Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Live Worksheets pada Materi Perbandingan Di Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Fevy Marta Wijaya Universitas Negeri Malang
  • Ni Luh Sakinah Nuraini Universitas Negeri Malang
  • Siti Mas’ula Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i42022p368-379

Keywords:

E-LKPD, problem based learning, proportion material, perbandingan

Abstract

Abstract: The Covid-19 pandemic that occurred around the world caused the inhibition of several areas of life, including education. Limited face-to-face activities become one of the problems that resulted in the process of delivering the material can not be done optimally. It takes a technology-based teaching materials that can help solve these problems, namely E-LKPD. The purpose of this research and development is to develop and determine the results of validation and practicality analysis of e-LKPD based Problem Based Learning using live worksheets in proportion material. The approach used in this study is R&D or Research and Development and the method used is ADDIE. The subjects of this study were 5th grade students of SDN Karangtengah 1 Blitar City. The trial was conducted on a small group of 6 students and a large group of 31 students. Product validation results from media experts obtained an average of 92 percent which is included in the valid category. Product validation results from material experts and teachers as users, respectively obtained 90 percent and 94 percent which are included in the valid category. The practicality of e-LKPD products from students showed a positive response with an average percentage of 95.27 percent in the very good category. So it can be concluded that E-LKPD product based on Problem Based Learning used in this proportion material is declared worthy use in learning.

Abstrak: Pandemi Covid-19 yang dialami banyak negara sebabkan terhambatnya beberapa bidang kehidupan tak terkecuali bidang pendidikan. Terbatasnya kegiatan tatap muka jadi salah satu masalah yang mengakibatkan proses sampaikan materi tidak dapat dilakukan dengan maksimal. Dibutuhkan sebuah bahan ajar berbasis teknologi yang dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut, yaitu E-LKPD. Tujuan dari studi ini yaitu guna mengembangkan E-LKPD yang valid dan praktis yang berbasis “Problem Based Learning” memakai live worksheets pada materi perbandingan. Pendekatan studi ini memakai “Research and development” dengan metode ADDIE. Subjek dari studi ini ialah siswa kelas V SDN Karangtengah 1 Kota Blitar. Uji coba dilaksanakan pada kelompok kecil sebanyak 6 siswa dan kelompok besar dengan jumlah 31 siswa. Hasil dari validasi produk E-LKPD dari ahli media memperoleh rata-rata keseluruhan yakni 92 persen dalam kategori sangat valid. Validasi dari ahli materi diperoleh rata-rata keseluruhan yakni 90 persen dalam kategori sangat baik serta validasi dari Guru jadi pemakai memperoleh rata-rata keseluruhan yakni 94,2 persen dalam kategori sangat baik. Kepraktisan produk E-LKPD dari siswa menunjukkan respon positif dengan persentase rata-rata yakni 95,27 persen dalam kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa produk E-LKPD berbasis PBL yang digunakan pada materi perbandingan ini dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran.

References

Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.

Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Florea Volume 6, 6(1), 45–53.

Amalia, A. D., & Lestyanto, L. M. (2021). LKS Berbasis Saintifik Berbantuan Live Worksheets untuk Memahamkan Konsep Matematis pada Aritmetika Sosial. 05(0), 2911–2923.

Andriyani, N., Hanafi, Y., Safitri, I. Y. B., & Hartini, S. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Lkpd Live Worksheet Untuk Meningkatkan Keaktifan Mental Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Va. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, September, 122–130. http://eprints.uad.ac.id/21216/1/12. Novi Andriyani-PGSD %28122-130%29.pdf

Fitriyah, I. M. N., & Ghofur, M. A. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Android Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 18(2), 218–229. https://doi.org/10.21831/jep.v18i2.41224

Haryanti, D. K. (2013). Model Problem Based Learning. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://repository.unpas.ac.id/13209/5/skripsi bab 2.pdf

Indriani, S., & Marhaeni, N. H. (2022). JOTE Volume 3 Nomor 2 Tahun 2022 Halaman 315-323 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education Respon Peserta Didik terhadap E-LKPD Berbantuan Liveworksheets sebagai Bahan Ajar Segitiga dan Segiempat. 3, 315–323.

Kenedi, A. K., Hendri, S., Ladiva, H. B., & Nelliarti. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Numeracy, 5(2), 226–235.

Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning dalam Pembelajaran. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12.

Lubis, H. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Profesional. Best Journal (Biology Education, Sains and Technology), 1(2), 16–19. https://doi.org/10.30743/best.v1i2.788

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43.

Nurrohma, R. I., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo pada Mekanika Teknik. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1199–1209.

Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645

Syafitri, R. A., & Tressyalina. (2020). The Importance of the Student Worksheets of Electronic (E-LKPD) Contextual Teaching and Learning (CTL) in Learning to Write Description Text during Pandemic COVID-19. 485(Iclle), 284–287. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201109.048

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model penelitian pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 88, 90-92.

Widiyanti, A. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-LKPD MENGGUNAKAN LIVE WORKSHEET PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SEKOLAH DASAR. Universitas Muhamadiyah Malang.

Widiyanti, T., & Nisa, A. F. (2021). PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR. 1269–1283.

Wiryanto, W. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2), 125–132. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132

Wulandari, E., Budi, H. S., & Suryandari, K. C. (2011). Penerapan Model Pbl ( Problem Based Learning ) PadaPembelajarn IPA Siswa Kelas V SD. FKIP Universitas Sebelas MAret, 6. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id

Downloads

Published

28-04-2022

How to Cite

Wijaya, F. M., Nuraini, N. L. S., & Mas’ula, S. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Live Worksheets pada Materi Perbandingan Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(4), 368–379. https://doi.org/10.17977/um065v2i42022p368-379

Issue

Section

Articles