Analisis Implementasi Bimbingan dan Konseling Terhadap Tiga Sekolah di Jawa Tengah dengan Status Pembelajaran Daring

Authors

  • Hilda Sifalia Nurlatifah Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Silvia Rahmawati Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Himmatur Rofi’ah Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Bunga Ihda Norra Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i112021p879-887

Keywords:

bimbingan, konseling, peran, layanan, pandemi

Abstract

Adanya perubahan sistem belajar dari pembelajaran luring ke pembelajaran daring akibat pandemi, memaksa semua aktivitas yang berhubungan dengan pendidikan dilaksanakan secara online, termasuk dalam memberikan pelayanan bimbingan dan konseling kepada siswa. Terkait hal itu, penelitian ini dirancang untuk memahami dan memaparkan peran guru BK dalam layanan bimbingan konseling pada siswa di masa pandemi, serta tanggapan siswa mengenai pelayanan yang diberikan. Penelitian ini menggunakan metode mixed method design sequence. Metode ini dipilih dengan tujuan agar hasil yang didapatkan lebih akurat dan maksimal. Pendekatan kualitatif dirancang untuk mengetahui cara BK bekerja di sekolah. Sedangkan pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengetahui berapa banyak siswa yang memanfaatkan layanan konseling dan ada tidaknya layanan bimbingan dan konseling yang ditawarkan oleh guru BK di masa pandemi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, studi deskriptif, observasi, dokumentasi, dan menggunakan observasi tes tulis dengan pengisian lewat google form. Dari wawancara dan kuisioner dari tiga guru dan sembilan siswa di tiga sekolah berbeda, didapatkan hasil bahwa layanan bimbingan dan konseling tetap dilakukan di masa pandemi dengan memanfaatkan media digital seperti WhatsApp dan Google Classroom. Namun, jika dirasa kurang memuaskan, maka akan dilanjutkan dengan melakukan kunjungan ke rumah siswa yang berkaitan. Sedangkan untuk hasil tanggapan siswa mengenai layanan bimbingan dan konseling, beberapa siswa ternyata tidak mengetahui informasi layanan dan tidak pernah melakukan Bimbingan Konseling, sehingga perlu adanya penyebaran informasi secara merata kepada siswa. Dan beberapa yang lain mengetahui layanan tersebut, tetapi malu untuk melakukan bimbingan dan konseling, karena berpikir hanya siswa yang bermasalah yang melakukan bimbingan dan konseling.

References

Purwaningsih, H. (2021). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Melayani Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran, 1(1),36—40. Retrieved from https://www.jurnalp4i.com/index.php/educational/article/view/53

Tambusai, K. (2020). Peran Bimbingan Konseling di Sekolah di Tengah Covid-19. Jurnal Ikatan Bimbingan dan Konseling Islam, 2(2),175—187.

Musdalifah, A. (2021). Media Daring Layanan Bk di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1),109—113. Retrieved from http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Ristekdik/article/view/2685

Djumhur, I., & Moh, S. (1995). Bimbingan Konseling di Sekolah. Bandung : CV.Ilmu

Winkel & Hastuti. (2006). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. edisi revisi. Yogyakarta: Media Abadi.

Yusuf, S. & Nurihsan, J. (2012). Landasan Bimbingan dan Konseling. Cet. Ketujuh. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan dan Konseling. Jurnal Pendidikan dan kebudayaan, 17(4),447—454. Retrieved from https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i4.40

Astuti, R. W., Mochammad, N., Titn, I. P., Wiryo, N. (2013). Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Untuk Mengubah Persepsi Negatif Siswa di Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Lamongan. Jurnal BK Unesa, 3(1), 271—280. Retrieved from https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i4.40

Nasution. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Cetakan kedua belas. Jakarta : Bumi Aksara.

Downloads

Published

04-12-2021

How to Cite

Nurlatifah, H. S. ., Rahmawati, S. ., Rofi’ah, H. ., & Norra, B. I. . (2021). Analisis Implementasi Bimbingan dan Konseling Terhadap Tiga Sekolah di Jawa Tengah dengan Status Pembelajaran Daring. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(11), 879–887. https://doi.org/10.17977/um065v1i112021p879-887

Issue

Section

Articles