Survei Kelengkapan Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kurikulum 2013 di SD Negeri Gugus 02 Kota Batu
Keywords:
curriculum 2013, completeness of rpp components, pjok teachers, kurikulum 2013, kelengkapan komponen rpp, guru pjok, sekolah dasar negeriAbstract
Abstrack:SD Negeri Cluster 02 Batu City consists of 6 schools, namely SDN Sumberejo 01, SDN Sumberejo 02, SDN Sumberejo 03, SDN Sidomulyo 01, SDN Sidomulyo 02, and SDN Sidomulyo 03. Based interviews with PJOK teachers at SD Negeri Cluster 02 Batu City on March 25, 2019, the problem is preparing components RPP accordance with the 2013 Curriculum is difficult because the 2013 Curriculum classified as new and lack of seminars on the 2013 curriculum. This research aims to determine completeness of the 2013 Curriculum PJOK RPP components at SD Negeri Cluster 02 Batu City. This type of research is descriptive quantitative with survey techniques using questionnaires and structured interviews. The subjects in this research were 6 PJOK teachers at SD Negeri Cluster 02 Batu City. The research results show that the implementation of the 2013 Curriculum learning is very good, this can be seen from the percentage of scores for each school, namely 93.75 percent SDN Sidomulyo 01, 87.5percent SDN Sidomulyo 02, 93.75percent SDN Sidomulyo 03, 87.5percent SDN Sumberejo 01, 93.75percent SDN Sumberejo 02, and 90.62percent SDN Sumberejo 03. The conclusion obtained that preparation of 2013 curriculum PJOK RPP components at SD Negeri Cluster 02 Batu City is very good category.
Abstrak: SD Negeri Gugus 02 Kota Batu terdiri atas 6 sekolah yaitu SDN Sumberejo 01, SDN Sumberejo 02, SDN Sumberejo 03, SDN Sidomulyo 01, SDN Sidomulyo 02, dan SDN Sidomulyo 03. Berdasarkan wawancara yang dilakukan peneliti kepada guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di SD Negeri Gugus 02 Kota Batu pada 25 Maret 2019 ditemukan permasalahan bahwa penyusunan komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan Kurikulum 2013 tidak mudah karena Kurikulum 2013 tergolong baru dan minim pengadaan seminar tentang Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelengkapan komponen RPP PJOK Kurikulum 2013 di SD Negeri Gugus 02 Kota Batu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik survei menggunakan kuesioner dan wawancara terstruktur. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 guru PJOK di SD Negeri Gugus 02 Kota Batu. Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 sangat baik, hal ini dapat dilihat dari persentase nilai masing-masing sekolah, yaitu 93,75 persen untuk SDN Sidomulyo 01, 87,5persen untuk SDN Sidomulyo 02, 93,75persen untuk SDN Sidomulyo 03, 87,5persen untuk SDN Sumberejo 01, 93,75persen untuk SDN Sumberejo 02, dan 90,62persen untuk SDN Sumberejo 03. Kesimpulan yang didapat adalah penyusunan komponen RPP PJOK Kurilukum 2013 di SD Negeri Gugus 02 Kota Batu termasuk kategori sangat baik.
References
Akbar, R. A. (2019). Analisis rencana pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMA negeri untuk wilayah kota Yogyakarta ditinjau dari pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 2(3), 1–9.
Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Burhaein, E. (2017). Aktivitas fisik olahraga untuk pertumbuhan dan perkembangan siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 51–58. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7497
Eksanurianto, W. T., Supriatna, E., & Hidasari, F. (2021). Keterlaksanaan kurikulum 2013 mata pelajaran penjasorkes di sekolah dasar se-kecamatan Meliau. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(8148). Diambil dari https://doi.org/10.46368/jpjkr.v8i1.317
Gunawan, I., & Palupi, A. (2016). Taksonomi bloom – revisi ranah kognitif: kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 2. https://doi.org/https://doi.org/10.25273/pe.v2i02.50
Hamzah. (2020). Kurikulum dan pembelajaran panduan lengkap bagi guru profesional. Semarang: CV Pilar Nusantara.
Hanafi, H., Adu, L., & Muzakkir, H. (2019). Profesionalisme guru dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran di sekolah. Sleman: Deepublish CV Budi Utama. Diambil dari https://books.google.co.id/books?id=w4WYDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=profesionalisme+guru+dalam+pengelolaan+kegiatan+pembelajaran+di+sekolah&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjD5PGtgZXuAhUK7XMBHXEXBnoQ6wEwAHoECAUQAQ#v=onepage&q&f=false
Haryanto, B. (2020). Indonesia: country report on children’s environmental health 41-48. . Reviews on Environmental Health, 35(1), 41–48. https://doi.org/https://doi.org/10.1515/reveh-2019-0088
Husdarta, H. J. S. (2015). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Kadir, A. (2014). Pengenalan sistem informasi (edisi revisi). Yogyakarta.: Andi.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 15 Tahun 2010 Tentang Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar di Kabupaten/Kota. Jakarta. Diambil dari https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendikbud_23_13.pdf
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta. Diambil dari https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendikbud_57_14.pdf
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2016a). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Diambil dari https://repositori.kemdikbud.go.id/4791/1/Permendikbud_Tahun2016_Nomor021.pdf
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2016b). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Diambil dari https://repositori.kemdikbud.go.id/4790/1/Permendikbud_Tahun2016_Nomor022.pdf
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2016c). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta. Diambil dari https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendikbud_23_16.pdf
Lubis, M. A. (2018). Pembelajaran tematik di SD/MI: pengembangan kurikulum 2013. . Yogyakarta: Samudra Biru.
Makki, I. M., & Aflahah. (2016). Konsep dasar dan pembelajaran. Yogyakarta: Duta Media Publishing.
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Indonesia abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268
Ngatman. (2017). Evaluasi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Cirebon: CV Sarnu Untung.
Paiman. (2021). Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Pemerintah Pusat RI. (2003a). Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 1.
Pemerintah Pusat RI. (2003b). Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 5 dan 6. Jakarta.
Pemerintah Pusat RI. (2003c). Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 19. Jakarta. Diambil dari https://www.regulasip.id/book/1393/read
Pemerintah Pusat RI. (2013). Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta. Diambil dari http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/PP0322013.pdf
Rosdiani, D. (2012). Model pembelajaran langsung dalam pendidikan jasmani dan kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Sudijono, A. (2009). Pengantar statistik pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudirjo. E, & Alif. M.N. (2019). Filsafat pendidikan jasmani. Sumedang: UPI Sumedang Press.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.