Kelayakan Sarana Pendidikan Jasmani OlahragaKesehatan dan Prestasi Olahraga di SMK Negeri se-Kabupaten Tulungagung Tahun 2022

Authors

  • Amanda Dwi Adistya Hafsari Universitas Negeri Malang
  • Arief Darmawan Universitas Negeri Malang
  • Usman Wahyudi Universitas Negeri Malang
  • Dona Sandy Yudasmara Universitas Negeri Malang

Keywords:

education, sports, facilities and infrastructure, pendidikan, olahraga, sarana dan prasarana

Abstract

Abstract: The availability of adequate physical education facilities and infrastructure in an educational institution makes physical activity work well. Physical education facilities and infrastructure need to be improved to carry out sports activities properly and safely. This research was conducted to determine the number of sports and healthy physical education facilities and infrastructure, especially in State Vocational Schools throughout Tulungagung Regency using observation, interviews, and documentation instruments. This research is qualitative descriptive research, namely research that describes an event directly. From the study result, the results with the “GOOD” category had a percentage value of 12,5% the “AVERAGE category had a percentage value of 87,5%. Schools with the “GOOD” category are because many types of facilities and infrastructure are available and suitable for use in the learning process. Schools are in the “AVERAGE” category because the number of facilities and infrastructure is far from standard. The conclusion is that from the results obtained from a survey of sports and health physical education facilities and infrastructure at State Vocational Schools in Tulungagung Regency, 1 school were in the “GOOD” category and 7 school were in the “AVERAGE” category. So, the average obtained in the survey is that State Vocational Schools in Tulungagung Regency have a percentage of 53% with the results categorized as Facilities and Infrastructure in Tulungagung Regency including “AVERAGE”.

Abstrak: Tersedianya sarana dan prasarana pendidikan jasmani yang memadai dalam suatu lembaga pendidikan membuat aktivitas jasmani dapat berjalan dengan baik. Kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan jasmani memang sangat perlu ditingkatkan supaya dapat melakukan kegiatan olahraga dengan baik dan aman. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui jumlah sarana dan prasarana pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan khususnya di SMK Negeri se-Kabupaten Tulungagung dengan menggunakan instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan suatu peristiwa secara langsung. Dari hasil penelitian didapatkan hasil dengan kategori “BAIK” nilai persentase 12,5% dan kategori “SEDANG” nilai persentase 87,5%. Sekolah dengan kategori “BAIK ini dikarenakan ada banyak jenis sarana dan prasarana yang tersedia serta layak digunakan dalam proses pembelajaran. Sekolah dengan kategori “SEDANG” dikarenakan jumlah sarana dan prasarana jauh dari kata standar. Kesimpulannya yaitu dari hasil yang diperoleh dari survei sarana dan prasarana pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMK Negeri se-Kabupaten Tulungagung mendapatkan 1 sekolah dengan kategori “BAIK” dan 7 sekolah dengan kategori “SEDANG”. Jadi untuk rata-rata yang didapatkan pada survei adalah SMK Negeri se-Kabupaten Tulungagung memiliki persentase 53% dengan hasil dikategorikan sarana dan prasarana yang ada di Kabupaten Tulungagung ini termasuk “SEDANG”.

References

Aji, B., & A, P. (2022). Survei Sarana dan Prasarana pada Event Olahraga Rektor Cup Universitas Jambi Tahun

Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 4(2), 166–174.

https://doi.org/10.22437/ijssc.v4i2.19831

Candra, A. (2017). TINJAUAN KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN

JASMANI DAN KESEHATAN DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN PERHENTIAN RAJA KABUPATEN

KAMPAR. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 373.

https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i1.4115

Dewindra, V. A. R. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Web Pada Keterampilan Presentas i

Proyek Materi Minyak Bumi.

Furi, L. M. I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning

Dan Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa

Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan. 35(1).

Hidayah, A. (2017). MODIFIKASI ALAT PERMAINAN WOODBALL UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN

JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN.

Indrayana, B., & Yuliawan, E. (2020). Survei Kelayakan Sarana Dan Prasarana Pada 31 Cabang Olahraga

Anggota Koni Kota Jambi Peserta Pekan Olahraga Provinsi Jambi Ke-23. JURNAL PRESTASI, 4(2), 43.

https://doi.org/10.24114/jp.v4i2.20374

Irzan, A. (2018). Survei Sarana Dan Prasarana Penjas Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di Madrasah Aliyah

Negeri 1 Makassar.

Junaidi, R., & Susanti, F. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja

Pegawai Pada Uptd Baltekkomdik Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat [Preprint]. INA-Rxiv.

https://doi.org/10.31227/osf.io/bzq75

Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa

dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113.

https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360

Lestari, N. D., & Yusmiono, B. A. (2018). Analisis Penggunaan Sarana Dan Prasarana Untuk Menunjang Kegiat an

Belajar Mahasiswa Di Universitas Pgri Palembang Tahun Akademik 2016/2017. Jurnal Manajemen,

(1).

Prasetya, R. P. E. (2019). Survei Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sma

Negeri Se-Kabupaten Trenggalek. 07.

Qosim, A., Hardika, N., Zamuri, M., & Salahuddin. (2022). Survei Sarana dan Prasarana Olahraga di Sekolah

Dasar Negeri Se-Kelurahan Jungkat Kabupaten Mempawah. Journal Sport Academy, 1(1), 01–09.

https://doi.org/10.31571/jsa.v1i1.5

Rusli, M. (2020). Peran Sarana Prasarana Dalam Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani

Dan Kesehatan. 19.

Saputri, M. I., & Sugiarto, S. (2021). Analisis Standarisasi Sarana dan Prasarana Terhadap Pembinaan Prestasi

Atlet Bulutangkis PB. Champion Kabupaten Pemalang. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2), 17.

https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i2.5532

Sari, R. (2019). Survei Sarana dan Prasarana Penjas Di SMA Negeri 4 Pangkep Terhadap Proses Pembelajar an

Penjas.

Suhaemin, S., & Arikunto, S. (2013). Manajemen Perpustakaan Di Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta. Jurnal

Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(2), 252–268. https://doi.org/10.21831/amp.v1i2.2398

Downloads

Published

20-06-2024

Issue

Section

Articles