Survei Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Futsal Di Sman 1 Purwosari Pasuruan Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Muhammad Ainurroziqin Universitas Negeri Malang
  • Fahrial Amiq Universitas Negeri Malang
  • Tatok Sugiarto Universitas Negeri Malang
  • Sapto Adi Universitas Negeri Malang

Keywords:

motivation, extracurricular, futsal, motivasi, ekstrakurikuler, olahraga futsal

Abstract

Abstract: In order to understand and analyze why students at SMA Negeri 1 Purwosari Pasuruan chose to participate in futsal as an extracurricular activity during the covid-19 epidemic, the study set out to ascertain and explore their motivations. This study's methodology is a survey using a questionnaire or questionnaires with a descriptive quantitative design. 22 students from SMA Negeri 1 Purwosari Pasuruan participated in this study. The researcher's tool was a questionnaire or questionnaire that asked students about their reasons for playing futsal as an after-school activity during the COVID-19 pandemic. It contained information on 30 statements, 14 of which related to students' intrinsic motivation and 16 to students' extrinsic motivation. In this study, quantitative descriptive analysis methods were employed to analyze the data in the form of percentages. The findings demonstrated that students were sufficiently motivated to participate in futsal as an extracurricular activity during the COVID-19 epidemic.

Abstrak: Penelitian dengan tujuan agar alasan siswa di SMA Negeri 1 Purwosari Pasuruan memilih untuk berpartisipasi dalam futsal sebagai aktivitas ekstrakurikuler selama wabah Covid-19 dapat dipahami dan dianalisa. Penelitian ini bertujuan untuk memastikan dan mengeksplorasi motivasi mereka. Metodologi penelitian ini adalah survei dengan memakai kuesioner atau angket dengan desain kuantitatif deskriptif. Sejumlah 22 siswa dari SMA Negeri 1 Purwosari Pasuruan berpartisipasi pada penelitian ini. Alat yang dipakai peneliti adalah kuesioner atau angket yang menanyakan kepada siswa tentang alasan mereka bermain futsal sebagai aktivitas setelah jam pelajaran selama pandemi COVID-19. Kuesioner ini berisi 30 pernyataan, 14 di antaranya berkaitan dengan motivasi intrinsik siswa dan 16 pernyataan berkaitan dengan motivasi ekstrinsik siswa. Dalam penelitian ini, metode analisis deskriptif kuantitatif dipakai untuk menganalisis data persentase. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pelajar cukup termotivasi untuk berpartisipasi dalam futsal sebagai aktivitas ekstrakurikuler selama wabah COVID-19.

References

Arifur, R. (2019). Ekstrakulikuler Futsal di SMA Negeri 2 Barru A Survey Of Student’s ’ Interesting In Taking Part In Futsal Extracculiculer Activites At State SMA NEGERI 2 BARRU.

Aswanto, R. D. (2021). Survei Motivasi Peserta Didik dalam Mengikuti Aktivitas Ekstrakurikuler Futsal. Sport Science and Health, 3(1), 20–25. https://doi.org/10.17977/um062v3i12021p20-25

Asykarillah, M., & Hariyanto, E. (2021). Survei Motivasi Siswa dalam Mengikuti Aktivitas Ekstrakurikuler Futsal di SMAN 1 Srengat Kabupaten Blitar. Sport Science and Health, 3(8), 574–585. https://doi.org/10.17977/um062v3i82021p574-585

Damanik, R. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Berprestasi Mahasiswa. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 51–55. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.252

Dewi, V. R., Syamsuri, S., & Khaerunnisa, E. (2019). Karakteristik Motivasi Ekstrinsik Dan Intrinsik Siswa Smp Dalam Belajar Matematika. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 1(2), 116. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v1i2.7145

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 47. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9594

Fishbach, A., & Woolley, K. (2022). The Structure of Intrinsic Motivation. Annual Review of Organizational Psychology and Organizational Behavior, 9(December 2021), 339–363. https://doi.org/10.1146/annurev-orgpsych-012420-091122

Frost, M. (2022). TigerPrints Body Appreciation , Gender , Motivation , and Competitive Success in Competition Climbing TigerPrints Body Appreciation , Gender , Motivation , and Competitive Success in Competition Climbing.

Gopalan, V., Bakar, J. A. A., Zulkifli, A. N., Alwi, A., & Mat, R. C. (2017). A review of the motivation theories in learning. AIP Conference Proceedings, 1891(October 2017). https://doi.org/10.1063/1.5005376

Heri, S., Aminudin, R., & Purbangkara, T. (2022). Motivasi Siswa dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Futsal di SMA Negeri 1 Jatisari. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual, 6(1), 8–13.

Hidayati, S. N., & Ermiyanto, A. (2017). Analisis Faktor Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Pengaruhnya terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai Mediasi. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 7(1), 18. https://doi.org/10.30588/jmp.v7i1.320

Insan, A. N. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Transaksional terhadap Motivasi Intrinsik, Work Engagement dan Kinerja Karyawan. Jurnal of Business Studies, 2(1), 1–18.

