Aplikasi iSpring Materi Perwasitan Dan Penyelenggaraan Pertandingan Bola Basket Untuk Mahasiswa PJKR FIK UM

Authors

  • Rama Kusuma Putra Aji Universitas Negeri Malang
  • Febrita Paulina Heynoek Universitas Negeri Malang
  • Rama Kurniawan Universitas Negeri Malang
  • Supriyadi Supriyadi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v5i52023p522-532

Keywords:

learning, refeering, competition, basketball, pembelajaran, perwasitan, pertandingan, bola basket

Abstract

Abstract: Learning the material for refeering and organizing matches provides education to students on various kinds of control signals in refeering and systematically organizes matches. The purpose of developig learning media based on the application of refereeing material and organizing basketball lecture matches is to make it easier for students to understand basketball lectures, especially refereeing material and organizing matches. The method used is a research and development method using five research steps that are tailored to research needs. Participants are students of PJKR FIK UM of 40 people. The method of data analysis is decriptive qualitative. The results of the study stated that 58,9 percent of student had never used application based media for basketball learning, 61,3 percent stated the need for the development of new media in basketball lectures. The trial results obtained results 89,07 for small groups of 10 people and 96,15 percent for large groups of 30 people, so that the development product was suitable for use as learning media for PJKR FIK UM students.

Abstrak: Pembelajaran materi perwasitan dan penyelenggaraan pertandingan ini memberikan edukasi kepada mahasiswa berbagai macam control signal dalam perwasitan dan sistematis penyelenggaraan pertandingan. Tujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi materi perwasitan dan penyelenggaraan pertandingan perkuliahan bola basket untuk mempermudah mahasiswa untuk memahami perkuliahan bola basket khususnya materi perwasitan dan penyelenggaraan pertandingan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dengan menggunakan lima langkah penelitian yang disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Partisipan adalah mahasiswa PJKR FIK UM berjumlah 40 orang. Metode analisis data adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyatakan 58,9 persen mahasiswa tidak pernah menggunakan media berbasis aplikasi untuk pembelajaran bola basket, 61,3 persen menyatakan perlu adanya pengembangan media baru dalam perkuliahan bola basket. Hasil uji coba memperoleh hasil 89,07 persen untuk kelompok kecil yang berjumlah 10 orang dan untuk 96,15 persen kelompok besar yang berjumlah 30 orang, sehingga produk pengembangan layak digunakan untuk media pembelajaran mahasiswa PJKR FIK UM.

References

Abdullah, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Kimia Di Madrasah Aliyah. Lantanida Journal, 5(1), 13. https://doi.org/10.22373/lj.v5i1.2056

Afandi, A. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Aplikasi Ispring Presenter Terhadap Kemampuan. Jurnal Terapan Abdimas, 3(1), 462-485. doi:https://doi.org/10.31980/tp.v3i1.164.g179

Aisyah, R., Kh, U., & Hasbullah, A. W. (2021). Validitas Media Pembelajaran Ispring Suite Berbasis Android Pada Pemahaman Shalat Jama ’ dan Qashar Validity of Learning Media Ispring Suite Based on Android On the Understanding of Jama ’ and Qashar Prayers. 4(2), 169–178. https://doi.org/10.32528/tarlim.v4i2.5423

Akbar, S. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran (2nd ed.). Bandung, Indonesia: Remaja Rosdakarya.

Arbain, A., & Salim, S. (2021). Merancang model Dan Media Pembelajaran online untuk Pengajaran Matematika di Pendidikan tinggi. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(1), 121-136. doi:10.30998/jkpm.v7i1.11313

Ayu, M., Sari, F. M., & Muhaqiqin, M. (2021). Pelatihan Guru dalam Penggunaan Website Grammar Sebagai Media Pembelajaran selama Pandemi. Al-Mu’awanah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 49–55.

