Pengembangan Media Papan Catur Digital untuk Materi Bangun Ruang Kelas VI Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.17977/um065v2i12022p74-80Keywords:
digital media, chessboard media, building space, media digital, media papan caturAbstract
Abstract: This research and development aims to produce digital chessboard media products for building materials that can help children learn about the characteristics and formulas of building spaces anywhere and anytime. This research and development model uses ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) steps. The data collection instrument in this study was a validation questionnaire of material experts, media experts, and users. The results of research and development of digital chessboard media are said to be very feasible, practical and interesting.
Abstrak: Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media papan catur digital untuk materi bangun ruang yang dapat membantu anak belajar mengenai ciri-ciri dan rumus-rumus bangun ruang di mana saja dan kapan saja. Model penelitian dan pengembangan ini menggunakan langkah-langkah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket validasi ahli materi, ahli media, dan pengguna. Hasil penelitian dan pengembangan media papan catur digital dikatakan sangat layak, praktis dan menarik.
References
Arikunto, S. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Batubara, H. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android untuk siswa SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12-27. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/952
Damopolii, V., Bito, N., dan Resmawan. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Materi Segiempat. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 1(2). http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/algoritma/index
Djamarah, S. B. (2016). Strategi belajar mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Maryani, D. (2013). Pembuatan media pembelajaran interaktif bangun ruang matematika. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 6(2). http://ijns.org/journal/index.php/speed/article/view/1301
Nugraheni, N. (2017). Implementasi permainan pada pembelajaran Matematika di sekolah dasar. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 142-149. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/490/
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development. Bandung: Alfabeta
Suryani, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/psdtp/article/view/9033
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.