Survei Tingkat Keterampilan Motorik Kasar Pada Siswa Kelas Rendah di SDN Kecamatan Dau Kabupaten Malang

Authors

  • Nabilah Qonita Anjani Universitas Negeri Malang
  • Lokananta Teguh Hari Wiguno Universitas Negeri Malang
  • Arief Darmawan Universitas Negeri Malang
  • Sugiyanto Sugiyanto Universitas Negeri Malang

Keywords:

low grade students, gross motor skills, test of gross motor development-2, siswa kelas rendah, keterampilan motorik kasar, TGMD-2

Abstract

Abstract: Physical education lessons at elementary school for lower-grade children study material about basic movements, variations, and combinations of locomotor, non-locomotor, and manipulative movements. In fact, the view of school quality in the community is that learning in SDN accredited A has aspects of better standards or quality. The results of field interviews with PJOK SDN teachers who were accredited A in Dau District, Malang Regency, revealed that the status of gross motor skills of low-grade students at the school was unknown. With the unknown status of gross motor skills of low-grade students in SDN accredited A in Dau District, Malang Regency. So this problem is used as the main background in this research. This study aims to describe the results of the level of gross motor skills of low-grade students. The framework used in this research is combined with a survey and uses a quantitative descriptive method. The instrument used was the Gross Motor Development-2 Test (TGMD-2) with a sample of 198 students. The results of this study showed that the level of gross motor skills in low-grade students was classified as an average category with a score of 95.9697, then for the standard deviation value, a score of 7.8086 was obtained.

Abstrak: Pembelajaran pendidikan jasmani di SDN pada anak kelas bawah mempelajari materi tentang gerak dasar, variasi, dan kombinasi dari gerakan lokomotor, non-lokomotor, dan manipulative. Pada faktanya bahwa pandangan mutu sekolah dimasyarakat bahwa pembelajaran di SDN terakreditasi A memiliki aspek standar yang lebih baik atau berkualitas. Hasil wawancara dilapangan pada narasumber guru PJOK SDN terakreditasi A se-Kecamatan Dau Kabupaten Malang bahwa belum diketahui status keterampilan motorik kasar siswa kelas rendah disekolah tersebut. Dengan belum diketahuinya status keterampilan motorik kasar siswa kelas rendah di SDN terakreditasi A se-Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Maka masalah ini dijadikan latar belakang utama pada penilitian tersebut. Studi ini ditujukan guna mendeskripsikan hasil tingkat keterampilan motorik kasar siswa kelas rendah. Kerangka yang digunakan pada penilitian ini dipadu dengan survey serta menggunkan metode deskriptif kuantitatif. Instrument yang digunakan Tes Gross Motor Development-2  (TGMD-2) dengan sampel berjumlah 198 siswa. Hasil penelitian yang di lakukan ini menunjukan tingkat keterampilan motorik kasar pada siswa kelas rendah tergolong kategori rata-rata dengan nilai skor 95,9697, kemudian untuk nilai standar deviasi mendapatkan hasil skor 7.8086.

References

Aguss, R. M. (2020). Pengembangan Model Permainan Sepatu Batok untuk PembelajaranSepak Bola Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SiswaSekolah Dasar. SPORT-Mu: Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(01), 01.

Alit, I. G. A. N. (2019). Model Pembelajaran Direct Instruction Dengan Metode Demonstrasi Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa Kelas iii Semester i Tahun Pelajaran 2018/2019 SD Negeri 22 Dauh Puri. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 73–81.

Apriyani, I., Suntoda, A., & Budiman, D. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas Test Of Gross Motor Development-2 (TGMD-2) Dale A. Ulrich Pada Anak 9 Tahun. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 2(1), 1.

Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1), 1. https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666

Arifiyanti, N., Fitriana, R., Kusmiyati, R., Sari, N. K., & Usriyah, S. (2019). Motorik Kasar Anak Usia Dini. Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 2(1), 1.

Bakhtiar, S. (2014). Strategi Pembelajaran, Lokasi Sekolah, Dan Kemampuan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2), 127–133.

