Persepsi Siswa terhadap Pelaksanaan Pembelajaran PJOK pada Masa Peralihan Daring ke Tatap Muka SMAN Senduro Lumajang Tahun 2022-2023

Authors

  • Rizki Antoni Akbar Universitas Negeri Malang
  • Agus Tomi Universitas Negeri Malang
  • Dona Sandy Yudasmara Universitas Negeri Malang
  • Mu’arifin Mu’arifin Universitas Negeri Malang

Keywords:

transition, online to face-to-face, pjok, learning style, perception, peralihan, daring ke tatap muka, gaya belajar, persepsi

Abstract

Abstract: The Perception that influences this learning transition process, according to the PJOK SMAN Senduro teacher, namely the learning method that was originally online switched to face-to-face and student learning styles, referring to the explanation of the problem above has been stated, it appears that each learning model, both face-to-face learning and online learning has different learning effectiveness. This study aims to determine the factors of implementing PJOK learning during the online to face-to-face transition at SMAN Senduro, Lumajang district in 2022-2023. This research method uses a descriptive quantitative survey method with the research subjects of SMAN Senduro students totalling 101 students. The results obtained from the perception aspect of this learning method of 73% are in the good category, the visual learning style aspect is 83% and is in a good category, the auditory learning style aspect is 65% and is a good category, the kinaesthetic learning style aspect is the highest percentage. 85% is in the good category. From the results of the research that has been done, it is known that the transition period of the implementation of PJOK learning at SMA Negeri Senduro is influenced by several factors, namely students' perceptions of learning methods and student learning styles. This is evidenced by the student's perception factor on the learning method included in the good category with the highest indicator being teacher-student communication.

Abstrak: Persepsi siswa yang mempengaruhi proses peralihan pembelajaran ini, menurut guru PJOK SMAN Senduro yaitu metode pembelajaran yang semulanya daring beralih ke tatap muka dan gaya belajar siswa, merujuk pada paparan masalah diatas telah dikemukakan, efektivitas pembelajaran memiliki perbedaan karena model pembelajaran yang diterapkan karena sebelumnya dari tatap muka menjadi daring. Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor pelaksanaan pembelajaran PJOK pada masa peralihan daring ke tatap muka di SMAN Sindoro kabupaten Lumajang Tahun 2022-2023. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif survei dengan subjek penelitian siswa SMAN Senduro berjumlah 101 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh dari aspek Persepsi metode pembelajaran ini sebesar 73% masuk kategori baik, aspek gaya belajar visual diperoleh sebesar 83% dan masuk kategori baik, aspek gaya belajar auditori diperoleh sebesar 65% dan masuk kategori baik, aspek gaya belajar kinestetik diperoleh persentase paling tinggi sebesar 85% termasuk kategori baik. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan diketahui bawah masa peralihan pelaksanaan pembelajaran PJOK di SMA Negeri Senduro dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu persepsi siswa terhadap metode pembelajaran dan gaya belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan faktor persepsi siswa pada metode pembelajaran termasuk ke dalam kategori baik dengan indikator paling tinggi adalah komunikasi guru dengan siswa.

References

Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339–346. https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.411

Eka Prabawa, I. P. A., Kanca, I. N., & Wijaya, I. M. A. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Reciprocal Berbantuan Feedback Visual Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Pada Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 1 Mengwi Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 7(2), 45. https://doi.org/10.23887/jjp.v7i2.36481

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Indriani, E. (2021). Analisis Efektivitas Implementasi Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Siswa SMA Kelas X Se-Kecamatan Mranggen Mata Pelajaran PJOK. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 2(1), 1–11. https://doi.org/10.53869/jpas.v2i1.34

Junianto, T. (2022). Pembelajaran PJOK kondisi pandemi covid-19 pada siswa sekolah dasar. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 1(2), 203–212. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i2.28

Meidawati, S. A. N. B. R. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar Ipa. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.117

Nughroho, F. A., & Khory, F. D. (2020). Pengaruh Media Audio Visual Dan Latihan Drill Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Dada. Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 8(3), 137–142. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive

Pranata, K. M. A., Wahjoedi, H., & Lesmana, K. Y. P. (2021). Media Pembelajaran PJOK Berbasis Audio Visual pada Materi Shooting Bolabasket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 82. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.37430

Rahman, I., Gani, R. A., & Achmad, I. Z. (2020). Persepsi Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Tingkat Sma. Jurnal Pendidikan Olahraga, 9(2), 144–154. https://doi.org/10.31571/jpo.v9i2.1898

Rahmawati, N. R., Rosida, F. E., & Kholidin, F. I. (2022). Analisis Pembelajaran Daring Saat Pandemi Di Madrasah Ibtidaiyah. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 139–148. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2487

Santika, I. W. E. (2020). Efektifitas. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.

Setyawati, R. D. (2018). Instrumen Angket Self-Esteem Mahasiswa Ditinjau Dari Validitas Dan Reliabitas. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 7(2), 174–186. https://doi.org/10.21580/phen.2017.7.2.1932

Supit, D., Melianti, M., Lasut, E. M. M., & Tumbel, N. J. (2023). Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 5(3), 6994–7003. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1487

Tune Sumar, W. (2020). Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jambura Journal of Educational Management, 49–59. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i1.105

Undari, V. S. (2022). Persepsi Siswa Kelas V Sd It Semarak Argamakmur Terhadap Penggunaan Media Video Pembelajaran Kinemaster Sebagai Sumber Belajar Pjok. JDER Journal of Dehasen Education Review, 2022(1), 22–26. http://jurnal.unived.ac.id

Downloads

Published

30-11-2023

Issue

Section

Articles