Survei Masalah yang Dihadapi Oleh Guru PJOK dalam Melaksanakan Pembelajaran di Masa Pandemi di SDN Se-Kabupaten Malang

Authors

  • Asrul Maulia Napsih Universitas Negeri Malang
  • Mu’arifin Mu’arifin Universitas Negeri Malang
  • ME Winarno Universitas Negeri Malang
  • Dona Sandi Yudasmara Universitas Negeri Malang

Keywords:

teacher's problem, pjok learning, online, permasalahan guru, pembelajaran pjok, daring

Abstract

Abstract:This study aims to identify problems that arise in the implementation of PJOK learning in elementary schools throughout Malang Regency during the COVID-19 pandemic. This study used survey methods combined with quantitative descriptive research and descriptive qualitative. This study involved 28 PJOK teachers as participants. The instruments used include interviews and questionnaires distributed through a Google Form with 20 questions. The quantitative descriptive approach is used as a data analysis technique by calculating the percentage of data, as well as a qualitative descriptive approach through interviews. It can be seen from the results of the study, that there are several problems in the aspect of learning planning. Of the 28 respondents, 48 persen were undecided about this aspect. In addition, in the aspect of learning implementation, 12 persen of respondents expressed disapproval, as well as in the aspect of learning evaluation, 12.5 persen of respondents also disagreed. Based on these findings, it can be concluded that teachers continue to carry out PJOK learning during the COVID-19 pandemic using online learning methods. However, the implementation of online learning is generally considered less effective. Special attention is needed for students who experience obstacles in accessing learning media, facilities and infrastructure, and internet access. In addition, supervision of teachers and parents also needs to be improved to ensure students can undergo online learning well.

Abstrak:Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan pembelajaran PJOK di sekolah dasar se Kabupaten Malang selama pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode survei dikombinasikan dengan penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Penelitian ini melibatkan 28 guru PJOK sebagai partisipan. Instrumen yang digunakan meliputi wawancara dan kuesioner yang disebar melalui Google Form dengan 20 pertanyaan. Pendekatan deskriptif kuantitatif digunakan sebagai teknik analisis data dengan menghitung persentase data, serta pendekatan deskriptif kualitatif melalui wawancara. Dapat diketahui dari hasil penelitian, bahwa terdapat beberapa permasalahan dalam aspek perencanaan pembelajaran. Dari 28 responden, 48 persen merasa ragu-ragu terkait aspek tersebut. Selain itu, dalam aspek pelaksanaan pembelajaran, 12 persen responden menyatakan tidak setuju, begitu pula dalam aspek evaluasi pembelajaran, 12,5 persen responden juga tidak setuju. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa guru-guru tetap melaksanakan pembelajaran PJOK selama pandemi COVID-19 dengan menggunakan metode pembelajaran daring. Meskipun demikian, pelaksanaan pembelajaran daring secara umum dianggap kurang efektif. Diperlukan perhatian khusus terhadap siswa yang mengalami kendala dalam mengakses media pembelajaran, sarana dan prasarana, serta akses internet. Selain itu, pengawasan terhadap guru dan orang tua juga perlu ditingkatkan untuk memastikan siswa dapat menjalani pembelajaran daring dengan baik.

References

Agustini, P. P., Kristiantari, R., & Putra, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Menyimak Tema Sejarah Peradaban Indonesia Pada Siswa Kelas V SDN 8 Sumerta. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1), 11–14. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7265

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya Offset.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880–889. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.476

Baidhori, A. (2020). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Blended Learning. Prosiding Seminar Nasional Profesionalisme Tenaga Profesi PJOK, 228–236.

Depdiknas. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahin 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Sekretariat Negara (Issue 1).

Dewi, R. P., & Sepriadi. (2021). Minat Siswa SMP Terhadap Pembelajaran PJOK Secara Daring Pada Masa New Normal. Physical Activity Journal (PAJU), 2(2), 205–215. https://doi.org/https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.2.2.3988

Dolong, H. M. J. (2016). Teknik analisis dalam komponen pembelajaran. V, 293–300.

Elis RatnaWulan, H. A. R. (2015). Evaluasi Pembelajaran. PUSTAKA SETIA.

