Hubungan Iklan Rokok dengan Perilaku Merokok Siswa SMA/sederajat di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang

Authors

  • Nadia Nuradela Universitas Negeri Malang
  • Agung Kurniawan Universitas Negeri Malang
  • Suci Puspita Ratih Universitas Negeri Malang
  • Hartati Eko Wardani Universitas Negeri Malang
  • Rara Warih Gayatri Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v5i62023p674-685

Keywords:

adolescent, perception, media, remaja, persepsi

Abstract

Abstract: The prevalence of teenage smokers in Indonesia is still high. Various factors cause adolescents to smoke, such as easy to find cigarette advertisements. In Malang City, especially Lowokwaru, is one of the districts with the densest number of cigarette retailers as well as a large number of high school/equivalent students. This study aims to determine the relationship between cigarette advertisements and student’s smoking behavior, whether conventional, electric cigarettes, or both in Lowokwaru District. The method used in this study is a quantitative study with a cross sectional approach. In this study, there were 328 students sampled from total population of 17.120 students. The analysis used is the chi-square test and binary logistic regression test. The results showed a significant relationship between age (p equal to 0,000), gender (p equal to 0,000), knowledge and attitudes (p equal to 0,000), television advertising (p equal to 0,000), outdoor media (p equal to 0,011) and smoking behavior student. Meanwhile, advertisements in several media did not have a significant relationship with student’s smoking behavior. Then on the number of types of media, advertising in outdoor media and perceptions are not the main determining factors for smoking behavior. Thus, it can be concluded that cigarette advertisements are not the only predictor of smoking behavior of high school students/equivalents in Lowokwaru District.

Abstrak: Prevalensi perokok remaja di Indonesia masih tinggi. Berbagai macam faktor yang menyebabkan remaja merokok, salah satunya adalah iklan rokok yang mudah dijumpai. Di Kota Malang khususnya Kecamatan Lowokwaru menjadi salah satu kecamatan dengan jumlah retailer rokok terpadat serta jumlah siswa SMA/sederajat yang tergolong banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklan rokok dengan perilaku merokok siswa baik rokok konvensional, elektrik maupun keduanya di Kecamatan Lowokwaru. Metode penelitian yang digunakan berupa penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pada penelitian ini terdapat 328 siswa yang dijadikan sampel dari total populasi sebanyak 17.120 siswa. Analisis penelitian ini yakni uji chi-square dan uji regresi logistic biner. Hasil penelitian didapatkan hubungan signifikan antara usia (p sama dengan 0,000), jenis kelamin (p sama dengan 0,000), pengetahuan dan sikap (p sama dengan 0,000), iklan di tv (p sama dengan 0,000), media luar ruang (p sama dengan 0,011) dengan perilaku merokok siswa. Sedangkan untuk iklan di beberapa media lain tidak berhubungan signifikan dengan perilaku merokok siswa. Kemudian pada jumlah jenis media, iklan di media luar ruang dan persepsi terhadap iklan rokok bukan menjadi faktor penentu utama perilaku merokok. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa iklan rokok bukan menjadi satu-satunya prediktor perilaku merokok siswa SMA/sederajat di Kecamatan Lowokwaru. 

References

Afif, A. N., & Astuti, K. (2017). Hubungan antara Persepsi terhadap Iklan Rokok dengan Perilaku Merokok Pada Remaja. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 17(1), 1. https://doi.org/10.26486/psikologi.v17i1.680

Bastonus, A. I., & Herieningsih, S. W. (2018). Hubungan Antara Terpaan Iklan Rokok dan Persepsi Maskulinitas Pada Perokok dengan Perilaku Merokok Remaja Laki-Laki. 6, No.1, 11.

Binita, A. M., Istiarti, VG. T., & Widagdo, L. (2016). Hubungan Persepsi Merokok dengan Tipe Perilaku Merokok pada Siswa SMK “X” di Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4.

BPS. (2021). Persentase Merokok Pada Penduduk Umur >15 Tahun Menurut Provinsi (Persen) 2019-2021. https://www.bps.go.id/indicator/30/1435/1/persentase-merokok-pada-penduduk-umur-15-tahun-menurut-provinsi.html

CISDI. (2021). Riset CISDI. Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives. https://cisdi.org/wp-content/uploads/2021/06/06-07-2021-Siaran-Pers-Riset-Terbaru-CISDI-Tunjukkan-Konsumsi-Rokok-Beri-Beban-Ekonomi-277-Triliun-Rupiah-kepada-Sistem-Kesehatan-dan-Program-Jaminan-Kesehatan-Nasional_revdss_clearedYM.pdf

Dahal, S., Maharjan, S., Subedi, R. K., & Maharjan, J. (2015). Role of Media in Provoking Cigarette Smoking among Adolescents in Urban Nepal. Health, 07(01), 98–105. https://doi.org/10.4236/health.2015.71011

Daju, F. S., Umboh, J. M. L., & Rattu, J. A. M. (2013). Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan dan Sikap Tentang Bahaya Merokok dengan Tindakan Pencegahannya di Sekolah Menengan Pertama (SMP) Islam Yapim Manado. 5.

