Kebugaran Jasmani di SMPN Se Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo

Authors

  • Moch. Miftachul Huda Universitas Negeri Malang
  • Usman Wahyudi Universitas Negeri Malang
  • Arief Darmawan Universitas Negeri Malang
  • Surya Adi Saputra Universitas Negeri Malang

Keywords:

physical fitness, physical education health and sports, archipelago student fitness test, kebugaran jasmani, pendidikan jasmani kesehatan dan olahraga

Abstract

Abstract:Fitness is an important aspect of daily activities. Having good physical fitness can help students better in carrying out their daily activities. This study aims to determine the level of physical fitness of SMPN students in Candi District. This type of research is quantitative descriptive. The method used is a survey using the Nusantara Student Fitness Test (TKPN) instrument. The number of samples in this study were 100 students based on the calculation of the slovin formula by dividing the sample in each school using proportion calculations according to the population in each school. The results of this study indicate that the physical fitness of class VII students at SMPN Se Kecamatan Candi in the very good category is 0 students, in the good category are 0 students, in the moderate category are 38 students, in the low category are 62 students, and in the very low category as many as 0 students.

Abstrak:Kebugaran merupakan salah satu aspek penting dalam kegiatan sehari-hari. Dengan mempunyai kebugaran jasmani yang baik dapat membantu siswa lebih baik dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya. Penelitian ini mempunyai tujuan mengetahui tingkat kebugaran jasmani pada siswa SMPN Se Kecamatan Candi. Jenis penelitian ini adalah deskritif kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu survei dengan menggunakan instrumen Tes Kebugaran Pelajar Nusantara (TKPN). Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 100 siswa berdasarkan perhitungan rumus slovin dengan pembagian sampel pada masing-masing sekolahnya menggunakan perhitungan proporsi sesuai dengan populasi pada setiap sekolah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kebugaran jasmani siswa kelas VII di SMPN Se Kecamatan Candi pada kategori baik sekali sebanyak 0 siswa, pada kategori baik sebanyak 0 siswa, pada kategori cukup sebanyak 38 siswa, pada kategori rendah sebanyak 62 siswa, dan pada kategori sangat rendah sebanyak 0 siswa.

References

Arfianto, Y. (2017). Hubungan antara gaya hidup sehat dengan tingkat kesegaran jasmani siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sleman. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 6(2).

Arifin, S. (2017). Peran guru pendidikan jasmani dalam pembentukan pendidikan karakter peserta didik. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1).

Arifin, Z. (2018). Pengaruh latihan Senam Kebugaran Jasmani (SKJ) terhadap tingkat kebugaran siswa kelas V di MIN Donomulyo Kabupaten Malang. Al-Mudarris: Journal Of Education, 1(1), 22–29.

Damsir, D., Idris, M., & Rizhardi, R. (2021). Survei tingkat kebugaran jasmani pada siswa sekolah menengah pertama. JOLMA, 1(1), 41–53.

Destriana, D., Elrosa, D., & Syamsuramel, S. (2022). Kebugaran jasmani dan hasil belajar siswa. Jambura Health and Sport Journal, 4(2), 69–77.

Dhini. (2023). Pola menu, asupan dan status gizi. UNISMA PRESS.

Faqih, A., & Hartati, S. C. (2017). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas IV dan V Sekolah Dasar Se-Gugus Selatan Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(3), 385–390.

Gumantan, A. (2020). Pengembangan aplikasi pengukuran tes kebugaran jasmani berbasis android. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 19(2), 196–205.

Gunarsa, S. D., & Wibowo, S. (2021). Hubungan kualitas tidur dengan kebugaran jasmani siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani, 9(01), 43–52.

Han, G. S. (2018). The relationship between physical fitness and academic achievement among adolescent in South Korea. Journal of Physical Therapy Science, 30(4), 605–608.