Cahyanti, A. D., Farida, F., & Rakhmawati, R. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Berupa Tes Online/Offline Matematika dengan Ispring Suite 8. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 363–371. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4362

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99. doi:10.32505/at.v11i1.529

Fatahillah, A. (2018). Hubungan Kelincahan dengan kemampuan dribbling Pada Siswa Ekstrakurikuler bola basket. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 1(2), 11-20. doi:10.31539/jpjo.v1i2.131

Fatmawati, D., Nurrochmah, S., & Heynoek, F. P. (2022). Pengaruh Latihan Dribble Zig-Zag terhadap Peningkatan Keterampilan Dribble Bola Basket Bagi Peserta Kegiatan Ekstrakurikuler Bola Basket SMA. Sport Science and Health, 2(11), 521–533. https://doi.org/10.17977/um062v2i112020p521-533

H, R. (2017). Meningkatkan Pembelajaran Shooting Bola Basket Dengan Menggunakan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(2), 75-86. doi:https://doi.org/10.31571/jpo.v6i2.668

Handayani, C., Wulandari, D., Amanda, S., Fadila, Z., & Fathoni, M. (2021). Pelatihan Penggunaan google classroom Dan Google meet Sebagai media digital untuk pembelajaran daring Selama Pandemi covid- 19 bagi guru- Guru Di SDIT Alif. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 4(2), 102-111. doi:10.35335/abdimas.v4i2.1422

Juliana, N. (2020). Pemanfaatan Simari Sebagai pembelajaran daring (Dalam Jaringan) di Tengah Pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190-199. doi:10.34055/osf.io/8q7rv

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 91–96. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778

Kartini, K. S., & Putra, I. N. (2020). Pengaruh Penggunaan media Pembelajaran INTERAKTIF Berbasis Android TERHADAP Hasil Belajar siswa. JURNAL REDOKS : JURNAL PENDIDIKAN KIMIA DAN ILMU KIMIA, 3(2), 8-12. doi:10.33627/re.v3i2.417

Larasti. D , Rijanto. T, Wrahatnolo. T, Anifah, L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran iSpring Suite 9 Pengembangan Media Pembelajaran ISpring Suite 9 Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elekronika di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(01), 79–85.

Lee, W. W., & Owens, D. L. (2012). Multimedia-based Instructional Design: Computer-based training, web-based training, distance broadcast training, performance-based solutions (13th ed.). San Francisco, CA: Pfeiffer. doi:978-0787951597

Malik, A. A., & Rubiana, I. (2019). Kemampuan Teknik Dasar Bola Basket: Studi DESKRIPTIF Pada Mahasiswa. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 3(2), 79-84. doi:10.37058/sport.v3i2.1238

Mu'arifuddin, M. A. (2018). Kelayakan Aspek Materi Dan media Dalam Pengembangan bahan ajar bola voli berbasis kontekstual. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 3(1), 12-15. doi:10.26740/jossae.v3n1.p12-15

Novita, R., & Harahap, S. Z. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Di Smk. Jurnal Informatika, 8(1), 36–44. https://doi.org/10.36987/informatika.v8i1.1532

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333-352. doi:10.24952/fitrah.v3i2.945

Prasetyo, D. W., & Sukarmin, Y. (2017). Developing Game Models for Basketball Basic Technique. Jurnal Keolahragaan, 5(1), 12–23.

Riyanto, P. (2019). Pengaruh model Pembelajaran Jigsaw TERHADAP Peningkatan Kemampuan drible bola basket. Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES), 2(01), 59-67. doi:10.35724/mjpes.v2i01.2069

Sasahan, E. Y., Oktova, R., & I.R.N., O. O. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif tentang Optika Berbasis Android Menggunakan Perangkat Lunak Ispring Suite 7.0 untuk Mahasiswa S-1 Pendidikan Fisika pada Pokok Bahasan Interferensi Cahaya. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 2, 52. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v2i0.16364

Sastrakusumah, E. N. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Aplikasi Ispring Presenter Terhadap Kemampuan. 3.

Sinaga, R. F., & Sinaga, N. (2021). Pengembangan Media pembelajaran mobile learning Berbasis Android Dengan ISPRING Suite pada mata pelajaran instalasi motor listrik kelas xi jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK swasta Imelda Medan. JEVTE: Journal of Electrical Vocational Teacher Education, 1(1), 79-85. doi:10.24114/jevte.v1i1.25046

Sinaga, R. M., Trisnaningsih, T., Pujiati, P., & Sudarmansyah, D. (2019). Development of Learning Media Based on Mobil Learning Application. Jurnal Pendidikan Progresif, 9(1), 50–58. https://doi.org/10.23960/jpp.v9.i1.201907

Wati, S., Sugihartono, T., & Sugiyanto, S. (2018). Pengaruh Latihan Terpusat Dan Latihan Acak Terhadap Hasil Penguasaan Teknik Dasar Bola Basket. Kinestetik, 2(1), 36–43. https://doi.org/10.33369/jk.v2i1.9185

Downloads

Published

22-05-2023

Issue

Section

Articles