Destri, Y., Sari, F. E., & Perdana, A. A. (2019). Perilaku Merokok dan Faktor yang Berhubungan pada Siswa. Jurnal Kesehatan Metro Sai Wawai, 12(2), 17. https://doi.org/10.26630/jkm.v12i2.1976

Fourqoniah, F., & Aransyah, M. F. (2020). Buku Ajar Pengantar Periklanan. Penerbit Lakeisha.

Giovenco, D. P., Spillane, T. E., Baig, S. A., Dumas, S. E., Dongchung, T. Y., Sanderson, M., Sisti, J. S., Farley, S. M., Jasek, J. P., & Seligson, A. L. (2020). Demographic and psychological moderators of the relationship between neighborhood cigarette advertising and current smoking in New York City. Health & Place, 66, 102441. https://doi.org/10.1016/j.healthplace.2020.102441

Hasanah, R., Gayatri, R. W., & Ratih, S. P. (2021). Pengaruh Iklan terhadap Perilaku Merokok Siswa: Literature Review. Sport Science and Health, 3(10), 757–760. https://doi.org/10.17977/um062v3i102021p757-760

Husaeni, H., & Menga, M. K. (2019). Knowledge with Adolescent Smoking Behavior. Jurnal Ilmiah Kesehatan (JIKA), 1(1), 45–50. https://doi.org/10.36590/jika.v1i1.7

Juliansyah, E., & Rizal, A. (2018). Faktor Umur, Pendidikan, dan...- Elvi J, Achmad R. VISIKES: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 17. https://doi.org/10.33633/visikes.v17i01.1853

Kemendikbudristek. (2022). Data Pokok Pendidikan. https://dapo.kemdikbud.go.id/

Kemenkes RI. (2018). Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018.

Lee, Y.-T., Huang, Y.-H., Tsai, F.-J., Liu, H.-C., Sun, F.-J., Tsai, Y.-J., & Liu, S.-I. (2021). Prevalence and psychosocial risk factors associated with current cigarette smoking and hazardous alcohol drinking among adolescents in Taiwan. Journal of the Formosan Medical Association, 120(1), 265–274. https://doi.org/10.1016/j.jfma.2020.05.003

Lian, T. Y., Dorotheo, U., Ritthiphakdee, B., Kolandai, D. M. A., Villarreiz, D. D., Ratanachena, S., Jirathanapiwat, W., & Reyes, J. L. (2018). The Tobacco Control Atlas: ASEAN Region, Fourth Edition. Southeast Asia Tobacco Control Alliance (SETCA), 144.

Liem, A. (2014). Influences of Mass Media, Family, and Friends Towards Adolescents’ Smoking in Yogyakarta. Makara Human Behavior Studies in Asia, 18(1), 41. https://doi.org/10.7454/mssh.v18i1.3460

Nabila, F. S., Sukohar, A., & Setiawan, G. (2017). Terapi Pengganti Nikotin sebagai Upaya Menghentikan Kebiasaan Merokok. LPPM UNILA, 6(3), 5.

Ningrum, A. S., Punia, I. N., & Kamajaya, G. (2018). Kajian Sosiologis tentang Fenomena Perilaku Merokok Siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Amin Tabanan. Jurnal Ilmiah Sosiologi, 1(02), 1–110.

Noviani L, D., & Hadi, M. (2020). Faktor-Faktor yang Berperan terhadap Perilaku Merokok Remaja Pada Remaja di RW. 06 Kel.Rorotan Kec.Cilincing Jakarta Utara Tahun 2020. Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Nurmayunita, D., Astuti, D., & Werdani, K. E. (2015). Hubungan antara Pengetahuan, Paparan Media Iklan dan Persepsi dengan Tingkat Perilaku Merokok Siswa SMK. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Kesehatan.

Peraturan Daerah Kota Malang. (2018). Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 2 Tahun 2018 tentang Kawasan Tanpa Rokok.

Peraturan Daerah Kota Malang. (2022). Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Reklame.

