Hubungan Antara Motivasi Siswa Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Pada Kelas 12 Semester Ganjil 2021/2022 Dengan Hasil Belajar PJOK Di SMKN 2 Kota Blitar

Authors

  • Raditya Ningrum Universitas Negeri Malang
  • Siti Nurrochmah Universitas Negeri Malang
  • Lokananta Teguh Hari Wiguno Universitas Negeri Malang
  • Fahrial Amiq Universitas Negeri Malang

Keywords:

extracurricular activities, learning outcomes, kegiatan ekstrakurikuler, hasil belajar

Abstract

Abstract: The interactions that take place during learning and learning activities, including the cognitive, psychomotor, and affective elements that appear with specific behavioral changes, result in learning outcomes. To get the most out of learning activities, students must achieve defined goals. This study's goal is to describe and analyze the link between desire to pursue extracurricular sports activities in class 10 odd semester 2021/2022 and class 12 students in academic year 2021/2022 at SMKN 2 Blitar City. In this study, correlational quantitative research is used. 63 kids that participated in extracurricular sports made up the entire sample. Purposive proportional random sampling with a 90% share was used to collect samples. approaches for gathering data that include a Likert scale questionnaire and recordkeeping. Using Microsoft Excel and SPSS version 25.5, do data analysis. The normality test, line linearity test, and homogeneity test are prerequisite tests for data analysis. The r test analysis produced the following results: rhit = 0.724, sig.f = 0.000, and = 0.05. Based on the analysis's findings, it can be said that there is a substantial, positive association between class 12 even semester 2021/2022, SMKN 2 Blitar City students' motivation to pursue extracurricular sports activities and their learning outcomes.         

Abstrak: Interaksi yang berlangsung selama kegiatan belajar dan belajar, termasuk unsur kognitif, psikomotor, dan afektif yang muncul dengan perubahan perilaku tertentu, menghasilkan hasil belajar. Siswa harus menyelesaikan kegiatan belajar sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan agar mendapatkan hasil yang terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan antara motivasi memilih ekstrakurikuler olahraga pada siswa kelas 12 SMKN 2 Kota Blitar tahun ajaran 2021/2022. Dalam penelitian ini digunakan penelitian kuantitatif korelasional. 63 anak yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga menjadi sampel keseluruhan. Pengambilan sampel acak proporsional purposive dengan pangsa 90% digunakan untuk mengumpulkan sampel. Kuesioner dengan skala Likert digunakan bersama dengan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Dengan menggunakan Microsoft Excel dan SPSS versi 25.5, dilakukan analisis data. Uji normalitas, uji linieritas garis, dan uji homogenitas merupakan uji prasyarat analisis data. Analisis uji r menghasilkan hasil sebagai berikut: rhit = 0,724, sig.f = 0,000, dan = 0,05. Berdasarkan hasil analisis dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan linier yang substansial, positif, antara motivasi siswa kelas 12 SMKN 2 Kota Blitar untuk memilih ekstrakurikuler olahraga dengan prestasi belajarnya selama semester ganjil tahun 2021/2022.

References

Abidin, A. M. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 183–196. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.185

Aenon, N., Iskandar, I., & Rejeki, H. S. (2020). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 3(2), 149. https://doi.org/10.26418/jilo.v3i2.42965

Antara, I. N. R., Haris, I. A., & Nuridja, I. M. (2014). Pengaruh Kesiapan dan Transfer Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMA Negeri 1 Ubud. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undhiska, 4(1), 1–12.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Astiti, N. D., Mahadewi, L. P. P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 26(2), 193. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35688

Asykarillah, M., & Hariyanto, E. (2021). Survei Motivasi Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di SMAN 1 Srengat Kabupaten Blitar. Sport Science and Health, 3(8), 574–585. https://doi.org/10.17977/um062v3i82021p574-585

Aunur Rohman, A., & Karimah, S. (2018). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI. At-Taqaddum. https://doi.org/10.21580/at.v10i1.2651

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Cahyono, A. E. (2018). Arie Eko Cahyono Identifikasi Faktor Internal Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa IKIP PGRI Jember. 5, 18–25. https://doi.org/10.29407/e.v5i1.11919

Emda, A. (2018). KEDUDUKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN. Lantanida Journal. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Fathurrohman, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Modern Konsep Dasar, Inovasi dan Teori pembelajaran. In Kajian Ilmu-ilmu Keislaman.