Bangun, S. Y. (2016a). Pengembangan pengetahuan anak difabel melalui pendidikan jasmani olahraga dan outbound. Journal Physical Education, Health and Recreation, 1(1), 70–77.

Bangun, S. Y. (2016b). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikandi Indonesia. Jurnal Publikasi Pendidikan, 6(3), 157.

Budiman, S., & Suharto, A. W. B. (2021). Filsafat Ilmu Pendidikan Islam Dalam Perspektif Pendidikan Jasmani. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5 (3), 505–514.

Chiva-Bartoll, O., Ruiz-Montero, P. J., Martín-Moya, R., Pérez López, I., Giles Girela, J., García-Suárez, J., & Rivera García, E. (2019). University Service-Learning in Physical Education and Sport Sciences: A systematic review. https://doi.org/10.5209/rced.60191

Dini, J. (2022). Analisis Perkembangan Motorik Kasar Anak di Taman Kanak–Kanak Buton Selatan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3429–3438.

Dini, J. P. A. U. (2021). Perkembangan Karakter Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1133.

Fadhullah, R. F. (2020). Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik Kasar Pada Kelas Rendah Usia 7-9 tahun SD se-gugus 05 Kecamatan Klojen Kota Malang. Universitas Negeri Malang.

Fitriani, N. I., & Bayu, W. I. (2019). Analisis kemampuan gerak dasar motorik peserta didik usia 7-10 tahun. Seminar Nasional Olahraga, 1(1).

Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan fisik motorik anak usia dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25–34.

Hafidz, I. A., Syafei, M. M., & Afrinaldi, R. (2021). Survei Pengetahuan Siswa Terhadap Pembelajaran Atletik Nomor Lompat Jauh di SMAN 1 Rengasdengklok. Jurnal Literasi Olahraga, 2(2), 2.

Hanifah, P. A., & Oktadinata, A. (2020). Mengembangkan keterampilan motorik kasar pada siswa taman kanak-kanak melalui permainan modifikasi. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(3), 575–587.

Harlina, H., & Wardarita, R. (2020). Peran Pembelajaran Bahasa dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 63–68.

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model pembelajaran daring sebagai alternatif proses kegiatan belajar pendidikan jasmani di tengah pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199.

Kawuryan, S. P. (2011). Karakteristik Siswa SD Kelas Rendah dan Pembelajarannya.

Khadijah, K. (2015). Media Pembelajaran Anak Usia Dini.

Kiram, P. H. Y. (2019). Belajar keterampilan motorik. Prenada Media.

kurniawan, A., & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Pandiva Buku.

LUSIANTI, S., & PUSPODARI, P. (2019). Tingkat Kemampuan Motorik Kasar Siswa Sekolah Dasar Laboratorium Universitas Nusantara PGRI Kediri Tahun 2019. 1–6.

Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science And Education Journal, 1(1), 1.

Mahfud, I., & Yuliandra, R. (2020). Pengembangan Model Gerak Dasar Keterampilan Motorik Untuk Kelompok Usia 6-8 Tahun. SPORT-Mu: Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(01), 54–66.

Mahmud, B. (2019). Urgensi stimulasi kemampuan motorik kasar pada anak usia dini. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(1), 76–87.

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’: Journal of Gender Studies, 13(1), 116–152.

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Indonesia abad 21. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 422–438.

Ndeot, F., Sum, T. A., & Ndinduk, F. D. (2022). Analisis Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1–12.

Nofianti, R. (2020). Upaya meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menggunting dengan menggunakan pola pada anak usia dini. Jurnal Abdi Ilmu, 13(1), 115–130.

Nugroho, B. W., & Putra, R. B. A. (2022). Tingkat Penggunaan Smartphone pada Perkembangan Motorik Anak Usia 7- 10 Tahun di Kelurahan Beji Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Indonesian Journal for Physical Education and

O’Donnell, C., Sandford, R., & Parker, A. (2020). Physical education, school sport and looked-after-children: Health, wellbeing and educational engagement. Sport, Education and Society, 25(6), 605–617.