Peraturan Menteri Kesehatan RI. (2013). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2013 tentang Pencantuman Peringatan Kesehatan dan Informasi Kesehatan Pada Kemasan Produk Tembakau.

Peraturan Pemerintahann Republik Indonesia. (1999). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 1999 Tentang Pengamanan Rokok Bagi Kesehatan.

Prabandari, Y. S., & Dewi, A. (2016). How do Indonesian youth perceive cigarette advertising? A cross-sectional study among Indonesian high school students. Global Health Action, 9(1), 30914. https://doi.org/10.3402/gha.v9.30914

Purnomo, B. I., Roesdiyanto, R., & Gayatri, R. W. (2018). Hubungan Faktor Predisposisi, Faktor Pemungkin, dan Faktor Penguat dengan Perilaku Merokok Pelajar SMKN 2 Kota Probolinggo Tahun 2017. Preventia : The Indonesian Journal of Public Health, 3(1), 66. https://doi.org/10.17977/um044v3i1p66-84

Putra, H. S., Rosemary, R., University of Sydney, Australia, Yanuar, D., Syiah Kuala University, Indonesia, Ahsan, A., & Universitas Indonesia. (2020). The Effect of Cigarette Advertising on Smoking Behaviour of Students in Banda Aceh City, Indonesia. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 36(2), 348–363. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2020-3602-21

Ratih. (2021). Moitoring Kepatuhan dan Pengembangan Upaya Penegakan Kawasan Tanpa Rokok yang Efektif di Kota Malang tahun 2021. https://www.traq-study.com/

Ratih, S. P., & Susanna, D. (2018). Perceived effectiveness of pictorial health warnings on changes in smoking behaviour in Asia: A literature review. BMC Public Health, 18(1), 1165. https://doi.org/10.1186/s12889-018-6072-7

Sari, A., Firdaus, S., & Andri, M. (2016). MEROKOK PADA SISWA DI SMP NEGERI 29 BANJARMASIN. 7(1), 10.

Septiono, W., Kuipers, M. A. G., Ng, N., & Kunst, A. E. (2022). Self-reported exposure of Indonesian adolescents to online and offline tobacco advertising, promotion and sponsorship (TAPS). Tobacco Control, 31(1), 98–105. https://doi.org/10.1136/tobaccocontrol-2020-056080

Tantri, A., Fajat, N. A., & Utama, F. (2018). Hubungan Persepsi terhadap Peringatan Bahaya Merokok pada Kemasan Rokok dengan Perilaku Merokok Pada Remaja Laki-Laki di Kota Palembang. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(1). https://doi.org/10.26553/jikm.2018.9.1.74-82

TCSC IAKMI. (2018a). Hubungan Terpaan Iklan, Promosi, Sponsor Rokok dengan Status Merokok di Indonesia.

TCSC IAKMI. (2018b). Laporan Penelitian Paparan Iklan, Promosi dan Sponsor Rokok di Indonesia.

Timban, I., Langi, F. F. L. G., & Kaunang, W. P. J. (2018). Determinan Merokok di Indonesia Analisis Survei Demografi dan Kesehatan Tahun 2012. 7(5).

UNICEF. (2022, July 12). Suara Lantang Pemuda dalam Menyerukan Masa Depan Bebas Tembakau. https://www.unicef.org/indonesia/id/kesehatan/cerita/suara-lantang-pemuda-dalam-menyerukan-masa-depan-bebas-tembakau?gclid=Cj0KCQiAgribBhDkARIsAASA5buCKoF9trd7L5-2yS_KPfOLKdhFIFx5ETzskdKlxfNAGAdZ76bwLkUaAsFNEALw_wcB

Virga, R. L. (2017). Literasi Iklan Rokok dan Perilaku Konsumtif Remaja melalui Peberdayaan Remaja Masjid. Profetik: Jurnal Komunikasi, 9(2), 33. https://doi.org/10.14421/pjk.v9i2.1201

Wijayanti, E., Dewi, C., & Rifqatussa’adah, R. (2017). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Merokok pada Remaja Kampung Bojong Rawalele, Jatimakmur, Bekasi. Global Medical & Health Communication (GMHC), 5(3), 194. https://doi.org/10.29313/gmhc.v5i3.2298

Yunalpi, Y., Syaeba, M., & Sunani, U. (2021). Interpretasi Media Luar Ruang Iklan Rokok dan Pola Hidup Sehat Masyarakat Desa Saluassing. MITZAL (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya) : Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi, 6(1), 95. https://doi.org/10.35329/mitzal.v6i1.2079

Downloads

Published

24-06-2023

Issue

Section

Articles