Studi Korelasi Persepsi Terhadap Iklan Rokok dengan Perilaku Merokok Remaja di Kecamatan Sukun, Kota Malang

Authors

  • Nur Vina Aracely Universitas Negeri Malang
  • Sapto Adi Universitas Negeri Malang
  • Suci Puspita Ratih Universitas Negeri Malang
  • Supriyadi Supriyadi Universitas Negeri Malang

Keywords:

Perception, Smoking behavior in Adolescence, Cigarette advertisement, Persepsi, Iklan rokok, Perilaku merokok remaja

Abstract

Abstract: Smoking behavior in adolescents is a trend that is growing significantly and is projected to increase the death rate due to smoking to eight million per year by 2030. Based on BPS data in 2019, the percentage of the teenage smoker population in East Java Province reached 26.4%, with the prevalence in the city of Malang reaching 43.7%. Exposure to cigarette advertisements is one of the most influential risk factors for smoking behavior, because it is able to influence the psychological atmosphere and mindset of adolescents as a result create positive perceptions that make adolescents immune to the truth that cigarettes are very dangerous. This study aims to determine the significance, strength, and direction of the relationship between perceptions of cigarette advertisements and smoking behavior in adolescents. This study used a cross-sectional method which was measured quantitatively with a total sample of 119 high school students in Sukun District who were taken using cluster random sampling. The data obtained in this study were tested using the Spearman rank (rho). This study shows that there is a significant positive relationship between perceptions of cigarette advertisements and smoking behavior in adolescents (p value = 0.000) with a very strong correlation coefficient of 0.796

Abstrak: Perilaku merokok pada remaja merupakan tren yang berkembang signifikan dan diproyeksikan mampu merealisasikan peningkatan angka kematian akibat rokok menjadi delapan juta pertahun pada tahun 2030 apabila faktor perilaku merokok tidak dicegah. Berdasarkan data BPS tahun 2019, di provinsi Jawa Timur persentase penduduk usia remaja yang merokok mencapai 26,4% dengan prevalensi kota malang mencapai 43,7%. Paparan iklan rokok merupakan salah satu faktor resiko perilaku merokok yang paling berpengaruh, karena iklan mampu mempengaruhi suasana psikologi dan pola pikir remaja sehingga menciptakan persepsi positif yang menjadikan remaja menjadi kebal terhadap kebenaran bahwa konsumsi rokok sangat berbahaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui signifikansi, kekuatan, serta arah hubungan persepsi iklan rokok dengan perilaku merokok pada remaja. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional yang diukur secara kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 119 siswa SMA sederajat di Kecamatan Sukun dengan teknik pengambilan data secara cluster random sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diuji menggunakan uji spearman rank (rho). Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan positif antara persepsi iklan rokok dengan perilaku merokok pada remaja (p value=0,000) dengan koefisien korelasi sangat kuat senilai 0,796.

References

Afifah, N. (2018). ANALISIS PERILAKU MEROKOK PADA SISWA SMP SRIGUNA PLAJU PALEMBANG : KAJIAN TEORI PERILAKU BERENCANA. Skripsi, 1(1), 1–30. Retrieved from https://repository.unsri.ac.id/14226/2/RAMA_ 13201 _10011181419276_8886630017_01_front_ref.pdf

Afif, A. N., & Astuti, K. (2017). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Iklan Rokok Dengan Perilaku Merokok Pada Remaja. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 17(1), 1. https://doi.org/10.26486/psikologi.v17i1.680

Armando, N. M., & Hendriyani. (2017). REGULASI TENTANG IKLAN ROKOK DI MEDIA PENYIARAN TIDAK MELINDUNGI ANAK DAN REMAJA. Comicos 2017, 1031–1053.

Artitho, M. D. (2016). Iklan dan Minat Konsumsi ((Studi Korelasional Tentang Pengaruh Iklan Rokok Yang Menampilkan Unsur Olahraga Ekstrim Dan Kejantanan Terhadap Minat Masyarakat Mengkonsumsi Rokok Di Kelurahan Bantan, Kecamatan Medan-Tembung).

