Survei Pemahaman Peraturan Permainan Sepakbola (Pasal 11, 12) Pada Tim Porprov Kota Batu dan Kota Malang

Authors

  • Farhan Ilhami Universitas Negeri Malang
  • Fahrial Amiq Universitas Negeri Malang
  • Hartati Eko Wardani Universitas Negeri Malang
  • Eko Hariyanto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v5i52023p551-%20562

Keywords:

understanding of the rules, football game, porprov team, pemahaman peraturan, permainan sepakbola, tim porprov

Abstract

Abstract: Determine and assess the level of understanding of the rules of the game of football (law 11, 12) in the PORPROV team of Batu City and Malang City are the purpose of this study. The design of this research is descriptive quantitative with a survey method that uses a questionnaire or questionnaire. The subjects in this study were 23 PORPROV players in Batu City and 24 PORPROV players in Malang City with a total sample of 47 people. The instrument used by the researcher was a closed questionnaire regarding the rules of the football game laws of the game 2018/2019 with 25 questions, namely 15 questions containing the regulations in (law 11) and 10 questions containing the regulations in (law 12). This study used quantitative descriptive analysis techniques in the form of percentages for data analysis. This study was having result that level understanding of soccer game regulations laws of the game 2018/2019 (law 11, 12) for PORPROV players in Batu City are included in the fairly good category (48 percent) and for PORPROV players in Malang City is in the quite good category (33 percent).

Abstrak: Mengetahui dan mengkaji tingkat pemahaman peraturan permainan sepakbola (pasal 11, 12) pada tim PORPROV Kota Batu dan Kota Malang merupakan tujuan dari penelitian ini. Desain dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif serta metode survei memakai angket atau kuesioner. Subjek pada penelitian ini adalah 23 pemain PORPROV Kota Batu dan 24 pemain PORPROV Kota Malang dengan kesuluruhan sampel berjumlah 47 orang. Instrumen yang digunakan oleh peneliti adalah kuesioner tertutup yang bersangkutan dengan laws of the game peraturan permainan sepakbola 2018/2019 sebanyak 25 butir soal yakni 15 butir soal berisikan peraturan pada (pasal 11) dan 10 butir soal berisikan peraturan pada (pasal 12). Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif berupa persentase dalam analisis datanya. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa tingkat pemahaman terhadap peraturan permainan sepakbola laws of the game 2018/2019 (pasal 11, 12) pemain PORPROV Kota Batu termasuk dalam kategori cukup baik (48 persen) dan untuk pemain PORPROV Kota Malang masuk ke kategori cukup baik (33 persen).

References

Ali, M. (2005). Olahraga Membentuk Karakter: Fakta atau Mitos? 1. Jurnal Ordik, April 2005, 1–10.

Anwar, K. (2018). Pemahaman Mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga STKIP PGRI Bangkalan Terhadap Materi Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Jasmani., 2(2), 127–135.

Aprinawati, I. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 140–147. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.35

Arikunto Suharsimi. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. In Jakarta: Rineka Cipta (p. 172). http://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/handle/123456789/62880

Candranegara, I. M. W., & Mirta, I Wayan dan Putra, K. A. F. (2021). Pendahuluan Metode Hasil dan Pembahasan. Pengenalan Alat-Alat Praktikum Ekologi Terrestrial, 1(1), 31–37.

Catteeuw, P., Helsen, W., Gilis, B., Van Roie, E., & Wagemans, J. (2009). Visual scan patterns and decision-making skills of expert assistant referees in offside situations. Journal of Sport and Exercise Psychology, 31(6), 786–797. https://doi.org/10.1123/jsep.31.6.786

Costa, I. T., Garganta, J., Greco, P. J., Mesquita, I., & Maia, J. (2011). Sistema de avaliação táctica no Futebol (FUT-SAT): Desenvolvimento e validação preliminar. Motricidade, 7(1), 69–84. https://doi.org/10.6063/motricidade.7(1).121

Firdaus Soffan Hadi, D. (2016). Pengaruh Latihan Ladder Drills Terhadap Peningkatan Kelincahan Siswa U-17 Di Persatuan Sepakbola Jajag Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Jasmani, 26(1), 213–228.

