Perbedaan Prestasi Belajar Matakuliah Teori Semester Gasal dan Genap Tahun 2020/2021 Mahasiswa Angkatan-2020 Offering A Dan B Prodi PJKR-FIK-UM

Authors

  • Deva Styobudi Universitas Negeri Malang
  • Siti Nurrochmah Universitas Negeri Malang
  • M. E. Winarno Universitas Negeri Malang
  • Lokananta Teguh Hari Wiguno Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v5i72023p739-%20747

Keywords:

learning, physical education, learning achievement, pembelajaran, pendidikan jasmani, prestasi hasil belajar

Abstract

Abstract: This study aims to determine the difference in the achievement of learning outcomes for theoretical subjects between the odd and even semesters of the 2020/2021 academic year of the PJKR FIK UM study program in face-to-face (online) learning. The sample used in the study amounted to 74 students taken 90 percent of the total number of offering A and B students for the academic year 2020/2021 PJKR FIK UM study program. The research instrument used in this study is a non-test instrument in the form of documentation in the form of a Study Result Card (KHS). This study uses quantitative descriptive in presenting the data in the form of a percentage. Based on the results of the analysis, the achievement of odd semester learning outcomes (online new normal) offering A and B with a total of 66 students obtained an average result of 3.29. In the even semester learning achievement (pure online) offering A and B with a total of 66 students, the result is 3.56. It can be concluded that the average student learning achievement of offering A and B theoretical courses between the odd and even semesters of the 2020/2021 academic year PJKR FIK UM study program obtained better results in the even semester (pure online).

Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi hasil belajar matakuliah teori antara semester gasal dan genap tahun akademik 2020/2021 prodi PJKR FIK UM pada pembelajaran tatap muka (daring). Sampel yang digunakan pada penelitian berjumlah 74 mahasiswa diambil 90 persen dari jumlah total mahasiswa offering A dan B tahun akademik 2020/2021 prodi PJKR FIK UM. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah instrument non tes bentuk dokumentasi berupa Kartu Hasil Studi (KHS). Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dalam penyajian data bentuk presentase. Berdasarkan hasil analisis, prestasi hasil belajar semester gasal (daring new normal) offering A dan B dengan jumlah 66 mahasiswa memperoleh hasil rata-rata 3,29. Pada  prestasi hasil belajar semester genap (Daring murni) offering A dan B dengan jumlah 66 mahasiswa memperoleh hasil 3,56. Dapat disimpulkan bahwa rata-rata prestasi hasil belajar mahasiswa offering A dan B matakuliah teori antara semester gasal dan genap tahun akademik 2020/2021 prodi PJKR FIK UM memperoleh hasil lebih baik pada semester genap (Daring murni).

References

Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339–346. doi: 10.30812/matrik.v18i2.411

Anitah, S. W. (2014). Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Prinsip, Teknik, Prosedur. Remaja Rosdakarya.

Irawan, H., & Nurrochmah, S. (2021). Prestasi Belajar Mahasiswa Angkatan 2018 antara Semester Genap Tahun 2018 / 2019 dan 2019 / 2020. 3(6), 350–358. doi: 10.17977/um062v3i62021p350-358

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. doi: 10.31004/edukatif.v3i2.324

Purnamasari, R., Malani, S., Savitri, M. D., Lestari, R. N., Salsabilla, A., & Sari, D. A. (2020). Seminar nasional call for paper| “meningkatkan publikasi ilmiah dalam transformasi ilmu pada era digita 2020” seminar nasional call for paper| “meningkatkan publikasi ilmiah dalam transformasi ilmu pada era digita 2020.”

Reno, P., Geni, L., & Hidayah, I. (2017). Unnes Journal of Mathematics Education Research Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Abstrak. 6(1), 11–17.

Sugiyono. (2018). Metode Peneiltian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Alfabeta Bandung.

Surahman, E., Santaria, R., & Setiawan, E. I. (2020). TANTANGAN PEMBELAJARAN DARING DI INDONESIA Pendahuluan Pembelajaran daring adalah proses pembelajaran yang dilakukan. Journal of Islamic Education Management, 5(2), 94–95.

Suyono dan Harianto. (2015). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar (5th ed.; wardan anang Solihin, ed.). bandung: PT Rosdakarya Offside.

Suyono, & Hariyanto. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Teori dan Konsep Dasar. Remaja Rosdakarya.

Wangi, S. S., Asriati, N., & Buwono, S. (2020). Korelasi tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar ips di smpn 7 sungai raya artikel penelitian.

Wiarto, G. (2016). Media Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani. Elaksitas.

Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339–346. doi: 10.30812/matrik.v18i2.411

Anitah, S. W. (2014). Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Prinsip, Teknik, Prosedur. Remaja Rosdakarya.

Irawan, H., & Nurrochmah, S. (2021). Prestasi Belajar Mahasiswa Angkatan 2018 antara Semester Genap Tahun 2018 / 2019 dan 2019 / 2020. 3(6), 350–358. doi: 10.17977/um062v3i62021p350-358

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. doi: 10.31004/edukatif.v3i2.324

Purnamasari, R., Malani, S., Savitri, M. D., Lestari, R. N., Salsabilla, A., & Sari, D. A. (2020). Seminar nasional call for paper| “meningkatkan publikasi ilmiah dalam transformasi ilmu pada era digita 2020” seminar nasional call for paper| “meningkatkan publikasi ilmiah dalam transformasi ilmu pada era digita 2020.”

Reno, P., Geni, L., & Hidayah, I. (2017). Unnes Journal of Mathematics Education Research Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Abstrak. 6(1), 11–17.

Sugiyono. (2018). Metode Peneiltian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Alfabeta Bandung.

Surahman, E., Santaria, R., & Setiawan, E. I. (2020). TANTANGAN PEMBELAJARAN DARING DI INDONESIA Pendahuluan Pembelajaran daring adalah proses pembelajaran yang dilakukan. Journal of Islamic Education Management, 5(2), 94–95.

Suyono dan Harianto. (2015). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar (5th ed.; wardan anang Solihin, ed.). bandung: PT Rosdakarya Offside.

Suyono, & Hariyanto. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Teori dan Konsep Dasar. Remaja Rosdakarya.

Wangi, S. S., Asriati, N., & Buwono, S. (2020). Korelasi tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar ips di smpn 7 sungai raya artikel penelitian.

Wiarto, G. (2016). Media Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani. Elaksitas.

Downloads

Published

30-07-2023

Issue

Section

Articles