Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri

Authors

  • Alma Bethris Kusvitaningrum Universitas Negeri Malang
  • Ahmad Yusuf Sobri Universitas Negeri Malang
  • Sunarni Sunarni Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i112021p915-926

Keywords:

leadership style, work motivation, teacher performance, gaya kepemimpinan, motivasi kerja, kinerja guru

Abstract

Abstract: This research is motivated by the decline in the quality of education in public high schools throughout Jombang Regency which is caused by a lack of innovation from education providers in learning activities. The purpose of this study was to describe the principal's leadership style, teacher work motivation, teacher performance, the influence of the principal's leadership style on teacher performance, the influence of work motivation on teacher performance, and the influence of the principal's leadership style and work motivation on teacher performance. This study uses a quantitative and descriptive approach with multiple regression analysis techniques. The study population was 453 teachers at 10 public high schools in Jombang Regency with a research sample of 210 teachers. Sampling using proportional random sampling technique. Data were analyzed using descriptive analysis techniques, multiple regression analysis, effective contribution, and relative contribution. The results showed that the principal's leadership according to the teacher's perception was in the medium category, work motivation and teacher performance were in the high category, there is a significant simultaneous effect between the principal's leadership style and work motivation on the performance of teachers in public high schools throughout Jombang Regency.

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh turunnya mutu pendidikan SMA Negeri se-Kabupaten Jombang yang disebabkan karena kurangnya inovasi dari penyelenggara pendidikan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja guru, kinerja guru, pengaruh antara gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, pengaruh antara motivasi kerja terhadap kinerja guru, serta pengaruh antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan bersifat deskriptif dengan teknik analisis regresi ganda. Populasi penelitian sebanyak 453 guru pada 10 SMA Negeri di Kabupaten Jombang dengan sampel penelitian sebanyak 210 guru. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif, analisis regresi ganda, sumbangan efektif, dan sumbangan relatif. Hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan kepala sekolah menurut persepsi guru dalam kategori sedang, motivasi kerja dan kinerja guru dalam kategori tinggi, tidak terdapat pengaruh secara parsial yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, terdapat pengaruh secara parsial yang signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru, terdapat pengaruh secara simultan yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMA Negeri se-Kabupaten Jombang.

References

Agustin, E. (2015). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Dabin IV Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan (Universitas Negeri Semarang). Retrieved from http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21458

Amalia, F. N., Maisyaroh, M., & Sumarsono, R. B. (2021). Hubungan Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Kinerja Guru dengan Keefektifan Sekolah Dasar Negeri. JPBPP: Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(9), 765–777. https://doi.org/10.17977/um065v1i92021p765-777

Baharuddin, & Umiarso. (2012). Kepemimpinan Pendidikan Islam, antara teori dan praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Baihaqi, M. I. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di MA Ma’arif Selorejo Blitar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikand Dan Pembelajaran, 7(2), 97–106. https://doi.org/10.35457/konstruk.v7i2.14

Budiastri, R., Ahdhianto, E., & Suhartono, S. (2021). Analisis Kinerja Guru Profesional dalam Penerapan Pembelajaran Daring di SD. JPBPP: Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(8), 628–637. https://doi.org/10.17977/um065v1i82021p628-637

Chrisvianty, E., Arafat, Y., & Mulyadi. (2020). Pengaruh Keterampilan Mengajar dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2012), 1634–1643. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.628

Direktorat Tenaga Kependidikan. (2008). Penilaian Kinerja Guru. Retrieved from https://www.academia.edu/4889700/PENILAIAN_KINERJA_GURU_DIREKTORAT_TENAGA_KEPENDIDIKAN_DIREKTORAT_JENDERAL_PENINGKATAN_MUTU_PENDIDIK_DAN_TENAGA_KEPENDIDIKAN_DEPARTEMEN_PENDIDIKAN_NASIONAL_2008_KOMPETENSI_EVALUASI_PENDIDIKAN_04_B3

Fathurrahman, P., & Suryana, A. (2012). Guru Profesional. Bandung: PT Refika Aditama.

Fitriani, I. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Guru terhadap Kinerja Guru di PAUD Terpadu Adzkia Martapura. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 2(1), 1–13.

Gita, R., & Yuniawan, A. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja, dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada PT. BPR Arta Utama Pekalongan). Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, 13(1), 161–170. Retrieved from http://ejournal.undip.ac.id/index.php/smo

Imhangbe, O., Okecha, R., & Obozuwa, J. (2019). Principals’ Leadership Styles and Teachers’ Job Performance: Evidence from Edo State, Nigeria. EMAL: Educational Management Administration and Leadership, 47(6), 909–924. https://doi.org/10.1177/1741143218764178

Kartomo, A. I., & Slameto, S. (2016). Evaluasi Kinerja Guru Bersertifikasi. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 219–229. https://doi.org/10.24246/j.jk.2016.v3.i2.p219-229

Miyono, N., & Basuki, R. (2016). Influence of Leadership Style of The Head Madrasah and Motivation Work on The Performance of Teachers Madrasah Tsanawiyah In Kaliwungu Kudus. SMART: Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi, 02(01), 119. https://doi.org/10.18784/smart.v2i01.297

Muniroh, W. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Retrieved from http://digilib.uin-suka.ac.id/16973/

Nurhayati, T. (2012). Hubungan Kepemimpinan Transformasional dan Motivasi Kerja. EDUEKSOS: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Ekonomi, 1(2), 77–92. https://doi.org/10.24235/edueksos.v1i2.380

Octavia, L. S., & Savira, S. I. (2016). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 7–14. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p7-14

Puspitasari, Y., Lasan, B. B., & Setiyowati, A. J. (2021). Hubungan Dukungan Sosial dan Efikasi Diri terhadap Motivasi Berprestasi Siswa SMA. JPBPP: Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(10), 838–846. https://doi.org/10.17977/um065v1i102021p838-846

Romadhoni, A. F., & Roesminingsih, E. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri se Kabupaten Lamongan. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(1), 1–7. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/17678/16090

Rompas, G. A. C., Tewal, B., & Dotulong, L. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Pengawasan, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4). https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.20919

Setiawan, D. (2015). Implementasi Kebijakan Pemerataan Mutu Pendidikan Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Jombang (Universitas Negeri Yogyakarta). Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/27847/

Setiawan, K. C. (2015). Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Level Pelaksana di Divisi Operasi PT. Pusri Palembang. PSIKIS: Jurnal Psikologi Islami, 1(2), 43–53. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/psikis/article/view/567

Shepherd-Jones, A. R., & Salisbury-Glennon, J. D. (2018). Perceptions Matter: The Correlation between Teacher Motivation and Principal Leadership Styles. EERA: Eastern Educational Research Association, 28(2), 93–131. Retrieved from https://eric.ed.gov/?q=The+influence+of+the+principal%27s+leadership+style+and+motivation+on+teacher+performance&ff1=dtySince_2012&ff2=subLeadership+Styles&id=ED596686

Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Yulia, L. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Guru dan Kompetensi Pedagogik terhadap Kinerja Guru SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten (Universitas Negeri Yogyakarta). Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53734

Zulkarnain, W. (2013). Dinamika Kelompok: Latihan Dasar Kepemimpinan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

30-11-2021

How to Cite

Kusvitaningrum, A. B. ., Sobri, A. Y. ., & Sunarni, S. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(11), 915–926. https://doi.org/10.17977/um065v1i112021p915-926

Issue

Section

Articles