Perbedaan Sikap Kemandirian Anak Usia Dini pada Masa Pandemi ditinjau dari Ibu Bekerja dan Ibu Tidak Bekerja di TK Kartika X-5 Pusdik Arhanud

Authors

  • Elis Indah Setyowati Universitas Negeri Malang
  • Tomas Iriyanto Universitas Negeri Malang
  • Nur Anisa Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i12022p64-73

Keywords:

independent attitude of 4-5 years old children, mother's work status, sikap kemandirian anak usia 4-5 tahun, ibu bekerja dan tidak bekerja

Abstract

Abstract: The attitude of independence of early childhood during the pandemic is influenced by two factors, namely the mother's employment status and the mother's level of education. This is due to the lack of support and motivation for children to learn because of the mother's limited time in accompanying children's learning at home. The purpose of this research is to find out the difference in the attitude of independence of children who are cared for by working and non-working mothers during the pandemic at Kartika X-5 Kindergarten of Pusdik Arhanud. Researchers used comparative quantitative research methods. This study has 2 variables, namely the attitude of independence of early childhood and the work status of the mother. The research sample was taken using a proposive sampling technique, meaning that all samples came from a population of 56 respondents consisting of 12 working mothers and 44 non-working mothers at Kartika X-5 Pusdik Arhanud Kindergarten. The data collection technique used a Likert scale which was then analyzed using an independent sample t-test through SPSS 25. The results showed the acquisition of a significance value (α) of 0.05 and obtained p equal to 0.000 and obtained a t-table of 8.068 and P value (0.00 less than 0.05). So Ho is rejected and Ha is accepted, with a mean value of independence of children aged 4-5 years who are cared for by working mothers as much as 71,500 and mothers not working as much as 86.43. This shows that there are differences in the attitude of independence of early childhood during the pandemic in terms of working mothers and mothers not working at Kartika X-5 Kindergarten of Pusdik Arhanud.

Abstrak: Sikap kemandirian anak usia dini pada masa pandemi dipengaruhi oleh dua faktor yakni status pekerjaan dan tingkat pendidikan ibu. Hal ini disebabkan anak kurang  memperoleh dukungan dan motivasi belajar sebab keterbatasan waktu ibu dalam mendampingi belajar anak di rumah. Tujuan pelaksanaan penelitian guna mengetahui perbedaan sikap kemandirian anak yang diasuh oleh ibu bekerja dan tidak bekerja pada masa pandemi di TK Kartika X-5 Pusdik Arhanud. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif komparatif. Penelitian ini memiliki 2 variabel yaitu sikap kemandirian anak usia dini dan status pekerjaan ibu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik proposive sampling, artinya seluruh sampel berasal dari populasi dengan jumlah 56 responden yang terdiri dari 12 ibu bekerja dan 44 ibu tidak bekerja di TK Kartika X-5 Pusdik Arhanud. Teknik pengumpulan data mengunakan skala likert yang kemudian di analisis menggunakan uji independent sampel t-test melalui SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan nilai Sig. 2-tailed sebesar 0,000 dan t-tabel sebesar 8,068 sehingga P value (0,00 kurang dari 0,05), maka dapat dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Kemudian didukung dengan perolehan nilai mean kemandirian anak usia 4-5 tahun dari ibu bekerja sebanyak 71,500 dan ibu tidak bekerja sebanyak 86,43. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan sikap kemandirian anak usia dini pada masa pandemi ditinjau dari ibu bekerja dan ibu tidak bekerja di TK Kartika X-5 Pusdik Arhanud.

References

Affrida, E. N. (2017). Strategi Ibu dengan Peran Ganda dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 114. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.24

Anita, S. (2020). Penerapan Pembelajaran Dalam Jaringan ( Daring ) Pada Anak Usia Dini Selama Pandemi Virus Covid-19 Di Kelompok a Ba Aisyiyah Timbang Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga. Skripsi, 106. http://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Mutharahah

Azizah, M. (2019). Hubungan Pola Asuh Ibu Bekerja Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Se- Kelurahan Cinere-Depok. Skripsi, 1–70.

Buana, N. P. (2018). Kemandirian anak usia prasekolah ditinjau dari ibu bekerja dan tidak bekerja. Skripsi. http://eprints.umm.ac.id/39606/1/SKRIPSII.pdf

Depdiknas. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Republik Indonesia.

Depdiknas. (2007). Kerangka Dasar Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (Issue 3).

Jannah, M., & Candra, I. (2020). Studi Komparatif tentang Kemandirian pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak Ditinjau dari Ibu Bekerja dan Tidak Bekerja. Psyche 165 Journal, 13(2), 168–175. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v13i2.20

Kusuma, L. (2017). Perbedaan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau Dari Status Bekerja Ibu di TK Se-Kelurahan Tamanagung Muntilan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(6), 419–430.

Maulida, L. (2019). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemandirian Anak Uisa 5-6 Di Raudhatul Athfal (RA) ASH-Shobirin Lingkungan III Medan Labuhan Tahun Ajaran 2018/2019. In Sustainability (Switzerland). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Metilda, J. S., & Maheswari, K. K. (2015). Social and Psychological Problems Faced by the Children of Working Women. Journal Of Humanities And Social Science, 5, 15-18.

Pangastuti, R., Pratiwi, F., Fahyuni, A., & Kammariyati. (2020). Pengaruh Pendampingan Orangtua Terhadap Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak Selama Belajar dari Rumah. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(2), 132–146. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i2.727

Pareira, M. I. R., & Atal, N. H. (2019). Peningkatan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bercerita. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 35–42. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i1.5371

Rahayu, S. P. (2013). Pengembangan Kemampuan Bertanggung Jawab Melalui Metode Proyek Pada Anak Kelompok A di TK Pertiwi Somopuro Jogonalan KLATEN Tahun Ajaran 2012/2013. Artikel.

Rohmania, S., & Hakim, S. L. (2020). Strategi Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Pandemi Covid-19. LITERASI (Jurnal Kajian Keislaman Multi-Prespektif), 1(1), 99–100.

Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31–46. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6453

Suardani, L., Pudjawan, K., & Tirtayani, L. A. (2016). Perbedaan Tingkat Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Dilihat Dari Status Pekerjaan Ibu Di Kelurahan Banyuning. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wiyani, N. . (2012). Bina Karakter Anak Usia Dini: Panduan Orangtua dan Guru dalam membentuk Kemandirian dan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Artikel.

Zulaiha, F. (2018). Pengaruh Ibu Rumah Tangga Bekerja Terhadap Ketahaan Pangan Rumah Tangga Di Kecamatan Kemangkon.

Downloads

Published

28-02-2022

How to Cite

Setyowati, E. I., Iriyanto, T., & Anisa, N. (2022). Perbedaan Sikap Kemandirian Anak Usia Dini pada Masa Pandemi ditinjau dari Ibu Bekerja dan Ibu Tidak Bekerja di TK Kartika X-5 Pusdik Arhanud. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(1), 64–73. https://doi.org/10.17977/um065v2i12022p64-73

Issue

Section

Articles