Johan, M., Budiadnyana, G. N., Admiral, A., Asbari, M., & Novitasari, D. (2021). Kepemimpinan Karismatik dalam Perspektif Karyawan UMKM: dari Motivasi Intrinsik hingga Tacit Knowledge Sharing. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 598–613. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1303

Junaidi, & Taufiq. (2019). Jurnal Serambi Ilmu, Volume 20, Nomor 2, Edisi September 2019, 20(September), 274–290.

Kaya Saylam, D., & Asma, M. (2022). Investigation of the Relationship Between Teaching Motivation and Motivational Persistence of Pre-service Physical Education and Sports Teacher. Avrasya Spor Bilimleri ve Eğitim Dergisi, 1–17. https://doi.org/10.47778/ejsse.1030768

Laksana, G. B., Pramono, H., & Mukarromah, S. B. (2017). Perspektif Olahraga Petanque dalam Mendukung Prestasi Olahraga Jawa Tengah. Journal of Physical Education and Sports Universitas Negri Semarang, 6(1), 8. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes/article/view/17319/8743

Mahfud, I., Yuliandra, R., & Gumantan, A. (2020). Model Latihan Dribling Sepakbola Untuk Pemula Usia Sma. Sport Science and Education Journal, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.33365/ssej.v1i2.823

Maliki, O., Hadi, H., & Royana, I. F. (2017). Analisis Kondisi Fisik Pemain Sepakbola Klub PERSEPU UPGRIS Tahun 2016. Jendela Olahraga, 2(2), 1–8.

Masni, H. (2015). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Dikdaya, 5(1), 34–45.

Melo, A. C. M. (2013). Minat Siswa Dalam Ekstrakurikuler Olahraga Futsal Di Sma N 1 Pamotan Kabupaten Rembang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Menges, J. I., Tussing, D. V., Wihler, A., & Grant, A. M. (2017). When job performance is all relative: How family motivation energizes effort and compensates for intrinsic motivation. Academy of Management Journal, 60(2), 695–719. https://doi.org/10.5465/amj.2014.0898

Muhammad, M. (2017). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881

Muskanan, K. (2015). Analisis Motivasi Berprestasi Atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Provinsi Nusa Tenggara Timur. JKAP (Jurnal Kebijakan Dan Administrasi Publik), 19(2), 105. https://doi.org/10.22146/jkap.7608

Nabih, Y., Metwally, A., & Nawar, Y. (2016). Emotional intelligence as a predictor of leadership effectiveness. The Business and Management Review, 7(5), 133–142.

Pratiwi, S. I. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 62–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.90

Rubiana, E. P., & Dadi, D. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Ipa Siswa Smp Berbasis Pesantren. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 12. https://doi.org/10.25157/jpb.v8i2.4376

Septianti, D., & Frastuti, M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Internet, Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Minat Berwirausaha Online Mahasiswa Universitas Tridinanti Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 10(2), 130. https://doi.org/10.36982/jiegmk.v10i2.871

Steg, L. (2016). Values, Norms, and Intrinsic Motivation to Act Proenvironmentally. Annual Review of Environment and Resources, 41, 277–292. https://doi.org/10.1146/annurev-environ-110615-085947

Tarju, T., & Wahidi, R. (2017). Pengaruh Metode Latihan Terhadap Peningkatan Passing Dalam Permainan Sepak Bola. JUARA : Jurnal Olahraga, 2(2), 66. https://doi.org/10.33222/juara.v2i2.35

Troyer, M., Kim, J. S., Hale, E., Wantchekon, K. A., & Armstrong, C. (2019). Relations among intrinsic and extrinsic reading motivation, reading amount, and comprehension: a conceptual replication. Reading and Writing, 32(5), 1197–1218. https://doi.org/10.1007/s11145-018-9907-9

Upoyo, A., & Sumarwati, M. (2011). Analisis faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Mahasiswa Profesi Ners Jurusan Keperawatan Unsoed Purwokerto. Soedirman Journal of Nursing, 6(2), 81–87.

Waruwu, F. (2017). Analisis tentang Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik terhadap Kinerja Karyawan. Studi Kasus: di Rumah Sakit Rajawali dan Stikes Rajawali Bandung (Yayasan Kemanusiaan Bandung Indonesia). Jurnal Manajemen Maranatha, 16(2), 203. https://doi.org/10.28932/jmm.v16i2.390

Wihardja, H., Arif, Y. K., & Lina, R. N. (2021). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Perawat Pelaksana Dalam Merawat Pasien Covid-19 Di Rs X, Banten. Jurnal Sehat Mandiri, 16(1), 131–142. https://doi.org/10.33761/jsm.v16i1.350

Downloads

Published

30-10-2023

Issue

Section

Articles