Analisis Higher Order Thinking Skills pada Soal Penilaian Akhir Semester Gasal Muatan Pendidikan Kewarganegaraan Kelas V Tahun Ajaran 2020/2021 Di SD Negeri Gugus V Kecamatan Gedangan Kota Malang

Authors

  • Bella Nahdhatul Putri Universitas Negeri Malang
  • Sutarno Sutarno Universitas Negeri Malang
  • Syaiful Imam Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i12022p38-44

Keywords:

analysis, higher order thinking skills, final semester assessment and citizenship education, analisis, penilaian akhir semester dan Pendidikan Kewarganegaraan

Abstract

Abstract: Final Semester Assessment is an assessment carried out at the end of the semester to determine student learning outcomes. Making final of semester assessment questions requires questions that contain higher order thinking skills. This study aims to describe the description of the questions and percentages which include questions with the ability to analyze, evaluate, and create at the end of the odd semester final assessment of class V content of Citizenship Education in SD Negeri cluster V, Gedangan District, Malang Regency. This study uses a descriptive qualitative approach. Data collection using documentation and interview techniques. Based on the results of the study, it was found that the Final Assessment Question for the Odd Semester Class V content of Citizenship Education at SD Negeri Gugus V, Gedangan District, Malang City for the 2020/2021 academic year had questions with high-level thinking skills or often called HOTS as many as 11 questions out of 25 questions. These 11 questions include 6 questions with the ability to analyze, 4 questions from the ability to evaluate, and 1 question from the ability to create. The percentage of questions includes 44 percent for HOTS-loaded questions, 24 percent for questions with analytical skills, 16 percent for questions with the ability to evaluate, and 4 percent for questions with the ability to create.

Abstrak: Penilaian Akhir Semester adalah penilaian yang dilaksanakan pada akhir semester guna mengetahui hasil belajar peserta didik. Pembuatan soal penilaian akhir semester membutuhkan soal yang bermuatan keterampilan berpikir tingkat tinggi atau disebut higher order thinking skills. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran soal dan persentase yang meliputi soal dengan kemampuan menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan pada penilaian akhir semester gasal kelas V muatan Pendidikan Kewarganegaraan di SD Negeri gugus V Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Soal Penilaian Akhir Semester Gasal Kelas V muatan Pendidikan Kewarganegaraan di SD Negeri Gugus V Kecamatan Gedangan Kota Malang tahun ajaran 2020/2021 memiliki soal dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi atau sering disebut HOTS sebanyak 11 soal dari 25 soal. 11 soal ini meliputi dari 6 soal dengan kemampuan menganalisis, 4 soal dari kemampuan mengevaluasi, dan 1 soal dari kemampuan menciptakan. Gambaran persentase soal meliputi 44 persen untuk soal bermuatan HOTS, 24 persen untuk soal dengan kemampuan menganalisis, 16 persen untuk soal dengan kemampuan mengevaluasi, dan 4 persen untuk soal dengan kemampuan menciptakan.

References

Chandra, D., & Heryadi, D. (2020). Kemampuan Guru Bahasa Indonesia dalam Membuat Soal Tes Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skills) di SMP Sekecamatan Karangnunggal. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 16(1), 22-28.

Effendi, R. (2017). Konsep revisi taksonomi Bloom dan implementasinya pada pelajaran matematika SMP. JIPMat, 2(1). 72-78

Juwantara, R. A. (2019). Analisis teori perkembangan kognitif piaget pada tahap anak usia operasional konkret 7-12 tahun dalam pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27-34.

Lailly, N. R., & Wisudawati, A. W. (2015). Analisis soal tipe higher order thinking skill (HOTS) dalam soal UN kimia SMA Rayon B tahun 2012/2013. Jurnal Kaunia, 11(1), 27-39.

OECD (2019), PISA 2018 Results (Volume I-III): What 15-year-old students in Indonesia know and can do, PISA, OECD Publishing, Paris.

Sugiyono, D. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta CV

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Online. Tersedia di http://Kemenag.go.id/file/dokumen/UU2003.pdf (diakses 01/02/2021).

Virginia, S., Angraini, W., Pratesya, W., & Walid, A. (2021). Analisis Butir Soal Ulangan Harian IPA Terpadu Kelas VII SMP 05 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(2). 61-65

Widayati. (2016). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan SD. Malang: Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

28-01-2022

How to Cite

Putri, B. N., Sutarno, S., & Imam, S. (2022). Analisis Higher Order Thinking Skills pada Soal Penilaian Akhir Semester Gasal Muatan Pendidikan Kewarganegaraan Kelas V Tahun Ajaran 2020/2021 Di SD Negeri Gugus V Kecamatan Gedangan Kota Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(1), 38–44. https://doi.org/10.17977/um065v2i12022p38-44

Issue

Section

Articles