Hartono, R., Suherman, A., & Rusdiana, A. (2014). Pengaruh model Sport Education terhadap motivasi dan intensitas belajar gerak siswa pada penjasorkes. Edusentris, 1(3), 213–226.

Kamaruddin, I., Hasanuddin, M. I., Hasyim, M. Q., Jumaking, Fadlih, A. M., Nilawati, I., Sutriawan, A., Amin, N., Lestari, Y. N., Agustiawan, Bile, R. L., Puspitarini, E. D., & Candra, O. (2023). Fisiologi olahraga. Global Eksekutif Teknologi.

Lengkana, A. S., & Muhtar, T. (2021). Pembelajaran kebugaran jasmani. CV Salam Insan Mulia.

Listyanto, A. (2015). Hubungan kebiasaan merokok dengan tingkat kebugaran jasmani (studi pada siswa kelas Xi SMA Negeri 1 Pacet Mojokerto). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(1), 208–210.

Muslimin, M., Pd, Asmawi, P. D. M., & Samsudin, D. (2021). Model latihan keterampilan bola voli: Model latihan ketepatan service dan smash bola voli berbasis media sensor. Bening Media Publishing.

Nugroho, R. A. A., & Sudarso, S. (2022). Perbandingan minat belajar siswa pada pembelajaran PJOK dalam proses pembelajaran daring dan pembelajaran luring. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(10), 2277–2286.

Nurhasan. (2011). Menjaga kebugaran jasmani. Abil Pustaka.

Ovalia, S., Priyono, B., Sulaiman, S., & Saputra, S. A. (2019). Sello aerobic gymnastics mode. Journal of Physical Education and Sports, 8(5), 152–156.

Pangraita, G. N., Tresnowati, I., Widya, M., Januar, A. S., & Amar, M. (2021). Profil tingkat kebugaran jasmani mahasiswa. CV. Pilar Nusantara.

Pratama, D. A., & Winarno, M. E. (2022). Hubungan status gizi dan kebugaran jasmani terhadap hasil belajar penjas siswa SMA: Literature Review. Sport Science and Health, 4(3), 238–249.

Pujianto, D. (2019). Aktivitas jasmani dan persepsi gerak anak usia dini. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 2(1), 79–87.

Rismayanthi, C. (2012). Hubungan status gizi dan tingkat kebugaran jasmani terhadap prestasi hasil belajar mahasiswa. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 42(1).

Riyanto, P., & Betaubun, P. (2019). Effect of student learning model on emotional intelligence. International Journal of Management (IJM), 10(6).

Saleh, M. S., & Ramdhani, S. (2020). Survei sarana dan prasarana pendidikan jasmani dan tingkat kesegaran jasmani siswa kelas viii SMP PGRI Barembeng Kabupaten Gowa. Journal Coaching Education Sports, 1(1).

Saputra, S. A. (2020). Menjaga imunitas dan kesehatan tubuh melalui olahraga yang efektif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 33–42.

Setyawan, A. W., & Wahyuni, E. S. (2018). Survei tingkat kebugaran jasmani pada siswa SMP Negeri 1 Sampang (Studi pada siswa kelas VII). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(2).

Suharsimi, A. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. PT. Rineka Cipta.

Sulistiono, A. A. (2014). Kebugaran jasmani siswa pendidikan dasar dan menengah di Jawa Barat. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(2), 223–233.

Sumbodo, P. P. (2016). Penerapan metode kooperatif tipe teams games tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan bolavoli pada siswa kelas xi TSM SMK Murni 1 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016.

Taufikkurachman, T. (2019). Hubungan penggunaan smartphone terhadap tingkat obesitas dan kebugaran jasmani siswa SMPN 1 Jombang usia 13-15 tahun. Jurnal Sporta Saintika, 4(1), 41–57.

Utari, A. (2007). Hubungan indeks massa tubuh dengan tingkat kesegaran jasmani pada anak usia 12-14 tahun. Semarang: Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Downloads

Published

30-04-2024

Issue

Section

Articles