Kelayakan Sarana Pendidikan Jasmani OlahragaKesehatan dan Prestasi Olahraga di SMK Negeri se-Kabupaten Tulungagung Tahun 2022
Keywords:
education, sports, facilities and infrastructure, pendidikan, olahraga, sarana dan prasaranaAbstract
Abstract: The availability of adequate physical education facilities and infrastructure in an educational institution makes physical activity work well. Physical education facilities and infrastructure need to be improved to carry out sports activities properly and safely. This research was conducted to determine the number of sports and healthy physical education facilities and infrastructure, especially in State Vocational Schools throughout Tulungagung Regency using observation, interviews, and documentation instruments. This research is qualitative descriptive research, namely research that describes an event directly. From the study result, the results with the “GOOD” category had a percentage value of 12,5% the “AVERAGE category had a percentage value of 87,5%. Schools with the “GOOD” category are because many types of facilities and infrastructure are available and suitable for use in the learning process. Schools are in the “AVERAGE” category because the number of facilities and infrastructure is far from standard. The conclusion is that from the results obtained from a survey of sports and health physical education facilities and infrastructure at State Vocational Schools in Tulungagung Regency, 1 school were in the “GOOD” category and 7 school were in the “AVERAGE” category. So, the average obtained in the survey is that State Vocational Schools in Tulungagung Regency have a percentage of 53% with the results categorized as Facilities and Infrastructure in Tulungagung Regency including “AVERAGE”.
Abstrak: Tersedianya sarana dan prasarana pendidikan jasmani yang memadai dalam suatu lembaga pendidikan membuat aktivitas jasmani dapat berjalan dengan baik. Kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan jasmani memang sangat perlu ditingkatkan supaya dapat melakukan kegiatan olahraga dengan baik dan aman. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui jumlah sarana dan prasarana pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan khususnya di SMK Negeri se-Kabupaten Tulungagung dengan menggunakan instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan suatu peristiwa secara langsung. Dari hasil penelitian didapatkan hasil dengan kategori “BAIK” nilai persentase 12,5% dan kategori “SEDANG” nilai persentase 87,5%. Sekolah dengan kategori “BAIK ini dikarenakan ada banyak jenis sarana dan prasarana yang tersedia serta layak digunakan dalam proses pembelajaran. Sekolah dengan kategori “SEDANG” dikarenakan jumlah sarana dan prasarana jauh dari kata standar. Kesimpulannya yaitu dari hasil yang diperoleh dari survei sarana dan prasarana pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMK Negeri se-Kabupaten Tulungagung mendapatkan 1 sekolah dengan kategori “BAIK” dan 7 sekolah dengan kategori “SEDANG”. Jadi untuk rata-rata yang didapatkan pada survei adalah SMK Negeri se-Kabupaten Tulungagung memiliki persentase 53% dengan hasil dikategorikan sarana dan prasarana yang ada di Kabupaten Tulungagung ini termasuk “SEDANG”.
References
Aji, B., & A, P. (2022). Survei Sarana dan Prasarana pada Event Olahraga Rektor Cup Universitas Jambi Tahun
Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 4(2), 166–174.
https://doi.org/10.22437/ijssc.v4i2.19831
Candra, A. (2017). TINJAUAN KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN
JASMANI DAN KESEHATAN DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN PERHENTIAN RAJA KABUPATEN
KAMPAR. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 373.
https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i1.4115
Dewindra, V. A. R. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Web Pada Keterampilan Presentas i
Proyek Materi Minyak Bumi.
Furi, L. M. I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning
Dan Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa
Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan. 35(1).
Hidayah, A. (2017). MODIFIKASI ALAT PERMAINAN WOODBALL UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN
JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN.
Indrayana, B., & Yuliawan, E. (2020). Survei Kelayakan Sarana Dan Prasarana Pada 31 Cabang Olahraga
Anggota Koni Kota Jambi Peserta Pekan Olahraga Provinsi Jambi Ke-23. JURNAL PRESTASI, 4(2), 43.
https://doi.org/10.24114/jp.v4i2.20374
Irzan, A. (2018). Survei Sarana Dan Prasarana Penjas Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di Madrasah Aliyah
Negeri 1 Makassar.
Junaidi, R., & Susanti, F. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja
Pegawai Pada Uptd Baltekkomdik Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat [Preprint]. INA-Rxiv.
https://doi.org/10.31227/osf.io/bzq75
Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa
dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113.
https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360
Lestari, N. D., & Yusmiono, B. A. (2018). Analisis Penggunaan Sarana Dan Prasarana Untuk Menunjang Kegiat an
Belajar Mahasiswa Di Universitas Pgri Palembang Tahun Akademik 2016/2017. Jurnal Manajemen,
(1).
Prasetya, R. P. E. (2019). Survei Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sma
Negeri Se-Kabupaten Trenggalek. 07.
Qosim, A., Hardika, N., Zamuri, M., & Salahuddin. (2022). Survei Sarana dan Prasarana Olahraga di Sekolah
Dasar Negeri Se-Kelurahan Jungkat Kabupaten Mempawah. Journal Sport Academy, 1(1), 01–09.
https://doi.org/10.31571/jsa.v1i1.5
Rusli, M. (2020). Peran Sarana Prasarana Dalam Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani
Dan Kesehatan. 19.
Saputri, M. I., & Sugiarto, S. (2021). Analisis Standarisasi Sarana dan Prasarana Terhadap Pembinaan Prestasi
Atlet Bulutangkis PB. Champion Kabupaten Pemalang. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2), 17.
https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i2.5532
Sari, R. (2019). Survei Sarana dan Prasarana Penjas Di SMA Negeri 4 Pangkep Terhadap Proses Pembelajar an
Penjas.
Suhaemin, S., & Arikunto, S. (2013). Manajemen Perpustakaan Di Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta. Jurnal
Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(2), 252–268. https://doi.org/10.21831/amp.v1i2.2398
Downloads
Published
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.