Fikratinnisa, & Khory, F. D. (2022). MOTIVASI SISWA EKSTRAKURIKULER PENCAK SILATDI SMA AL-FALAH PAMEKASAN. volume 2 N, 603–610. https://doi.org/10.47353/bj.v2i3.137

Harefa, A. R. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Biologi Masa Pandemi Covid-19. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 181–189. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.27

Hidayat, Y., & Hambali, S. (2019). Peranan Ekstrakurikuler Olahraga terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Olahraga, 5(1), 59–65. https://doi.org/10.37742/jo.v5i1.95

Huda, M. (2018). KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI KORELASI PADA MATA PELAJARAN PAI). JURNAL PENELITIAN. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i2.3170

Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122.

Inriyani, Y., Wahjoedi, & Sudarmiatin. (2020). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ips. PENGARUH PENGGUNAAN PASTA LABU KUNING (Cucurbita Moschata) UNTUK SUBSTITUSI TEPUNG TERIGU DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG ANGKAK DALAM PEMBUATAN MIE KERING, 8, 274–282.

Kamaluddin, M. (2017). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika dan strategi untuk meningkatkannya. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, 67(9), 455–460. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/full/M-67.pdf

Kristin, F. (2016). Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa Volume 2, Nomor 1, April 2016 ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa.

Lestari, I. A., Amir, H., & Rohiat, S. (2017). HUBUNGAN PERSEPSI SISWA KELAS X MIPA DI SMA TENTANG VARIASI GAYA MENGAJAR GURU DENGAN HASIL BELAJAR KIMIA. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia.

Lestari, R. Y. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik. Untirta Civic Education Journal, 1(2), 136–152. https://doi.org/10.30870/ucej.v1i2.1887

Magrisa, T., Wardhani, K. D. K., & Saf, M. R. A. (2018). Implementasi Metode SMART pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Siswa SMA. Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 13(1), 49. https://doi.org/10.30872/jim.v13i1.648

Mirdanda, A. (2018). Motivasi berprestasi & disiplin peserta didik serta hubungannya dengan hasil belajar (cetakan 1,). YUDHA ENGLISH GALLERY.

Nofianti, A. (2019). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 2(2), 120. https://doi.org/10.26740/jdmp.v2n2.p120-129

Nofindra, R. (2019). Ingatan, Lupa, dan Transfer dalam Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Rokania, IV (1).

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA. MAGISTRA: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.35724/magistra.v6i2.1801

Puspitasari, A. S. &. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 5(2), 191.

Rahmayani, U., Mardela, R., Suwirman, & Haryanto, J. (2020). MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT. Jurnal Stamina, 3, 796–803. http://etd.eprints.ums.ac.id/14871/%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cell.2017.12.025%0Ahttp://www.depkes.go.id/resources/download/info-terkini/hasil-riskesdas-2018.pdf%0Ahttp://www.who.int/about/licensing/%0Ahttp://jukeunila.com/wp-content/uploads/2016/12/Dea

Rais, F., & Syafruddin, M. (2020). Analisis Dampak Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Adabiah Padang. Pendidikan Dan Olahraga, 3(6), 7–15.

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149

Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan Keberhasilan Belajar Siswa. Volume I | Nomor 1 | Maret, 1(1), 199. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/9

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168

Sartika, R., Basri, I., & Agustina. (2018). Hubungan Motivasi Belajar Dan Keaktifan Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X Sma Negeri 10 Padang. Journal of Materials Processing Technology.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&DSugiyono. (2019). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D). In Metodelogi Penelitian.). In Metodelogi Penelitian.

Suharni, & Purwanti. (2019). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.89

Supiana, S., Hermawan, A. H., & Wahyuni, A. (2019). Manajemen Peningkatan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 193–208. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5526

Ulfah, K., Santoso, A., & Utaya, S. (2016). Hubungan Motivasi Dengan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(8), 1607–1611. https://doi.org/10.17977/jp.v1i8.6678

Downloads

Published

30-10-2023

Issue

Section

Articles