Hubungan Motivasi Siswa Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Dengan Hasil Pembelajaran Mata Pelajaran PJOK Siswa Kelas 8 Semester Genap 2020/2021

Authors

  • Muchamad Taufik Hidayatullah Universitas Negeri Malang
  • Siti Nurrochmah Universitas Negeri Malang
  • Hariyoko Universitas Negeri Malang

Keywords:

motivation, sport extracurricular, report study, motivasi, ekstrakurikuler olahraga, hasil pembelajaran

Abstract

Abstract: Based on the observations that have been made, there are problems that can be studied 75 students
who take part in sports extracurricular activities and the high activity of students in participating in
Physical Education, Sports and Health subjects. The urgency of this research is to find out and
examine the relationship between students' motivation to choose sports extracurricular activities
with learning outcomes in Physical Education, Sports, and Health subjects. This study uses a
quantitative descriptive survey design with the approach method used in the form of a survey and is
included in correlational research. The subjects in this study were 8th grade junior high school
students for the 2020/2021 academic year who now occupy 9th grade, totaling 67 students. The
instrument used was a questionnaire on the motivation of students to choose sports extracurricular
activities as many as 66 statements/questions with a validity range of 0.27825 - 0.776878835 and
reliability of 0.749. The data analysis used in this study is descriptive data analysis and prerequisite
test data analysis. The results of this study indicate that there is a positive relationship between
students' motivation to choose sports extracurricular activities with learning outcomes in physical
education, sports and health subjects.

Abstrak: Berdasarkan observasi yang telah dilakukan terdapat permasalahan yang dapat dikaji yaitu
sebanyak 75 siswa yang melakukan aktivitas ekstrakurikuler olahraga dan tingginya keaktivan siswa
dalam melakukan mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Tujuan dari
penelitian ini adalah agar diketahui dan dianalisa relasi antara motivasi siswa dalam melakukan
pemilihan aktivitas ekstrakurikuler olahraga dengan hasil pembelajaran pada bidang pendidikan
jasmani, olahraga, dan kesehatan. Penelitian ini memakai pendekatan survei dengan desain survei
deskriptif kuantitatif dan merupakan bagian dari penelitian korelasional. Sebanyak 67 siswa SMP
kelas 8 yang kini duduk di bangku kelas 9 melakukan penelitian ini pada tahun pelajaran 2020–2021.
Alat yang dipakai mempunyai 66 pernyataan atau pertanyaan dan mempunyai rentang validitas
0,27825 hingga 0,776878835 dengan reliabilitas 0,749 untuk siswa yang melakukan pemilihan
olahraga sebagai aktivitas ekstrakurikuler. Dalam penelitian ini dipakai analisis data deskriptif dan
uji prasyarat untuk menganalisis data. Temuan penelitian ini menunjukkan adanya relasi antara
kemauan siswa untuk melakukan pemilihan aktivitas ekstrakurikuler olahraga dan hasil
pembelajaran dalam mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan.

References

Arduta, M. Z., Kusuma, I. J., & Festiawan, R. (2020). Faktor Penentu Minat Siswa Smp Dalam Melakukan Ekstrakurikuler Bulutangkis Di Purwokerto. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i1.8322

Budiarawan, I. P. (2019). Hubungan Motivasi Pembelajaran dengan Hasil Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 103–111.

Dhedhy, & Yuliawan. (2020). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. 2(1), 274–282.

Dinita, E. K. Y. W. (2016). Aktivitas ekstrakurikuler Olahraga di SMP N 21 Pontianak Aktivitas ekstrakurikuler Olahraga.

Dole, R., & Nurrochmah, S. (2021). Survei Kemampuan Kondisi Fisik Peserta Aktivitas ekstrakurikuler Bolabasket Sekolah Menengah Atas. Sport Science and Health, 3(5), 294–306. https://doi.org/10.17977/um062v3i52021p294-306

Fahrudin, M. (2014). Pengaruh Keaktivan Siswa Dalam Aktivitas ekstrakurikuler di Sekolah dan Motivasi Pembelajaran Terhadap Prestasi Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014ر. Pontificia Universidad Catolica Del Peru, 8(33), 44.

Handayani, R. D. (2017). Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember Digital Jember Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember. 68–74.

Kiram, Y. (2019). Pembelajaran Keterampilan Motorik. Kencana.

Lestari, ria yuni. (2016). Peran Aktivitas ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik. Untirta Civic Education Journal, Vol. 1 No.(2), 136–152.

Lisin, M., & Sumarna, C. (2018). Hubungan Aktivitas ekstrakurikuler Dengan Motivasi Pembelajaran Dan Prestasi Pembelajaran Siswa Di Kelas Xi Man 2 Kabupaten Cirebon. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 7(1), 63–76. https://doi.org/10.24235/edueksos.v7i1.3106

Mahfud, I., Gumantan, A., & Nugroho, R. A. (2020). Pelatihan Pembinaan Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Olahraga. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(1), 56. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.5374

Masni, H. (2015). Strategi meningkatkan motivasi pembelajaran mahasiswa. Dikdaya, 5(1), 34–45.

Mustari, M., Ph, D., Rahman, M. T., & Ph, D. (2014). Manajement Pendidikan. In RajaGrafika Persada.

Nuhanafia, A. C. M., & Nurrochmah, S. (2021). Perbedaan Prestasi Pembelajaran Mahasiswa Prodi PJKR-FIK Universitas Negeri Malang Angkatan 2017 Antara Semester Genap 2018/2019 Dengan Semester Genap 2019/2020. Sport Science and Health, 3(12), 952–960. https://doi.org/10.17977/um062v3i122021p952-960

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan Motivasi Pembelajaran Dengan Hasil Pembelajaran Fisika. MAGISTRA: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101–109. https://doi.org/10.35724/magistra.v6i2.1801

Prayitno, J., & Winarno, M. E. (2021). Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Olahraga di SMA Negeri Kota Malang. Sport Science and Health, 3(10), 808–813. https://doi.org/10.17977/um062v3i102021p808-813

Rozana Ulfah, K., Santoso, A., & Utaya, S. (2016). Tersedia secara online EISSN: 2502-471X HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN HASIL PEMBELAJARAN IPS. 1607–1611.

Rudi Atmaja Laga Pradana. (2018). Profil tingkat motivasi siswa peserta aktivitas ekstrakurikuler sepakbola di smp negeri 1 semanding kecamatan semanding kab. tuban tahun 2018.

Rusman. (2017). Pembelajaran dan Pembelajaran Berorientasi Stabdar Proses Pendidikan. Edisi Pertama. Kencana.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif , kualitatif dan r & d. 456.

Sulfemi, W. B. (2018). Hubungan Motivasi Pembelajaran Dengan Hasil Pembelajaran Ips Di Smp Kabupaten Bogor. Edutecno, 18(106), 1–12. https://doi.org/10.31227/osf.io/eqczf

Suprihatin, S. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.89

Suryanto, I. O. (2016). Pengaruh pengetahuan dan keterlibatan pengguna, produk sistem informasi, kualitas sistem informasi akuntansi, dan dukungan manajemen terhadap kepuasan pengguna sistem informasi akuntansi (studi empiris pada perusahaan retail yang mengimplementasikan ERP d. 40–49.

Wiarto, G. (2015). Inovasi Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani. Laksitas.

Downloads

Published

31-08-2023

Issue

Section

Articles