Pengembangan Variasi Latihan Serangan Kumite Olahraga Karate Berbasis Media Audio-Visual

Authors

  • Deni Eko Prasetio Universitas Negeri Malang
  • Ari Wibowo Kurniawan Universitas Negeri Malang
  • Dona Sandy Yudasmara Universitas Negeri Malang
  • Mu’arifin Mu’arifin Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v3i72021p499-507

Keywords:

media, karate, variation of attacks, audio-visual, variasi serangan

Abstract

Abstract: Based on the observations of researchers at DOJO Funakoshi at SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung, the karateka at the DOJO did not have any training media that could help them practice kumite attack techniques. The karateka only use youtube media and video game recordings for reference in learning the kumite attacks at home or at the DOJO. From these observations, it is necessary to develop the media for karateka to learn the kumite attack technique. The purpose of this research and development is to produce a variety of kumite attack training products based on audio-visual media. The method used in this development was adapted from the Lee and Owen development model. The test subjects used in this study were 20 karate students at DOJO Funakoshi SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung which were divided into two small group trials using 8 students and large group trials using all students with a total of 20 students. expert, small group trials and large group trials obtained "very valid" results. It can be concluded that this development product can be used as a medium for learning techniques and variations of kumite attacks.

Abstrak: Berdasarkan observasi peneliti di DOJO Funakoshi di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung, karateka di DOJO tersebut belum mempunyai media latihan yang bisa membantu mereka berlatih teknik serangan kumite. Para karateka hanya menggunakan media youtube dan video rekaman pertandingan untuk referensi belajar serangan kumite di rumah atau di DOJO. Dari observasi tersebut perlu dikembangkannya media untuk karateka belajar teknik serangan kumite. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk variasi latihan serangan kumite olahraga karate berbasis media Audio-visual. Metode yang digunakan pada pengembangan ini mengadaptasi dari model pengembangan Lee and Owen. Subjek uji coba yang digunakan pada penelitian ini adalah 20 siswa karate di DOJO Funakoshi SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung yang dibagi menjadi dua kali uji coba kelompok kecil dengan menggunakan 8 siswa dan uji coba kelompok besar menggunakan seluruh siswa dengan jumlah 20 siswa.Hasil analisis data dari para ahli, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar diperoleh hasil “sangat valid”. Dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan ini dapat digunakan sebagai media belajar teknik dan variasi serangan kumite.

References

Akbar, R. A., & Hariyanto, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pencak silat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Health, 2(7), 350–356. http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/index

Akhmad, I. (2015). Efek Latihan Berbeban Terhadap Fungsi Kerja Otot. Jurnal Pedagogik Keolahragaan, 1(2), 80–102.

Angin, M. P. (2018). Pengembangan VCD Instruktional Pada Materi Pencak Silat Untuk SMA. Jurnal Pedagogik Olahraga, 4 (1).

Budianti, F. Y., Supriyadi, S., & Andiana. (2018). Pengembangan Latihan Pass-Shoot Bola Basket Melalui Media Audio Visual Pada Club Bola Basket Gosweet Gondanglegi Malang. Jurnal Sport Science, 7(1).

Devy, Y. K. (2020). Pelaksanaan Full Day School di SMA Negeri 4 Singaraja Meningkatkan Kelelahan dan Kebosanan serta Kontribusinya terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MIPA. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 7(1), 33–42.

Febrian, M. H. (2018). Pengembangan Variasi Latihan Kumite Karate Berbasis Multimedia Interaktif Pada Atlet Dojo Inkado. SKRIPSI tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Fikriyah, M., & Gani, A. A. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Disertai Media Audio-visual Dalam Pembelajaran Fisika Di Sman 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(2).

Firdaus, R. I., Kurniawan, A. W., & Heynoek, F. P. (2020). Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kelincahan Berbasis Multimedia Interaktif Di Sma Negeri 1 Turen. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(2), 130. https://doi.org/10.17977/um040v3i2p130-143

Irawan, D., & Japarianto, E. (2013). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Restoran Por Kee Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran.

Kurniawan, A. W. (2014). Pengembangan Pembelajaran Judo Teknik Bantingan Kyu 4 Dengan Media Vcd Untuk Pejudo Pjsi (Persatuan Judo Seluruh Indonesia). Hotel Horison Ultima Jl Green Boulevard, 65125(2), 25–37.

Kurniawan, A. W. (2018). Pengembangan Media Audio-Visual Pencak Silat Seni Dengan Musik. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 2(1), 10. https://doi.org/10.17977/um040v2i1p10-17

Muhtar, T. (2020). Pencak Silat. UPI Sumedang Press.

Rahman, Z., Kurniawan, A. W., & Heynoek, F. P. (2020). Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kecepatan Berbasis Multimedia Interaktif. Sport Science and Health, 2(1), 78–92. http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/article/view/11692/5123

Saputra, S. D. (2017). Pengembangan Variasi Latihan Serangan Tangan dan Kaki Pada Karate Dojo Maharani Kabupaten Gresik. Universitas Negeri Malang.

Selvia, B., Lian, B., & Sari, A. P. (2020). Penerapan Pembinaan Ekstrakulikuler Dalam Kegiatan Pembelajaran Full Day School. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2).

Susila, G. H. A. (2018). Pengembangan Model Latihan Permainan Pertarungan (Kumite) Pada Cabang Olahraga Karate. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 4 (1).

Tight, M., Symonds, P., & Symonds, P. M. (2016). The Case Study as a Research Method. In Case Studies.

Utami, K., & Julianto. (2013). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–10.

Downloads

Published

08-07-2021

Issue

Section

Articles