Prestasi Belajar Matakuliah Teori antara Semester Gasal dan Genap

Authors

  • Rahmadi Amirul Mu’minun Universitas Negeri Malang
  • Siti Nurrochmah Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v3i82021p556-566

Keywords:

learning achievement, semester, offline and online learning, prestasi belajar, semesterpembelajaran luring dan daring

Abstract

Abstract: It is important to carry out this research to determine whether the differences in the offline and online learning processes affect the learning achievement outcomes. The purpose of the study was to determine whether there was a difference in the learning achievement of theoretical subjects between odd semesters and even semesters. This study uses a quantitative descriptive method and the type of research is ex-post-facto or causal comparative form. The results of the data analysis of the t test obtained the value of t_hit less than t_tab by testing the hypothesis (α) is 0.05. The results of this study can be concluded that there is no difference in the learning achievement of theoretical subjects between odd and even semesters in the 2018 offering B students for the 2019/2020 academic year of the PJK-FIK-UM Study Program.

Abstrak: Penelitian ini penting dilaksanakan untuk mengetahui apakah perbedaan proses pembelajaran secara luring dan daring berpengaruh terhadap hasil prestasi belajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan terhadap prestasi belajar matakuliah teori antara semester gasal dan semester genap. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan jenis penelitian ex-post-facto atau bentuk causal comparative. Hasil analisis data Uji t diperoleh nilai t_hit kurang dari t_tab dengan pengujian hipotesis (α) adalah 0,05. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan terhadap prestasi belajar matakuliah teori antara semester gasal dan genap pada mahasiswa angkatan 2018 offering B tahun akademik 2019/2020 Prodi PJK-FIK-UM.

References

Amin, A. K. (2017). Kajian KonseptualModel Pembelajaran Blended Learningberbasis Web untuk Meningkatkan HasilBelajardan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(2), 51–64.

Anitah, S. . (2014). Strategi Pembelajaran. Universitas Terbuka.

Basuki, I., & Hariyanto. (2017). Asesmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Firman. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Bioma, 2(1), 14–20.

Idrus. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran Idrus L 1. Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, 9(2), 920–935.

Ita. (2020). Hasil belajar dan respon mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring pada mata kuliah biologi umum. Konferensi Nasional Pendidikan.

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76.

Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49–59. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405

Rosdiani, D. (2012). Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (1st ed.; Riduwan, ed.). Bandung: Alfabeta.

Rosyid, moh zaiful, Mustajab, & Abdullah, aminol rosid. (2019). Prestasi belajar (1st ed.; H. Sa’diyah, ed.). Batu: Literasi Nusantara.

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (1st ed.; I. Fahmi & Suwito, eds.). Jakarta: Kencana Predana Media Group. https://doi.org/www.prenadamedia.com

Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada.

Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (3rd ed.). Jakarta: Rajawali Pers.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sobron, A. N., & Meidawati, S. (2019). Persepsi siswa dalam studi pengaruh daring learning terhadap minat belajar ipa. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 30–38.

Sundawan, M, D. (2016). Perbedaan Model Pembelajaran Konstruktivisme Dan Model Pembelajaran Langsung. Jurnal Logika, XVI(1), 1–11.

Thobroni, M. (2015). Belajar & Pembelajaran Teori dan Praktik. Ar-Ruzz Media.

Thobroni, M., & Mustofa, A. (2013). Belajar dan Pembelajaran (2nd ed.). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wiarto, G. (2015). Inovasi Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani (1st ed.). Yogyakarta: Laksitas.

Wiarto, G. (2016). Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani (1st ed.). Yogyakarta: Laksitas.

Widiara, I. K. (2018). Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Era Digital. Purwadita, 2(2), 50–56.

Downloads

Published

20-08-2021

Issue

Section

Articles