Kontrol Diri Remaja Penggemar K-Pop (Studi Fenomenologi Pada Siswa Penggemar K-Pop di SMK)

Authors

  • Sofia Andari Roem Universitas Negeri Malang
  • Ella Faridati Zen Universitas Negeri Malang
  • Widya Multisari Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i52022p479-490

Keywords:

self control, K-Pop fans, students, kontrol diri, penggemar K-Pop, siswa

Abstract

Abstract: This study aims to determine the self-control of adolescent K-Pop fans. Phenomenological research design. Collecting data using interview, observation, and documentation studies. Checking the validity of the data through source triangulation, technical triangulation and time triangulation. Data analysis was carried out by reducing data, presenting data and drawing conclusions. The results showed that behavioral control was carried out by reducing the intensity of watching their idols through smartphones in the classroom and choosing not to open social media when there was a fanwar. Cognitive control is done by avoiding news platforms that often spread hoaxes and understanding the benefits of their penchant for K-Pop. Decision-making control is carried out by prioritizing personal needs, completing tasks first before watching their idols and choosing to buy K-Pop merchandise by saving or participating in giveaways on social media. Students who are fans of K-Pop define self-control as the ability to control, set boundaries and regulate behavior and feelings in life. The factors that influence the self-control of K-Pop fan students are scandals related to their idols and the occurrence of fan wars on social media. The self-control that K-Pop fan students have is able to help students control their behavior but still needs to be improved in several aspects. Counselors are expected to be able to provide services to students to improve self-control skills in their love of K-Pop.

Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mengetahui kontrol diri remaja penggemar K-Pop. Desain penelitian fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Pengecekan keabsahan data melalui triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kontrol perilaku dilakukan dengan mengurangi intensitas dalam menonton idolanya melalui smartphone di dalam kelas dan memilih tidak membuka media sosial ketika terjadi fanwar. Kontrol kognitif dilakukan dengan menghindari platform berita yang sering menyebarkan hoax dan memahami manfaat dari kegemarannya terhadap K-Pop. Kontrol pengambilan keputusan dilakukan dengan mempriotitaskan kebutuhan diri, menyelesaikan tugas terlebih dahulu sebelum menonton idolanya dan memilih membeli merchandise K-Pop dengan menabung atau mengikuti giveaway di media sosial. Siswa penggemar K-Pop memaknai kontrol diri sebagai kemampuan untuk mengendalikan, membuat batasan dan mengatur perilaku dan perasaan dalam kehidupan. Faktor yang mempengaruhi kontrol diri siswa penggemar K-Pop yaitu adanya skandal terkait idolanya dan terjadinya fanwar di media sosial. Kontrol diri yang dimiliki siswa penggemar K-Pop mampu membantu siswa untuk mengendalikan perilakunya namun masih perlu untuk ditingkatkan dalam beberapa aspek. Konselor diharapkan mampu memberikan layanan bimbingan dan konseling pada siswa untuk meningkatkan kemampuan kontrol diri dalam kegemaran terhadap K-Pop.

References

Arlyanti, R. (2012). Hubungan antara kontrol diri dengan sikap terhadap perilaku seksual pada remaja karang taruna. Naskah Publikasi Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Batubara, J. R. (2016). Adolescent Development (Perkembangan Remaja). Sari Pediatri, 12(1), 21. https://doi.org/10.14238/sp12.1.2010.21-9

B. Hurlock Elizabet, (2015), Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Rentang Hidup. Jakarta: Erlangga.

Etikasari, Y. (2018). Kontrol Diri Remaja Penggemar K-Pop (K-Popers)(Studi pada Penggemar K-pop di Yogyakarta). Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 190-202.

Fitriana, M. (2019). Hubungan Kontrol Diri dengan Pemujaan terhadap Idola pada Remaja Penggemar K-Pop di Kota Samarinda. Psikoborneo, 7(3), 579–591. ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id

Hamid, F. (2018). Pendekatan Fenomenologi (Suatu Ranah Penelitian Kualitatif). Pendekatan Fenomenologi.