Asmaunizar. (2019). Pengaruh Iklan Bahaya Merokok Terhadap Tingkat Konsumsi Rokok Pada Masyarakat Pekerja Keras/Tukang Bangunan Di Gampong Keutapang Lhoksukon Aceh Utara. Al-Idarah: Jurnal Manajemen Dan Administrasi Islam, 2(2), 127. https://doi.org/10.22373/al-idarah.v2i2.4460

Fransiska, M., & Firdaus, P. A. (2019). Faktor yang berhubungan dengan Perilaku Merokok pada Remaja Putra SMA X Kecamatan Payakumbuh. Jurnal Kesehatan, 10(1), 11. https://doi.org/10.35730/jk.v10i1.367

Hasanah, R., Gayatri, R. W., & Ratih, S. P. (2021). Pengaruh Iklan terhadap Perilaku Merokok Siswa: Literature Review. Sport Science and Health, 3(10), 757–760. https://doi.org/10.17977/um062v3i102021p757-760

Karlina, N. (2020). PENGARUH IKLAN, MEREK DAN KEMASAN PRODUK ROKOK SAMPOERNA A MILD TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Ekonomi Universitas Tridinanti). In Thesis (Vol. 25). Retrieved from http://dx.doi.org/10.1016/j.jss.2014.12.010%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.03.034%0Ahttps://www.iiste.org/Journals/index.php/JPID/article/viewFile/19288/19711%0Ahttp://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.678.6911&rep=rep1&type=pdf

Kemenkes RI. (2020). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019. In Kementrian Kesehatan Repoblik Indonesia (Vol. 42). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Indonesia tahun 2018. Riset Kesehatan Dasar 2018, pp. 182–183.

Kim, M., Popova, L., Halpern-Felsher, B., & Ling, P. M. (2019). Effects of e-Cigarette Advertisements on Adolescents’ Perceptions of Cigarettes. Health Communication, 34(3), 290–297. https://doi.org/10.1080/10410236.2017.1407230

Laili, Z., Puspita Ratih, S., Anshari, D., Damayanti, R., Salim Al Shamsi, H., & Ghthaith Almutairi, A. (2020). Regulating Electronic Cigarettes: A Content Analysis of Indonesian News Articles.

Larasati, D., Wahyudi, I., & Widiantoro, Fx. W. (2019). Hubungan Antara Konsep Diri dengan Perilaku Merokok pada Remaja Awal. Jurnal Psikohumanika VoIume 2, Nomer 2, 15(1), 20–26.

Larasati, E. R., Saraswati, W., Setiawan, H. U., Rahma, S. S., Gianina, A., Estherline, C. A., … Nugraheni, G. (2019). Motivasi Berhenti Merokok pada Perokok Dewasa Muda Berdasarkan Transtheoretical Model (TTM). Jurnal Farmasi Dan Ilmu Kefarmasian Indonesia, 5(2), 85. https://doi.org/10.20473/jfiki.v5i22018.85-92

Munir, M. (2019a). Gambaran Perilaku Merokok Pada Remaja Laki-Laki. Jurnal Kesehatan, 12(2), 112. https://doi.org/10.24252/kesehatan.v12i2.10553

Munir, M. (2019b). PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG RISIKO MEROKOK PADA SANTRI MAHASISWA DI ASRAMA UIN SUNAN AMPEL SURABAYA. Advances in Science, Technology and Engineering Systems, 4(4), 115–120. https://doi.org/10.25046/aj040413

Notoadmodjo, S. (2019). Promosi Kesehatan & Prilaku Kesehatan. In Jakarta: EGC.

Nurhidayah, Z. W., Gayatri, R. W., & Ratih, S. P. (2021). Pengaruh Kenaikan Harga Rokok terhadap Perilaku Merokok pada Kelompok Usia Remaja: Literature Review. Sport Science and Health, 3(12), 976–987. https://doi.org/10.17977/um062v3i122021p976-987

Nurlikasari, A., Rachmawati, K., & Rahmayanti, D. (2021). Hubungan Persepsi Visual Gambar Bahaya Merokok pada Bungkus Rokok dengan Perilaku Merokok Remaja Laki-laki di SMK X Banjarbaru Merokok merupakan tingkah laku yang dapat membuat munculnya berbagai macam gangguan kesehatan mengandung bahan yang berbahaya . Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan, 9(April), 152–160. https://doi.org/10.20527/dk.v9i1.8368

Prasetya, I., & Nugroho, A. (2021). Reviu Strategi Pencegahan Perilaku Berisiko pada Pemuda di RPJMN 2020 — 2024 Review of Risky Behavior Prevention Strategies in Youth in RPJMN 2020 — 2024. 129–141.