Gultom, Z. A. S. (2017). Survei Tingkat Pemahaman Pemain Sepak Bola Tentang Peraturan Permainan Sepak Bola (Laws of the Game) 2014/2015 Pada Klub Persatuan Sepakbola Medan Sekitarnya (Psms) Medan Tahun 2016. Survei Tingkat Pemahaman Pemain Sepak Bola Tentang Peraturan Permainan Sepak Bola (Laws of the Game) 2014/2015 Pada Klub Persatuan Sepakbola Medan Sekitarnya (Psms) Medan Tahun 2016, 1(1), 1–11.

Hadi, H. (2016). Respect For The Rules dalam Permainan Sepak Bola. Jendela Olahraga, 1–10. http://journal.upgris.ac.id/index.php/jendelaolahraga/article/download/1098/977

Keshav, M. (2020). Applications of Artificial Intelligence in the Game of Football: The Global Perspective THE INTERNATIONAL JOURNAL OF BUSINESS & MANAGEMENT A View project. September. https://doi.org/10.18843/rwjasc/v11i2/03

Lubis, M. I. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Listening Team Terhadap Pemahaman Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kuantan Singingi. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 17(02), 265–280.

Mignerat, M., & Audebrand, L. K. (2010). Towards the adoption of e-refereeing and e-ticketing in elite soccer championships: An institutional perspective. ICIS 2010 Proceedings - Thirty First International Conference on Information Systems.

Rahman, F. A., Kristiyanto, A., & Sugiyanto, S. (2017). Motif, Motivasi, Dan Manfaat Aktivitaspendakian Gunung Sebagai Olahraga Rekreasi Masyarakat. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(2), 143–153. https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i2.4251

Robi Syuhada Istofian, & Amiq, F. (2016). Metode drill untuk meningkatkan teknik menendang Bola ( Shooting ) dalam permainan sepakbola usia 13-14 tahun. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 1(1), 105–113.

Setiawan, A., & Subiyono, H. S. (2019). Tingkat Pemahaman Pemain Sepak bola Terhadap Pelanggaran Peraturan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Journal of Sport Sciences and Fitness, 5(2), 99–105. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jssf

Sujadi, A., & Kholidah, I. R. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal di SD Negeri Gunturan Pandak Bantul Tahun Ajaran 2016/2017. Trihayu, 4(3), 428–431.

Supriyadi, M. (2018). Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Sekolah Dasar. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 1(2), 64–73. https://doi.org/10.31539/jpjo.v1i2.136

Teoldo, I., Manuel, J., Greco, P. J., Mesquita, I., Federal, U., Gerais, D. M., & Horizonte, B. (2010). Tactical Principles of Soccer : concepts and application 1 Tactical Principles of Soccer Centre of Research and Studies in Soccer , Universidade Federal de Viçosa ,. Revista Motriz, 15(2009), 657–668.

Utomo, Y. T. (2022). Tingkat Pemahaman Pemain Terhadap Peraturan Permainan Sepakbola (Law Of The Game 2020/2021) Pada Tim Liga 1 Askab Pssi Wonosobo. 8.5.2017, 2003–2005.

Wahid, R. (2016). Tingkat Pemahaman Pemain Sepak Bola Usia 19 Tahun Terhadap Peraturan Sepak Bola Tahun 2014/2015 (Studi Kasus Pada Pemain Liga Internal Usia 19 Klub Sepak Bola Di Kabupaten Sampang). Jurnal Kesehatan, 6(2), 263–273.

Wardana, D. N. K. (2015). Peningkatan hasil belajar passing pada permainan sepakbola melalui metode pembelajaran langsung siswa kelas V SDN Tulangan II Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan …, 2, 147–153. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/9/article/view/13502%0Ahttps://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/9/article/viewFile/13502/12398

Downloads

Published

22-05-2023

Issue

Section

Articles