Okilanda, A. (2018). Revitalisasi Masyarakat Urban/Perkotaan Melalui Olahraga Petanque. Halaman Olahraga Nusantara : Jurnal Ilmu Keolahragaan,

Pratama, H. G., Santika, I. G. P. N. A., & Santoso, D. A. (2021). Profil Motorik Kasar Kelas Rendah SDN 1 Sumbergedong Trenggalek. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi,

Pratiwi, S., & Rosifa, I. (2022). Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Ayam Dan Musang (Penelitian Di KB Al-Hujarot Sucinaraja Kabupaten Garut). Anaking-Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 171–179.

Quennerstedt, M. (2019). Physical education and the art of teaching: Transformative learning and teaching in physical education and sports pedagogy. Sport, Education and Society, 24(6), 611–623. https://doi.org/10.1080/13573322.2019.1574731

Rhomadona, S. W. (2020). Gambaran Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Motorik Pada Balita Usia 4-5 Tahun Di Tk Siswa Harapan, Ciliwung-Surabaya. Jurnal Kebidanan, 9(1), 1–9.

Rohmah, A. M. (2013). Peran Kegiatan Tari Untuk Mengembangkan Kemampuan motorik kasar Anak Kelompok B Di TK Muslimat Mazraatul Ulum II Paciran Lamongan. PAUD Teratai, 2(1), 1–7.

Saripudin, A. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(1), 1. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i1.5161

Setiawan, A. (2017). Hubungan Authentic Assessment Dengan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani: JUARA : Jurnal Olahraga, 2(2), 2. https://doi.org/10.33222/juara.v2i2.41

Setiawan, V. (2022a). Pengaruh Modifikasi Permainan Bola Basket Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 3(3), 538–543.

Setiawan, V. (2022b). Pengaruh Modifikasi Permainan Bola Basket Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 3(3), 3. https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i3.8966

Setiyawan, S. (2017). Visi Pendidikan Jasmani dan Olahraga. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1), 1. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/543

SUARDIKA, P., Marhaeni, M. P. A. N., & Koyan, M. P. P. I. W. (2014). Analisis Kesiapan Pemenuhan Aspek-Aspek Akreditasi Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Gerokgak [PhD Thesis]. Ganesha University of Education.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (10th ed.). Alfabeta.

Sugiyono, Prof. Dr. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif (Cetakan ke 19). Alfabeta.

Sunaengsih, C. (2016). Pengaruh media pembelajaran terhadap mutu pembelajaran pada sekolah dasar terakreditasi A. Mimbar sekolah dasar, 3(2), 183–190.

Sunanto, S., Mariati, P., & Suryanti, Y. A. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Gerak Tari Pitik Cilik untuk Anak Usia 3-4 Tahun di PPT Mekar Sari Kecamatan Wonocolo Surabaya. Sentra Cendekia, 1(1), 22–28.

Ulfa, M. (2020). Peran Keluarga dalam konsep psikologi perkembangan anak usia dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 3(1), 20–28.

Ulrich, D. A. (2000). Tes Gross Motor Development-2 (second edition).

Usuludin, M. M., & Sulaiman, S. (2022). Survei Tingkat Kondisi Fisik Atlet Remaja Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Tegal Tahun 2022. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 3(2), 376–382.

Widiyanti, W., Maharani, T., & Malik, H. A. (2021). Peningkatan keterampilan motorik kasar melalui permainan lompat tali. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 16–21.

Widodo, A. (2018). Makna dan Peran pendidikan jasmani dalam pembentukan insan yang melek jasmaniah/ter-literasi jasmaniahnya. Motion: Jurnal Riset Physical Education, 9(1), 53–60.

Yudaparmita, G. N. A., & Adnyana, K. S. (2021). Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Pada Peserta Didik. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 183–190.

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe penelitian deskripsi dalam ilmu komunikasi. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90.

Zulvira, R., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1.

Downloads

Published

30-01-2024

Issue

Section

Articles