Pengembangan Booklet Smart Learning (BSL) Berbasis QR Code Pada Kelas III Tema Cuaca SDN Madyopuro 3 Kota Malang

Authors

  • Aulia Rahman Universitas Negeri Malang
  • Muh. Arafik Universitas Negeri Malang
  • Muchtar Muchtar Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i12022p30-37

Keywords:

booklet smart learning, QR code, grade III, weather thematic, kelas III, tema cuaca

Abstract

Abstract: Field conditions show that learning in class III requires the latest and innovative learning resources. This study aims to test the validity, practicality and attractiveness of the developed Smart Learning (BSL) Booklet. The ADDIE model is used in this development. Material validation got a percentage result of 90 percent which was declared very valid. The validation of learning resources got a percentage result of 96.87 percent which was declared very valid. The practicality test from users (teachers) got a percentage result of 94.44 percent which was declared practical and the attractiveness test of students got a score of 100 percent which was declared interesting.

Abstrak: Kondisi lapangan menunjukan pembelajaran yang ada di kelas III membutuhkan sumber belajar yang terbaru dan inovatif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji kevalidan, kepraktisan dan kemenarikan Booklet Smart Learning (BSL) yang dikembangkan. Model ADDIE digunakan pada pengembangan ini. Validasi materi mendapat hasil persentase sebesar 90 persen dinyatakan sangat valid. Validasi sumber belajar mendapat hasil persentase sebesar 96,87 persen dinyatakan sangat valid. Uji kepraktisan dari pengguna (guru) mendapat hasil persentase sebesar 94,44 persen dinyatakan praktis dan uji kemenarikan peserta didik mendapatkan nilai sebesar 100 persen dinyatakan menarik.

References

Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Asmuni, A. (2020). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 dan solusi pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281-288.

Atiko. (2019). Booklet, Brosur, dan Poster Sebagai Karya Inovatif di Kelas. Gresik: Caremedia Communication.

Prastowo, A. (2018). Sumber belajar dan Pusat Sumber Belajar. Depok: Prenadamedia Group.

Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.

Rehusisma, L., Indriwati, S., & Suarsini, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Dan Video Sebagai Penguatan Karakter Hidup Bersih Dan Sehat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(9), 1238-1243. doi:http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9964

Satmoko, S., & Astuti, H. T. (2006). Pengaruh bahasa booklet pada peningkatan pengetahuan peternak sapi perah tentang inseminasi buatan di Kelurahan Nongkosawit, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Jurnal penyuluhan, 2(2).

Wulandari, T., Sismulyasih, N., & Sari, E. F. (2021). Media Development Of Material Booklets Praying Personal Poetry For Grade Iv Sd Students. Elementary School Teacher, 3(2).

Downloads

Published

28-01-2022

How to Cite

Rahman, A., Arafik, M., & Muchtar, M. (2022). Pengembangan Booklet Smart Learning (BSL) Berbasis QR Code Pada Kelas III Tema Cuaca SDN Madyopuro 3 Kota Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(1), 30–37. https://doi.org/10.17977/um065v2i12022p30-37

Issue

Section

Articles