Pengembangan Bahan Ajar Materi Sepakbola Berbasis Media Audio Visual

Authors

  • Dhandi Anggi Prasetyo Universitas Negeri Malang
  • Eko Hariyanto Universitas Negeri Malang
  • Hariyoko Hariyoko Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v5i72023p692-700

Keywords:

online learning, teaching materials, audio visual, pembelajaran daring, bahan ajar

Abstract

Abstract: Online learning carried out due to the corona pandemic (COVID-19) requires the development of teaching materials, one of which is audio visual media. This research and development has the aim of developing audio visual media based football teaching materials. The method used in this development research is the Lee and Owen model. The results obtained in this research and development are 86 percent small trials & 88 percent large trials. Overall, it can be concluded that this development product is feasible and can be used as teaching material.

Abstrak: Pembelajaran daring yang dilakukan oleh karena pandemi corona (COVID-19) perlu adanya sebuah pengembangan bahan ajar salah satunya yaitu media audio visual. Penelitian dan pengembangan ini memiliki tujuan untuk mengembangkan bahan ajar materi sepakbola berbasis media audio visual. Metode yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah model Lee dan Owen. Hasil yang didapat pada penelitian dan pengembangan ini uji coba kecil 86 persen & uji coba besar 88 persen. Disimpulkan secara keseluruhan bahwa produk pengembangan ini layak serta dapat dipergunakan sebagai bahan ajar.

References

Akbar & Sriwiyana. (2011). Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Cipta Karya.

Akbar, R. A., & Hariyanto, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pencak silat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Health, 2(7), 350–356. http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/index

Arifin. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL MENGGUNAKAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF NARASI Komponen-komponen. 3, 373–384.

Arwudarachman, D., Setiadarma, W., & Marsudi. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENGGAMBAR BENTUK SISWA KELAS XI Danizar Arwudarachman Wayan Setiadarma Marsudi Abstrak. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 03 Nomor 0, 237–243.

Asmara, A. P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(2), 156. https://doi.org/10.22373/jid.v15i2.578

Dewi, W. A. . (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://core.ac.uk/download/pdf/322536540.pdf

Duludu, U. (2017). Buku Ajar kurikulum Bahan dan Media Pembelajaran PLS. Deepublish.

Dwiyogo, W. D. (2008). Pembelajaran Penjas & Olahraga. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.

Febryanto. (2015). Journal of Physical Education , Sport , Health and Recreations PEMBELAJARAN LAY UP SHOOT MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL BASIC LAY UP SHOOT UNTUK MENINGKATKAN. 4(1), 1509–1521.

Fitria, A., & Pendahuluan, A. (2018). PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM. 57–62.

Haryonik, Y., & Bhakti, Y. B. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Matematika Realistik. MaPan, 6(1), 40–55. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a5

Hernawan, A. H., Permasih, & Dewi, L. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Direktorat UPI Bandung, 1489–1497. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._KURIKULUM_DAN_TEK._PENDIDIKAN/194601291981012-PERMASIH/PENGEMBANGAN_BAHAN_AJAR.pdf

Huda, N., & Danis, A. (2020). Desain Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sains. Yayasan Kita Menulis.

Islamiyah, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Pencak Silat untuk Materi Seni Jurus Tunggal Bagi Ekstrakurikuler. 3(1), 1–7.

Kemendikbud. (2017). Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran No 4 Tahun 2020. 300.

Lee & Owens. (2004). Multimedia-Based Instructional Design: Computer-Based Training, Web-Based Training, Distance Broadcast Training, Performance-Based Solutions. Pfeiffer.

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona COVID-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 4(2), 30–36.

Pambudi, M. I., Winarno, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Malang, 4(1), 110–116. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Pohan, A. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. CV. Sarnu Untung.

Rodriquez, E. I. S., Dwiyogo, W. D., & Supriyadi, S. (2020). Blended Learning Mata Kuliah Sepakbola untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 206. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13171

Sayuti, P., & Prihanto, J. B. (2015). PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK PASSING KAKI Pragito Sayuti Junaidi Budi Prihanto merangsang siswa untuk bereaksi terhadap penjelasan guru ( Soepartono). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 71–74.

Septiadi, W., Sungkawa, M. G. G., & Taufik, M. S. (2019). Peningkatan keterampilan shooting kaki bagian dalam melalui audio-visual. Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 09(1), 1–7.

Setiawan, D. (2013). Kondisi Fisik Pemain Sepakbola Klub Asyabab Di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Kesehatan Olahraga, 1(1).

Setiawan, I. (2016). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Geografi Melalui Pengembangan Media Pendidikan. Jurnal Geografi Gea, 6(2). https://doi.org/10.17509/gea.v6i2.1742

Shabrina, F. (2020). Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Metode Information Search Mata Pelajaran Al-Islam Di Smp Muhammadiyah 2 Surakarta Pada Kondisi Covid-19.

Simbolon, M. E. M., Lestari, N., Armanto, T., & Alfarras, B. (2021). Efektivitas Pembelajaran PJOK Menggunakan Media Audio Visual saat Pandemi Covid-19 di Bangka Belitung. Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1), 1–8.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Taqwim, R. I., & Winarno, M. E. (2012). Pelaksanaan Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Active - Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 1(1), 395–401. https://doi.org/10.15294/active.v1i1.276

Wahyu Bagja, D. (2019). The Use of Audio Visual Media in Value Clarification Technique to Improve Student Learning Outcomes in Social Studies. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53–68.

Downloads

Published

30-07-2023

Issue

Section

Articles