Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Peningkatan Interaksi Sosial Siswa Kelas 4 SDN Bumiayu 2 Malang

Authors

  • Aldy Ferdiyansyah Universitas Negeri Malang
  • Siti Latifa Zahara Universitas Negeri Malang
  • Wahyu Puji Rahayu Universitas Negeri Malang
  • Muhammad Alfan Universitas Negeri Malang
  • Shirly Rizki Kusumaningrum Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i112021p888-896

Keywords:

learning model, role playing, social interaction, model pembelajaran, interaksi sosial

Abstract

Abstract: This research was conducted with the aim of testing effectiveness using  the role playing learning model on increasing the social interaction of 4th graders at SDN Bumiayu 2 Malang. This study uses a pre-experimental design method with a quantitative approach. The results of the calculation of the paired sample test show a significance value of 0.000 which is less than 0.05. So that it can be interpreted that there is a significant difference between the results of the pretest and posttest, in other words the use of role playing models has an effect on increasing students' social interactions. The level of effectiveness of the use of the role playing model is included in the medium category based on the results of the N-Gain test with an average gain score of 0.6.

Abstrak: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menguji efektivitas penggunaan model pembelajaran role playing terhadap peningkatan interaksi sosial siswa kelas 4 SDN Bumiayu 2 Malang. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental design dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dari penghitungan uji paired sample test yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang bernilai kurang dari 0,05. Sehingga dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil dari pretest dan posttest, dengan kata lain penggunaan model role playing berpengaruh dalam peningkatan interaksi sosial siswa. Tingkat efektivitas dari penggunaan model role playing termasuk dalam kategori sedang berdasarkan hasil uji N-Gain dengan rata-rata gain score sebesar 0,6.

References

Andriati, N. (2016). Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 125-132. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.698

Ari, H. (2018). Penerapan Role Playing untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Kelas 5 SDN Kuin Utara 7 Banjarmasin. Tesis. Malang: Universitas Negeri Malang. http://repository.um.ac.id/id/eprint/63253

Bali, M. M. E. I. (2017). Model Interaksi Sosial dalam Mengelaborasi Keterampilan Sosial. Jurnal Pedagogik, 4(2), 211-227. https://doi.org/10.33650/pjp.v4i2.19

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. https://www1.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf

Hurlock, E. B. (2013). Perkembangan Anak, jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 38 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, dan Level 2, Corona Virus Disease 2019 Di Wilayah Jawa dan Bali. (online). (https://malangkota.go.id/2021/08/31/inmendagri-nomor-38-tahun-2021-tentan g-ppkm-level-4-level-3-dan-level-2-covid-19-di-jawa-dan-bali/), diakses 22 September 2021.

Lingga, Z. (2017). Hubungan Kematangan Emosi dan Interaksi Sosial dengan Penyesuaian Diri Siswa MTsN Kabanjahe Kabupaten Karo. Jurnal ANSIRU PAI, 1(2), 57-66. http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v1i2.1513.g1240

Melchioriyusni, dkk. (2013). Interaksi Sosial Siswa dengan Kelompok Teman Sebaya di Sekolah dan Implikasinya terhadap Pelayanan BK. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1(2), 102-108. https://doi.org/10.29210/11700

Nurgiansah, T. H, dkk. (2021). Role playing dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasiladan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 18(1), 56-64. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jk/article/view/22597

Rozi, dkk. (2020). Penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru pada Era Pandemi Virus Corona 19 di Berbagai Sektor Pendidikan. Tulungagung: Akademia Pustaka.

Sekali, E. B. K. & Tarigan, M. A. (2019). Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 794-797. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39420

Winata, K. A. & Hasanah, A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Interaksi Sosial Untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, 9(1), 22-32. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i1.639

Zuhara, E. (2020). Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa. Jurnal EDUKASI (Mesia Kajian Bimbingan Konseling), 6(1), 41-57. http://dx.doi.org/10.22373/je.v6i1.8208

Zulfah. (2021). Karakter: Pengendalian Diri. IQRA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28-33. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/iqra/article/view/5803

Downloads

Published

30-11-2021

How to Cite

Ferdiyansyah, A. ., Zahara, S. L. ., Rahayu, W. P. ., Alfan, M. ., & Kusumaningrum, S. R. . (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Peningkatan Interaksi Sosial Siswa Kelas 4 SDN Bumiayu 2 Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(11), 888–896. https://doi.org/10.17977/um065v1i112021p888-896

Issue

Section

Articles