Putra, H. S., Rosemary, R., Yanuar, D., & Ahsan, A. (2020). The effect of cigarette advertising on smoking behaviour of students in Banda Aceh City, Indonesia. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 36(2), 348–363. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2020-3602-21

Putri, N. P. (2018). Persepsi Perokok Surabaya Terhadap Pesan Iklan Layanan Masyarakat Mengenai Bahaya Merokok. Jurnal PROMKES, 5(2), 205. https://doi.org/10.20473/jpk.v5.i2.2017.205-216

Ramadhana, M. B., Firmansyach, T. A., & Fakhri R, M. A. (2020). Representasi Identitas Maskulinitas dalam Iklan Rokok Gudang Garam Pria Punya Selera. Jurnal Audiens, 1(2). https://doi.org/10.18196/ja.12028

Raya, R. I., Yunus, M., & Adi, S. (2019). Hubungan Intensitas Aktivitas Fisik dan Masa Kerja dengan Prevalensi dan Tingkatan Low Back Pain pada Pekerja Kuli Angkut Pasir. Sport Science and Health, 1(2), 102–109.

Riskesdas. (2018). HASIL UTAMA RISKESDAS 2018 Kesehatan [Main Result of Basic Heatlh Research]. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 52. https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1751- 8113/44/8/085201

Rohmani, A., Yazid, N., & Rahmawati, A. A. (2018). Rokok Elektrik dan Rokok Konvensional Merusak Alveolus Paru. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 1, 27–32. Retrieved from http://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/view/21/13

Sari, L. P. (2023). Persepsi remaja desa tanjung betung kecamatan rao selatan kabupaten pasaman terhadap iklan rokok skripsi.

Sinaga, S. E. N. (2019). Hubungan Antara Pengetahuan Tentang Rokok, Teman Sebaya, Orang Tua Yang Merokok, Dan Iklan Rokok Terhadap Perilaku Merokok Pada Mahasiswa Akademi Kesehatan X Di Rangkasbitung. Community of Publishing in Nursing (COPING), ISSN: 2303-1298, 4(2), 1–5.

Sujarwo, A., Rahardjo, B., & Haryanti, T. (2019). Persepsi Pejabat Tentang Iklan Rokok dan Dampaknya Terhadap Kesehatan Masyarakat Di Kantor Pelayanan Pajak Kota Yogyakarta Perception of Officials about Cigarette Advertising and Its Impact on Community Health at The Tax Service Office Yogyakarta. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat Berkala, 1(1), 8–13. https://doi.org/.https://doi.org/10.32585/jikemb.v1i1.692

Talakua, Y. (2018). Persepsi Masyarakat Terhadap Iklan Rokok di Negeri Passo, Kecamatan Baguala, Kota Ambon. Simulacra: Jurnal Sosiologi, 1(1), 65–78. https://doi.org/10.21107/sml.v1i1.4985

Wahyudi, Y. (2018). Survey Perilaku Merokok Pada Remaja SMA di Malang. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 3(1), 109.

WHO. (2019). WHO global report on trends in prevalence of tobacco use 2000-2025 third edition WHO global report on trends in prevalence of tobacco use 2000-2025, third edition. Geneva: World Health Organozation, 10. Retrieved from http://apps.who.int/bookorders.

Windira, R. S. (2016). Hubungan Persepsi Visual Gambar Patologi Bahaya Merokok Pada Bungkus Rokok Dengan Perilaku Merokok Pada Remaja Di SMKN 2 Jember. In Digital Repository Universitas Jember. Retrieved from http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/75992/Dian Pratiwi - 132310101064 -1.pdf?sequence=1

Downloads

Published

30-01-2024

Issue

Section

Articles