (2020). Dasar - Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sarah, S., Fuadi, T. M., Hadiati, S., & Saputra, S. (2021). Menjadi Pendidik Profesional di Era Revolusi Industri 4.0 (Pertama). Yogyakarta: K-Media.

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 1, 1–5.

Setiana, D. S. (2018). Meningkatkan kemampuan menyusun RPP dengan pendekatan saintifik mahasiswa pendidikan matematika Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional MIPA 2018, 120–131.

Sintawati, M., & Indriani, F. (2019). Pentingnya Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN), 1(1), 417–422.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). Analisis Kemampuan Tpack (Technolgical, Pedagogical, and Content, Knowledge) Guru Biologi Sma Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 46. doi: 10.20961/inkuiri.v9i1.41381

Tamba, N. (2021). TPACK sebagai solusi guru Sekolah Dasar untuk meningkatkan hasil belajar Tematik siswa di era pandemi Covid’19. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(2), 186–190. doi: 10.54367/aquinas.v4i2.1215

Wang, W., Schmidt-Crawford, D., & Jin, Y. (2018). Preservice Teachers’ TPACK Development: A Review of Literature. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 34(4), 234–258. doi: 10.1080/21532974.2018.1498039

Wuryaningtyas, E. T., & Setyaningsih, Y. (2020). Urgensi pengembangan TPACK bagi guru bahasa Indonesia. Bahastra, 40(2), 134. doi: 10.26555/bahastra.v40i2.16898

Downloads

Published

30-06-2022

How to Cite

Wardani, A. K., Suhartono, S., & Rini, T. A. (2022). Analisis Penerapan TPACK dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(6), 577–592. https://doi.org/10.17977/um065v2i62022p577-592

Issue

Section

Articles