Pengembangan Media Papan Catur Digital untuk Materi Bangun Ruang Kelas VI Sekolah Dasar

Authors

  • Farhan Aditya Hasbi Universitas Negeri Malang
  • Goenawan Roebyanto Universitas Negeri Malang
  • Erif Ahdhianto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i12022p74-80

Keywords:

digital media, chessboard media, building space, media digital, media papan catur

Abstract

Abstract: This research and development aims to produce digital chessboard media products for building materials that can help children learn about the characteristics and formulas of building spaces anywhere and anytime. This research and development model uses ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) steps. The data collection instrument in this study was a validation questionnaire of material experts, media experts, and users. The results of research and development of digital chessboard media are said to be very feasible, practical and interesting.

Abstrak: Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media papan catur digital untuk materi bangun ruang yang dapat membantu anak belajar mengenai ciri-ciri dan rumus-rumus bangun ruang di mana saja dan kapan saja. Model penelitian dan pengembangan ini menggunakan langkah-langkah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket validasi ahli materi, ahli media, dan pengguna. Hasil penelitian dan pengembangan media papan catur digital dikatakan sangat layak, praktis dan menarik.

References

Arikunto, S. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Batubara, H. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android untuk siswa SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12-27. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/952

Damopolii, V., Bito, N., dan Resmawan. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Materi Segiempat. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 1(2). http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/algoritma/index

Djamarah, S. B. (2016). Strategi belajar mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Maryani, D. (2013). Pembuatan media pembelajaran interaktif bangun ruang matematika. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 6(2). http://ijns.org/journal/index.php/speed/article/view/1301

Nugraheni, N. (2017). Implementasi permainan pada pembelajaran Matematika di sekolah dasar. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 142-149. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/490/

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development. Bandung: Alfabeta

Suryani, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/psdtp/article/view/9033

Downloads

Published

28-01-2022

How to Cite

Hasbi, F. A., Roebyanto, G., & Ahdhianto, E. (2022). Pengembangan Media Papan Catur Digital untuk Materi Bangun Ruang Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(1), 74–80. https://doi.org/10.17977/um065v2i12022p74-80

Issue

Section

Articles