Panduan Biblioedukasi untuk Meningkatkan Sikap Respek Siswa SMP

Authors

  • Riza Aqilah Silmy Universitas Negeri Malang
  • Henny Indreswari Universitas Negeri Malang
  • Muslihati Muslihati Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i92021p754-764

Keywords:

biblioeducation, respect, junior high students, biblioedukasi, respek, siswa SMP

Abstract

Abstract: This research has the objective to obtain biblioeducation guidance to enhance respect among junior high students. The guidance consists of a series of activities and materials which are arranged systematically for counsellor and students. This development research adapted Borg and Gall steps. Tests required comprise early product and limited site tests. Early product test conducted by a Guidance and Counseling theory and media expert. While, limited site conducted by counsellor. The result assessment of this guidance book in terms of function reached each score 84, 87, 8, and 83 with average score 3,65, 3,76, 4, and 3,60 which conclude as very functional. In terms of ease, it reached scores 66, 64, 28, and 45 with average scores 3,47, 3,37, 4, and 3,45 which conclude as very easy. In terms of precision, it reached scores 44, 41, 47, and 69 with average 3,38, 3,15, 3,91, and 3,63 which conclude as very precise. Based on theory expert I and II in terms of interest, it reached score 6 with average 3 which conclude as interesting. While based on media expert and personal usage, it reached score 12 and 8 with average score 4 which conclude as very interesting. Therefore, this guidance is allowed to be used by counsellor to provide Guidance and Counseling practice.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan menghasilkan panduan biblioedukasi untuk meningkatkan sikap respek pada siswa SMP. Panduan ini berisi serangkaian kegiatan dan materi yang disusun secara sistematis untuk konselor dan siswa. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi langkah-langkah dari Borg dan Gall. Uji coba yang dilakukan terdiri dari uji coba produk awal dan uji coba lapangan terbatas. Uji coba produk awal ini dilakukan oleh ahli materi BK dan ahli media sedangkan uji coba lapangan terbatas dilakukan oleh konselor. Hasil penilaian buku panduan ini pada aspek kegunaan memperoleh skor total masing-masing 84, 87, 8, dan 83 dengan skor rata-rata 3,65, 3,76, 4, dan 3,60 termasuk dalam predikat sangat berguna. Pada aspek kemudahan memperoleh skor total 66, 64, 28, dan 45 dengan skor rata-rata 3,47, 3,37, 4, dan 3,45 termasuk dalam predikat sangat mudah. Pada aspek ketepatan memperoleh skor total 44, 41, 47, dan 69 dengan skor rata-rata 3,38, 3,15, 3,91, dan 3,63 termasuk dalam predikat sangat tepat. Pada ahli materi I dan II aspek kemenarikan memperoleh skor total 6 dengan skor rata-rata 3 termasuk dalam predikat menarik sedangkan pada ahli media dan pengguna masing-masing memperoleh skor total 12 dan 8 dengan rerata 4 termasuk dalam predikat sangat menarik. Dengan demikian, panduan ini dapat digunakan konselor dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling.

References

Ahmad, H., & Dini, K. (2018). Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Kelas Xi Di Sma Negeri 8 Mataram. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(1). 194-207.

Borg, W. D. & Gall, M. D. (1983). Educational Research Third Edition. New York: Longman Inc.

Detik. (2019). Kisah Bocah di Gresik Tantang Guru Hingga Bersujud Minta Maaf. Retrieved Februari 19, 2019, dari https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4422329/kisah-bocah-smp-di-gresik-tantang-guru-hingga-bersujud-minta-maaf.

Eliasa, E. I. (2011). Bibliotherapy as a Meaningful Treatment. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Fiftiani, A. 2013. Resepsi Siswa Kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Banyumas Terhadap Cerpen Remaja “Maafkan Aku Ibu” Karya Herawati. Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni UNY.

Hambali. (2018). Bullying Siswa SMP di Tangsel Korban Dipukul Pakai Batu. Retrieved Maret 07, 2018, Dari https://www.google.com/amp/s/megapolitan.okezone.com/amp/2018/03/07/338/1869092/bullying-siswa-smp-di-tangsel-korban-dipukul-pakai-batu.

KBBI Daring (Kamus Besar Bahasa Indonesia Dalam Jaringan). 2019. (Online), (https://kbbi.kemdikbud.go.id), diakses 12 Juni 2019.

Safitri, I. H. (2019). Efektivitas Biblioedukasi untuk Meningkatkan Kesadaran Respek Siswa SD. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP UM.

Safitri, I. F., Handarini, D. M., & Mappiare-AT, A. (2021). Meningkatkan Kesadaran Respek Siswa Sekolah Dasar dengan Biblioedukasi. Buletin Konseling Inovatif, 1(1). 1-6. https://doi.org/10.17977/um059v1i12021p1-6

Shohihah, R. (2020). Sikap Respect Siswa SMP di Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung (Penelitian Survey). Skripsi diterbitkan. Kediri: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Tulungagung.

Tempo. (2018). Tiga Siswa SMPN 18 Terlibat Pengeroyokan Dikenakan Skorsing. Retrieved Maret 9, 2018, dari https://www.google.com/amp/s/metro.tempo.co/amp/1067856/tiga-siswa-smpn-18-terlibat-pengeroyokan-dikenakan-skorsing.

Tohirin. (2008). Bimbingan Konseling di Sekolah dan Madrasah (berbasis integrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tuanakotta, M. & Indianti, W. (2018). Efektivitas Mendongeng untuk Meningkatkan Pemahaman Respek Kepada Lingkungan pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Intervensi Psikologi, 10(2), 83-102.

Widodo, H. (2018). Pengembangan Respect Education Melalui Pendidikan Humanis Religius di Sekolah. Lentera Pendidikan, 21(1), 110-122.

Yunitasari. (2018). Penerapan Teknik Biblioedukasi untuk Meningkatkan Percaya Diri Kelas VII SMPN 32 Surabaya. Jurnal Bimbingan dan Konseling UNESA, 6(3).

Downloads

Published

30-09-2021

How to Cite

Silmy, R. A. ., Indreswari, H. ., & Muslihati, M. (2021). Panduan Biblioedukasi untuk Meningkatkan Sikap Respek Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(9), 754–764. https://doi.org/10.17977/um065v1i92021p754-764

Issue

Section

Articles