Tingkat Motivasi Belajar Siswa Kelas XI dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani pada Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Menengah Kejuruan Tulungagung

Authors

  • Mohammad Zainur Rozikin Universitas Negeri Malang
  • Usman Wahyudi Universitas Negeri Malang
  • Rama Kurniawan Universitas Negeri Malang
  • Fahrial Amiq Universitas Negeri Malang

Keywords:

learning Motivation, physical education, covid-19, motivasi belajar, pendidikan jasmani

Abstract

Abstract: The essence of a learning motivation is described as a desire or desire that comes from humans to obtain learning achievements. The purpose of the study was to identify the learning motivation strata of grade XI students in CHD subjects during the COVID-19 pandemic, especially at SMK Negeri Se-Kecamatan Boyolangu, Tulungagung Regency. The research method is the descriptive method. The results of the study if in each vocational school show different averages in the benchmark assessment of the level of learning motivation. SMK Negeri 1 Boyolangu itself obtained an average data of 72.65. while SMK Negeri 2 Boyolangu obtained an average score of 62.59. Furthermore, SMK Negeri 3 Boyolangu obtained an average score of 68.59 which overall from the accumulated average level of motivation to study at SMK Negeri Se-Kecamatan Boyolangu was 68.06. The data was summarized precisely so that it was traced that the existence of student motivation levels in PJOK subjects in class XI during the pandemic was in the "Good" category with each detail of SMK Negeri 1 Boyolangu and SMK Negeri 3 Boyolangu obtaining the good category while SMK Negeri 2 Boyolangu obtaining the low category.

Abstrak: Esensi sebuah motivasi belajar yang dideskripsikan sebagai keinginan atau hasrat yang berasal dari manusia untuk memperoleh capaian belajar. Tujuan penelitian mengidentifikasi dalam strata motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PJK sewaktu pandemic COVID-19 khususnya di SMK Negeri Se-Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Metode penelitian yaitu metode deskriptif. Perolehan hasil penelitian jika dalam masing-masing SMK menunjukkan rata-rata yang berbeda dalam tolak ukur penilaian tingkat motivasi belajar. SMK Negeri 1 Boyolangu sendiri memperoleh data rata-rata 72.65. sedangkan SMK Negeri 2 Boyolangu memperoleh nilai rata-rata 62.59. selanjutnya SMK Negeri 3 Boyolangu memperoleh rata-rata nilai 68.59 yang mana keseluruhan dari akumulasi rata-rata tingkat motivasi belajar di SMK Negeri Se-Kecamatan Boyolangu adalah 68.06. perolehan data tersebut dirangkum secara tepat sehingga ditelusuri bahwa keberadaan tingkat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PJOK di kelas XI sewaktu pandemic dalam kategori “Baik” dengan masing-masing rincian SMK Negeri 1 Boyolangu dan SMK Negeri 3 Boyolangu memperoleh kategori baik sedangkan SMK Negeri 2 Boyolangu memperoleh kategori rendah.

References

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80–86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Arikunto, S. (2010). Metode Penelitian (Studi Pendekatan Praktik). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bannebua, F., Suhardianto, S., Ismail, A., & Irfan, I. (2021). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada the Survey of Student ’ Learning Motivation in Learning Sports Physical Education and Health for Class Xi Students of Sma Negeri 4 North Toraja. KAPASA, 1(1), 36–43.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Fatmah, A. N., Jumadi, O., & Junda, M. (2016). Pengaruh Strategi PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, 1, 59–64.

Ferraz, R., Branquinho, L., Pereira, M., Marques, M. C., Neiva, H. P., & Marinho, D. A. (2021). Intrinsic and Extrinsic Motivation in Physical Education Class and the Differences between Two Educational Pathways. International Journal of Physical Education, Fitness and Sports, 10(3), 68–83. https://doi.org/10.34256/ijpefs2138

Kirom, A. (2017). Peran Guru dan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Al Murabbi, 3(1), 69–80. http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/893

Kompri, M. P. I. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif guru dan siswa. Bandung PT Remaja Rosdakarya Offset.

