Analisis Penguasaan Sintaksis Siswa Kelas IV pada Karangan Deskriptif Realistis di SD Gugus VI Kecamatan Kepanjen

Authors

  • Amilatus Nurul Dzikria Universitas Negeri Malang
  • Titis Angga Rini Universitas Negeri Malang
  • Puri Selfi Cholifah Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i22022p81-88

Keywords:

syntax, essay, realistic description, penguasaan sintaksis, karangan, deskriptif realistis

Abstract

Abstract: Students' mastery of syntax is very diverse. This causes the teacher not to know clearly about the ownership of these assets in terms of phrase syntax and sentence syntax. This study aims to describe the syntactic description of the syntax of phrases and syntax of sentences. The approach used in this research is descriptive quantitative. The population in this study were all elementary school students in cluster 6 in Kepanjen District as many as 339 students, while the research sample was 54 students. Data collection techniques used are tests and documentation. The results showed that the students' syntax in terms of sentences and sentences was good. Suggestions given by researchers are school and teacher learning to carry out optimally, especially regarding syntax.

Abstrak: Penguasaan siswa mengenai sintaksis sangat beragam. Hal ini menyebabkan guru tidak mengetahui secara jelas mengenai penguasaan sintaksis siswa dalam segi sintaksis frasa maupun sintaksis kalimat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan sintaksis siswa dari segi sintaksis frasa dan sintaksis kalimat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SD gugus 6 di Kecamatan Kepanjen sebanyak 339 siswa, sedangkan sampel penelitian sebanyak 54 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan sintaksis siswa dari segi frasa dan kalimat sudah baik. Saran yang diberikan oleh peneliti yaitu hendaknya sekolah dan guru bekerjasama untuk melaksanakan pembelajaran secara optimal khususnya mengenai sintaksis.

References

Samsiyah, N. (2016). Pembalajaran Bahasa Indonesia di SD Kelas Tinggi. Magetan: CV. AE Media Grafika.

Johan, et. al. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Secara Sintaksis dalam Proses Diskusi Siswa Kelas IV SDN Miri. Jurnal Visipena, 8(2), 241-253. http://visipena.stkipgetsempena.ac.id/?journal=home&page=article&op=view&path%5B%5D=185.

Suryani. (2017). Pengaruh Penguasaan Sintaksis, Tingkat Pengetahuan Dongeng, dan Minat Baca Terhadap Pemahaman Bacaan dalam BSE. Jurnal Ling Tera, 4(1), 98-111. https://journal.uny.ac.id/index.php/ljtp/article/view/13635/pdf

Setiawan, D. A. (2016). Analisis Kesalahan Sintaksis Bahasa Indonesia dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas VI SDN Kanigoro 02 Kecamatan Pagelaran yang Berbahasa Ibu Bahasa Madura. Jurnal Pancaran Pendidikan, 5(3), 25-36. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/4047

Sudjarwati, V. (2018). Bahasa Indonesia. Magelang: Tim Pusdiklat Pengembangan SDM.

Muslich. (2010). Garis-Garis Besar Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sugihastuti & Saudah, S. (2016). Buku Ajar Bahasa Indonesia Akademik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Styawati, N. (2010). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka

Downloads

Published

28-02-2022

How to Cite

Dzikria, A. N., Rini, T. A., & Cholifah, P. S. (2022). Analisis Penguasaan Sintaksis Siswa Kelas IV pada Karangan Deskriptif Realistis di SD Gugus VI Kecamatan Kepanjen. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(2), 81–88. https://doi.org/10.17977/um065v2i22022p81-88

Issue

Section

Articles