Survei Manajemen Pembinaan Sepakbola SSB Satria Muda Kota Malang Tahun 2021

Authors

  • Muhammad Zakaria Universitas Negeri Malang
  • Supriatna Supriatna Universitas Negeri Malang
  • Taufik Taufik Universitas Negeri Malang
  • Kurniati Rahayuni Universitas Negeri Malang

Keywords:

coaching management, football school, soccer, manajemen pembinaan, sekolah sepakbola, sepakbola

Abstract

Abstract:This study aimed to determine the existing achievement management system at SSB Satria Muda in Malang using the CIPP method (Context, input, process, product). The results of the research on the context variable on the manager with 100percent results, 96.42percent coaches, 90.22percent athletes, input variables for managers get 91.66percent results, 95.83percent coaches, 92.48percent athletes, process manager variables get 100percent results, 100percent coaches, and 93.42percent athletes, product manager variables get 83.33percent results, 75percent coaches, and athletes 50.87percent. The conclusion of this study is the context variable, SSB Satria Muda have an excellent coaching management system starting from the SSB management system that is in accordance with coaching, training programs, talent scouting, and achievement coaching that has been running. The input variable, SSB Satria Muda has a good training structure, the trainers are directly involved in preparing the training program, there is a licensed trainer recruitment system, and the infrastructure has met the standards. The process variable, related to its implementation, SSB Satria Muda need to evaluate related to the coaching process. Product variables, in this case the products produced by athletes and achievements, must be further improved.

 

Abstrak:Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem manajemen pembinaan prestasi SSB Satria Muda di kota Malang dengan menggunakan metode CIPP (Context, input, process, product). Hasil penelitian pada variabel context pada manajer dengan hasil 100persen, pelatih {96,42persen, atlet 90,22persen, variabel input untuk manager mendapatkan Hasil 91,66persen, pelatih 95,83persen, atlet 92,48persen, variabel process manajer mendapatkan hasil 100persen, pelatih 100persen, dan atlet 93,42persen, variabel product manajer mendapatkan hasil 83,33persen, pelatih 75persen, dan atlet sebesar 50,87persen. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu variabel context, SSB satria muda memiliki sistem manajemen pembinaan yang baik mulai dari sistem manajemen SSB yang sesuai dengan pembinaan, program latihan, pemanduan bakat, serta pembinaan prestasi yang sudah berjalan. Variabel input, SSB Satria Muda memiliki struktur latihan yang baik, pelatih dilibatkan langsung dalam menyusun program latihan, adanya sistem rekrutmen pelatih berlisensi, sarana prasarana sudah memenuhi standar. Variabel process, terkait pelaksanaan nya SSB Satria Muda perlu untuk mengevaluasi terkait proses pembinaan. Variabel product dalam hal ini produk yang dihasilkan mulai dari atlet dan prestasi harus lebih ditingkatkan

 

References

Agara, W. A. (2022). Manajemen Pembinaan Olahraga Futsal Kabupaten Gresik. 58–62.

Akradinal, A., Syahputra, R., Oktarivaldi, O., Mardela, R., Putri, L.P., Oktavianus, I., Mariati, S., Johor, Z., & Baktiar, S. (2020). Dissemination and training of in the devication and development of sport talent for psychal education teacher and sport trainer in the province west sumatra. Humanity Pengamdian Kepada Masyarakat, 1(1), 40–50.

Dariodat, D., & Wahyudiana, W. (2018). Model Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal Pemikiran Islam, 1–23.

Fataha, I., Rahayu, T., & K. s. (201 C.E.). Evaluasi Program Pembinaan Sepakbola Klub Persigo di Provinsi Gorongtalo. Journal of Education Research and Evaluation, 2(1), 56–62.

Giriwijoyo. H.Y.S.S. (2018). Pengantar Ilmu Faal Olahraga. Sport Scine and Education.

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif.

Kurniawati, E. W. (2021). Evaluasi Program Prespektif Model CIPP (Context, Input, Process, Product). Islamic Education Journal, 2(1), 19–25.

Muntholib, B, Tri, N., Raharjo, A. (2018). Manajemen Survei, Prestasi dan Pembinaan. Sport Management Education Journal, 2(6), 12–14.

Muryadi, A. D. (2017). Evaluasi Program Pembinaan Sepakbola Klub Persijap Jepara. 1–16.

Nasution, H. F. (2016). Instrumen Penelitian dan urgensinya dalam penelitian kuantitatif. Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(1), 59–75.

Salinero, J.J., Lara, B., & Delcoso, J. (2019). Effect of ecute ingestion of caffein on time sport performance. Sport Medecine, 27(4), 238–256.

Sugiyono, A. (2008). Pengantar Statisktik Pendidikan.

Sugiyono, P. D. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Susanto, N., & LIsmandia, L. (201 C.E.). Manajemen Program Latihan Sepakbola (SSB). Jurnal Keolahragaan, 4(1), 98.

Susanto, N., Alimuddin, A., & Syafrianto, D. (2019). Manajemen Pembinaan Olahraga Usia Dini Sekolah Sepakbola (SSB) Gadjah Mada (GAMA) Yogyakarta. 4(2), 60–71.

Susilawati, S. (2020). Implementasi Manajemen Pelatih Renang di Club Ciamis Aquatic. Journal Of Education Management, 4(1).

Widoyoko, E. . (2019). Evaluasi Program Pembelajaran. 238.

Winarno, M, E. (2013). Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani. UM Prees.

Zahir, L., Hermawan, R., & Lunglit, W. (2018). Manajemen Organisasi Olahraga Sepkabola. Sport Management, 3(1), 60–71.

Downloads

Published

30-03-2024

Issue

Section

Articles