Kurniawan, R. (2022). Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani. Tulungagung Akademia Pustaka.

Kurniawan, R., Heynoek, F. P., & Anggraeni, D. D. (2021). Profil Motivasi Siswa SMK dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani. 1898–1906.

Kurniawan, R., Kurniawan, A. W., & Wijaya, D. (2021). Students’ interest in physical education learning: Analysis of internal and external factors. Journal Sport Area, 6(3), 385–393. https://doi.org/10.25299/sportarea.2021.vol6(3).7402

Legault, L. (2020). Encyclopedia of Personality and Individual Differences. Encyclopedia of Personality and Individual Differences, October. https://doi.org/10.1007/978-3-319-28099-8

Masni, H. (2015). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Dikdaya, 5(1), 34–45.

Mudanta, K. A., Astawan, I. G., & Jayanta, I. N. L. (2020). Instrumen Penilaian Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(2), 101. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26611

Mukhlis, N. A., Kurniawan, A. W., & Kurniawan, R. (2022). Pengembangan Media Kebugaran Jasmani Unsur Kekuatan Berbasis Multimedia Interaktif. Sport Science and Health, 2(11), 566–581. https://doi.org/10.17977/um062v2i112020p566-581

Nopensah, Hidasari, F. P., & AndikaTriansyah. (2019). Tingkat Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran Penjasorkes Di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Pontianak. Jurnal Universitas Tanjungpura: 1-8.

Ntoumanis, N. (2017). A Self-determination approach to the understanding of motivation in physical education. British Journal of Educational Psychology, 17, 225–242.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Pambudi, H., & Kristiyandaru, A. (2021). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 09 Nomor 02 Tahun 2021. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 1(1), 27–45. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/42154

Paulina, F., Kuniawan, R., & Raya, F. (2020). Motivasi Siswa Perempuan dalam mngikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah Pertama (SMPN) Se-Kota Malang. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(2), 82–90. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpj

Rheinberg, F., & Engeser, S. (2018). Intrinsic motivation and flow. Motivation and Action, 577–622.

Rohmantunisa, S., Wahyudi, U., & Yudasmara, D. S. (2020). Survei minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolabasket pada peserta sekolah menengah pertama. Sport Science and Health, 2(2), 119–129. http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/article/view/11266/5286

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Intrinsic and Extrinsic Motivations: Classic Definitions and New Directions. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 54–67. https://doi.org/10.1006/ceps.1999.1020

Sardiman. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Shen, B., Wingert, R. K., Li, W., Sun, H., & Rukavina, P. B. (2010). An amotivation model in physical education. Journal of Teaching in Physical Education, 29(1), 72–84. https://doi.org/10.1123/jtpe.29.1.72

Simbolon, M. E. M., Firdaus, M., Etiana, E., Febriansyah, F., Pahlevi, M. L., Dara, D., Risdandi, B., & Putra, T. K. (2021). Motivasi Belajar PJOK Siswa SMA pada Masa Pandemi Covid-19. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia Volume 11. Nomor 1. Edisi Juli 2021, 11, 1–7.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Suwardi, I., & Farnisa, R. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181–202. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758

Taufiq, A., Siantoro, G., & Khamidi, A. (2021). Analisis Minat Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Daring PJOK Selama Pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) di MAN 1 Lamongan. Jurnal Education and Development, 9(1), 225–229. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2366

Trigueros, R., Mínguez, L. A., Soto-Camara, R., Aguilar-Parra, J. M., & Jahouh, M. (2020). Influence of Teaching Style on Motivation and Lifestyle of Adolescents in Physical Education. Universitas Psychologica, 19, 1–11. https://doi.org/10.11144/Javeriana.upsy19.iedm

Downloads

Published

30-01-2024

Issue

Section

Articles