Harahap, J. Y. (2017). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Ketergantungan Internet Di Pustaka Digital Perpustakaan Daerah Medan. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 131. https://doi.org/10.22373/je.v3i2.3091

Julianti, A. (2017). Penggunaan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan self control dalam mengurangi perilaku agresif siswa kelas vii-9 di mts al-jam’iyatul washliyah tembung (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Kominfo. (2019). Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia. Jakarta: Puslitbang Aptika IKP.

Mahmudah, I. (2015). Dampak budaya Korean pop terhadap penggemar dalam perspektif keberfungsian sosial (studi kasus penggemar Korean pop EXO 124 pada komunitas maupun non komunitas di Yogyakarta). Skripsi. Ilmu Kesejahteraan Sosial UIN Kalijaga Yogyakarta.

Marsela, R. D., & Supriatna , M. (2019). Kontrol Diri : Definisi dan Faktor. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, & Research, Vol 3 (2), 65-69.

Nirwana, N., Asrori, M., & Wicaksono, L. (2018). Layanan Bimbingan Kelompok Tentang Berpikir Positif Siswa Kelas Xi Madrasah Aliyah Khulafaur Rasyidin Sungai Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(5). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/25666/75676576752.

Priambodho. (2015). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Intensi Penyimpangan Perilaku Organisasi Pada Anggota Organisasi Menembak di Kota Salatiga.Skripsi.

http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8589

POP BK. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Putri, I. P., Liany, F. D. P., & Nuraeni, R. (2019). K-Drama dan Penyebaran Korean Wave di Indonesia. ProTVF, 3(1), 68. https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i1.20940

Ramadhani. (2019). Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Pencapaian Tugas-Tugas Perkembangan Remaja Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Smk Negeri 1 Pantai Cermin. http://repository.uinsu.ac.id/8083/1/Skripsi%20FIX.pdf

Ramli, M., & Flurentin, Nur Hidayah Elia Zen, Ella Fariddati Hambali, B. B. L. I. (2017). Bab I Esensi Bimbingan Dan Konseling Pada Satuan Jalur, Jenis, Dan Jenjang Pendidikan. Sumber Belajar Penunjang Plpg 2017 Mata Pelajaran/Paket Keahlian Bimbingan Dan Konseling, 1–37.

Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. https://core.ac.uk/download/pdf/87779963.pdf

Simbar, F. K. (2016). Konsumsi Budaya Korea Pada Anak Muda Di Kota Manado. Jurnal Holistik, 10(18). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/14226

Sinaga, I. A. W. (2018). Peran Guru BK dalam Mengembangkan Self Control Siswa Di MTs Alwasliyah Bandar Khalifah Kabupaten Serdang Bedagai. Jurusan Bimbingan Konseling Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Soetjiningsih. (2007). Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Jakarta: Sagung Seto.

Sofi. (2017). Peranan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkankematangan Emosi Siswa Kelas Xi Sma Pgri 1 Kasihan Tahun Ajaran 2016/2017. http://repository.upy.ac.id/1724/1/ARTIKEL%20SOFI.pdf.

Talan, Christa Brigita. (2018). Studi Deskriptif Kecemasan Matematika Siswa Kelas X Ipa Di Sma Negeri 1 Jetis. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Tartila. (2014). Fanatisme Fans K-Pop Dalam Blog Netizenbuzz. Skripsi: Universitas Airlangga. https://repository.unair.ac.id/16579/

Zahra, S. (2019). Penggemar Budaya K-pop (Studi Mengenai Idelologi Penggemar Budaya K-Pop Pada Fandom iKONIC di Kota Surabaya). (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Downloads

Published

30-05-2022

How to Cite

Roem, S. A., Zen, E. F., & Multisari, W. (2022). Kontrol Diri Remaja Penggemar K-Pop (Studi Fenomenologi Pada Siswa Penggemar K-Pop di SMK). Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(5), 479–490. https://doi.org/10.17977/um065v2i52022p479-490

Issue

Section

Articles