Fauziyah, N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Pendidikan Islam. Al-Mau’izhoh, 2(2). https://doi.org/10.31949/am.v2i2.2294

Gleddie, D. L., & Morgan, A. (2021). Physical Literacy Praxis : A Theoretical Framework for Transformative Physical Education. PROSPECTS, 50(1), 31–53. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09481-2

Hasanah, N. R., Adi, I. P. P., & Suwiwa, I. G. (2021). Survey Pelaksanaan Pembelajaran PJOK Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kejaora: Jurnal Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga, 6(1), 189–196.

Hidayat, W. (2021). Pentingnya Jaringan Internet Untuk Pendidikan Mata Pelajaran Btq Di Sd Muhammadiyah Tanjungkulon Masa Pandemi Covid-19. 4, 39–57.

Hisbullah. (2020). Implementasi Manajemen Pembelajaran Kurikulum 2013 di MI Darul Khaeriyah Kecamatan Suli Kabupaten Luwu. Jurnal Pendidikan: Didaktika, 9(1), 9–24.

Isnawati, Jalinus, N., & Risfendra. (2020). Analisis Kemampuan Pedagogi Guru SMK yang Sedang Mengambil Pendidikan Profesi Guru dengan Metode Deskriptif Kuantatif dan Metode Kualitatif. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(1), 37–44. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i1.652

Ivanova, T., Gubanova, N., Shakirova, I., & Masitoh, F. (2020). Educational Technology as One of the Terms for Enhancing Public Speaking Skills. Universidad Y Sociedad, 12(2), 154–159.

Izzaty, R. E., Astuti, B., & Cholimah, N. (2020). Hambatan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Materi Atletik pada Kondisi Belajar dari Rumah di Tingkat SMP se-Kabupaten Kulon Progo. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Achmad Jayul 1) , Edi Irwanto 2) 1). 6(2), 190–199.

Jenkinson, K. A., Naughton, G., Benson, A. C., Jenkinson, K. A., Naughton, G., & Benson, A. C. (2014). Peer-assisted learning in school physical education , sport and physical activity programmes : a systematic review. 8989. https://doi.org/10.1080/17408989.2012.754004

Kemendikbud. (2020). Surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/.

Ketaren, A. M. A., Kanca, I. N., & Parta lesmana, K. Y. (2021). Efektivitas Proses Pembelajaran Luring Peserta Didik Yang Tinggal Di Asrama Dan Daring Bagi Peserta Didik Di Luar Asrama Terhadap Hasil Belajar Pjok. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha, 9(1), 29. https://doi.org/10.23887/jjp.v9i1.36744

Kristiawan, M. (2014). A Model for Upgrading Teachers’ Competenceon Operating Computer as Assistant of Instruction. Global Journal of Human Social Science, 14(5).

Lestari, W. T., & Winarno, M. E. (2020). Efektifitas Waktu Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di UPT Sekolah Dasar. Sport Science and Health, 2(9), 464–470. https://doi.org/http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/index

Nakayama, M., Yamamoto, H., & Santiago, R. (2007). The Impact of Learner Characteristics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students Minoru. Electronic Journal E-Learning, 5(3), 195–206.

Noprisson, H. (2020). A Survey of the Online Learning Implementation During COVID-19 Outbreak. International Journal of Recent Contributions from Engineering, Science & IT (iJES), 8(4), 18. https://doi.org/10.3991/ijes.v8i4.17913

Nugraha, W. (2019). Safety Documentation : A Communication Approach for Safety Management System in Aerodrome Operator. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(11), 1705–1711.

Nur, M., Pradipta, D. G., & Maliki, O. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pjok Siswa Kelas Ix Di Mtsn 2 Semarang Selama Pandemi Covid–19. Seminar Nasional Keindonesiaan (FPIPSKR), 2(1), 108–125.

Primasari, I. F. N. D., & Zulela. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 64–73.

Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal of Sport Education, 2(1), 10–15.

Sudarsono. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Daring PJOK Masa Pandemi Covid-19 Melalui Model Classroom pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Bugangan 03 Kota Semarang. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 2(1), 90–104. https://doi.org/10.51874/jips.v2i1.17

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Afabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Triaca, L. M., Frio, G. S., & França, M. T. A. (2019). A Gender Analysis of the Impact of Physical Education on the Mental Health of Brazilian Schoolchildren. SSM - Population Health, 8, 2–9. https://doi.org/10.1016/j.ssmph.2019.100419

Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2020). Dramatik Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Persepsi Mahasiswa PGSD Undiksha). MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 515–526.

Downloads

Published

30-04-2024

Issue

Section

Articles