Pendidikan Karakter Aspek Nilai Kejujuran pada Satuan Pendidikan Menengah

Authors

  • Nova Lia Anjani Universitas Negeri Malang
  • Djum Djum Noor Benty Universitas Negeri Malang
  • Imam Gunawan Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i42022p354-367

Keywords:

implementation, character education, honesty, school quality, implementasi, pendidikan karakter, kejujuran, mutu sekolah

Abstract

Abstract: The purpose of this research to describe the implementation of character education on honesty value in improving school quality. This research used a qualitative approach, with a case study research in the unit of secondary education. Data collection uses interview, observation, and documentation techniques. In analyzing data, the techniques used are data condensation, data display, and conclusion verification. The results of this research are: (1) the implementation of character education on the value of honesty is started with the planting of honesty character when early learners enter the school in need of the parties who play a role in the planting of characters honesty; (2) strategy to improve the quality of the school through character education at the value of honesty through learning activities, through school culture, and motivation; (3) supporting factors in the implementation of character education on the value of honesty consist of internal and external parties; (4) inhibiting factor in the implementation of character education on the value of honesty consists of internal and external parties; and (5) solution to overcome the inhibiting factor in the application of character education on the value of honesty is the solution to overcome the inhibitory factor from internal and external parties.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter pada nilai kejujuran dalam meningkatkan mutu sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan penelitian studi kasus di satuan pendidikan menengah. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, teknik yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) implementasi pendidikan karakter pada nilai kejujuran yaitu dimulai dengan penanaman karakter kejujuran ketika awal mula peserta didik masuk ke sekolah yang membutuhkan  pihak-pihak yang berperan dalam penanaman karakter kejujuran; (2) strategi dalam meningkatkan mutu sekolah melalui pendidikan karakter pada nilai kejujuran yaitu melalui kegiatan pembelajaran, melalui budaya sekolah, dan pemberian motivasi; (3) faktor pendukung dalam penerapan pendidikan karakter pada nilai kejujuran terdiri dari pihak internal dan eksternal; (4) faktor penghambat dalam penerapan pendidikan karakter pada nilai kejujuran terdiri dari pihak internal dan eksternal; dan (5) solusi untuk mengatasi faktor penghambat dalam penerapan pendidikan karakter pada nilai kejujuran yaitu solusi untuk mengatasi faktor penghambat dari pihak internal dan eksternal.

References

Andiarini, S. E., Arifin, I. & Nurabadi, A. (2018). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan dalam Peningkatan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, (Online), 1(2): 238-244,

Fathurrohman, P., Suryana, A. A. & Fatriany, F. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hanifah, E. (2016). Pelaksanaan Pendidikan Nilai Jujur di SDIT Mutiara Insani. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, (Online), 5 (35): 3281-3291,

Mahbubi, M. (2012). Pendidikan Karakter: Implementasi Aswaja Sebagai Nilai Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Marzuki. (2015). Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah.

Miles, M.B, Huberman, M. & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications.

Mulyasana, D. (2011). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Samani, M. & Hariyanto. (2016). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsespsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

28-04-2022

How to Cite

Anjani, N. L., Benty, D. D. N., & Gunawan, I. (2022). Pendidikan Karakter Aspek Nilai Kejujuran pada Satuan Pendidikan Menengah. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(4), 354–367. https://doi.org/10.17977/um065v2i42022p354-367

Issue

Section

Articles