Hubungan Efikasi Diri dan Academic Burnout dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMAK St. Albertus Malang

Authors

  • Anastasia Sherly Privana Universitas Negeri Malang
  • Yuliati Hotifah Universitas Negeri Malang
  • Diniy Hidayatur Rahman Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i12022p19-23

Keywords:

self efficacy, academic burnout, learning achievement, efikasi diri, prestasi belajar

Abstract

Abstract: In the new normal era like today, learning in several schools uses a blended learning system. The existence of a new learning system causes changes, for example in student achievement. Several studies have shown that student achievement is influenced by various aspects, such as self-efficacy and academic burnout. This research was conducted with the aim of knowing the correlation between efficacy and academic burnout with the achievement of student learning outcomes in class XI in Senior High School St. Albertus Malang. The instrument was tested on 97 people with validity 0.329 and reliability 0.912 and 0.830. Based on the results found, there is a correlation between self-efficacy and academic burnout with learning achievement but not simultaneously or together. The correlation value that occurs is 0.045 or 4.5 percent and 95.5 percent is related to other variables outside the variables research.

Abstrak: Pada era new normal seperti saat ini, pembelajaran di beberapa sekolah menggunakan sistem blended learning. Adanya sistem pembelajaran baru berdampak pada berbagai aspek salah satunya pada pencapaian hasil belajar peserta didik. Ditemukan bahwa hasil pembelajaran yang diraih individu dipengaruhi oleh berbagai aspek, misalnya efikasi diri dan academic burnout. Penelitian ini dilakukan dengan maksud mengetahui korelasi efikasi dan academic burnout dengan pencapaian hasil belajar siswa kelas XI di SMAK St. Albertus. Instrumen diujikan pada 97 orang dengan validitas 0,329 dan reliabilitas 0,912 serta 0,830. Berdasarkan hasil yang ditemukan, terdapat korelasi antara efikasi diri dan academic burnout dengan prestasi belajar namun tidak simultan atau bersama-sama. Nilai korelasi yang terjadi sebesar 0,045 atau 4,5 persen dan 95,5 persen berhubungan dengan variabel yang tidak diteliti.

References

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company.

Baron, R. A. & Byrne, D. (2004). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Daroini, D. R., Pramono, A., & Firmansyah, M. (2020).Analisis Faktor Regulasi Belajar Mandiri terkait Efikasi Diri, Kesadaran Pengetahuan Metakognitif, dan Pengalaman Pembelajaran Sebelumnya terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Bio Komplementer Medicine, 7(2). Diambil dari http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/jbm/article/view/8945.

Dewi, F. A, Atmoko, Adi & Triyono. (2016). Keefektifan Teknik Self Instruction dalam Konseling Kognitif-Perilaku untuk Meningkatkan Efikasi Diri Sosial Siswa SMKN 2 Malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1 (4), 172-178. Diambil dari http://journal.um.ac.id/index.php/bk.

Friedman, H. S. & Schustack, M. W. (2008). Kepribadian; Teori Klasik dan Riset Modern. Jakarta: Erlangga.

Khotimah, R. H, Radjah, C. L, & Handarini, D. M. (2016). Hubungan Antara Konsep Diri Akademik, Efikasi Diri Akademik, Harga Diri dan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMP Negeri di Kota Malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(2), 60-67. Diambil dari http://journal.um.ac.id/index.php/bk.

Myers, D.G. (1996). Social Psychologyl. USA : McGraw-Hill, Inc.

Orpina, S. & Prahara, S. A. (2019). Self-efficacy dan Burnout Akademik pada Mahaiswa yang Bekerja. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(2), 119-130. Diambil dari http://ijec.ejournal.id/index.php/counseling/article/view/93.

Ramdhan, S., & Salim, R. M. A. (2020). Kontribusi Planned Happenstance Skills terhadap Perilaku Eksplorasi Karier Siswa Sekolah Menengah Kejuruan: Peran Mediasi Career Decision Self-Efficacy. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 5(1), 24–33. Diambil dari https://doi.org/10.17977/ um001v5i12020p024.

Setiani, I. B., Taufiq, A., & Suherman, S. (2017). Bimbingan Kelompok dengan Pengajaran Formula ABCDE Pendekatan Rasional Emotif Behavior untuk Meningkatkan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(1), 9–17. Diambil dari http://journal2.um.ac.id/index.php/jkbk/article/view/312.

Sumanto. (1990). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Suryabrata, S. (1990). Psikologi Pendidikan. Jakarta : CV. Rajawali.

Downloads

Published

28-01-2022

How to Cite

Privana, A. S., Hotifah, Y., & Rahman, D. H. (2022). Hubungan Efikasi Diri dan Academic Burnout dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMAK St. Albertus Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(1), 19–23. https://doi.org/10.17977/um065v2i12022p19-23

Issue

Section

Articles