Survei Tentang Minat Anak Tunarungu terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SLB Kerabat Mulia Kepung Kabupaten Kediri

Authors

  • Nerry Dwi Prasista Universitas Negeri Malang
  • Eko Haryanto Universitas Negeri Malang
  • Lokananta Teguh Hari Wiguno Universitas Negeri Malang
  • Kurniati Rahayu Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v5i52023p512-521

Keywords:

interest, deaf children, physical sports and health education, minat, anak tunarungu, pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan

Abstract

Abstract: This study aimed to discover how far the interests of deaf students at the SLB Kerabat Mulia Kepung Kediri Regency are in sports and health topics. This study applied a quantitative descriptive method in the form of a survey. The technique that was used to collect data was a non-test instrument, which was questionnaire. While the population and sample used in this study were 10 students that consisted of primary, junior and senior high school students at the Kepung Mulia Special School, Kediri Regency. The data description used was quantitative descriptive statistics in the form of percentages. The conclusion of the assessment of the interest of deaf students towards learning in the field of physical education, sports and health at SLB Kerabat Mulia, Kediri Regency, could be obtained a proportion of 42 percent in the low category on the feeling of pleasure indicator, the proportion of 31 percent in the medium category on the attention indicator, the proportion of 25 percent in the high category on the engagement indicator, and the proportion of 27 percent very high category on the attractiveness indicator. Based on the study results, it could be concluded that the interest of deaf students in participating in learning in the fields of physical education, sports and health at SLB Kerabat Mulia Kepung, Kediri Regency was relatively low.

Abstrak: Maksud dari pengkajian ini untuk mengerti seberapa besar ketertarikan siswa tunarungu SLB Kerabat Mulia Kepung Kabupaten Kediri pada topik olahraga dan kesehatan. Metode yang digunakan merupakan bentuk deskriptif kuantitatif bentuk survei. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen non tes yang berbentuk angket. Populasi dan sampel penelitian berjumlah 10 siswa pada tingkat SD, SMP dan SMA di SLB Kerabat Mulia Kepung Kabupaten Kediri. Uraian data memakai statistik deskriptif kuantitatif bentuk persentase. Kesimpulan pengkajian minat siswa tunarungu terhadap pembelajaran bidang pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SLB Kerabat Mulia Kabupaten Kediri dapat diperoleh proporsi 42 persen kategori rendah pada indikator perasaan senang, proporsi 31  persen kategori sedang pada indikator perhatian, proporsi 25 persen kategori tinggi pada indikator keterlibatan, dan proporsi 27 persen kategori sangat tinggi pada indikator ketertarikan. Berlandaskan hasil pengkajian bisa disimpulkan, maka minat siswa tunarungu mengikuti pembelajaran bidang pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SLB Kerabat Mulia Kepung Kabupaten Kediri tergolong rendah.

References

Alim, N., Hakim, A. R., & Dwijayanti, K. (2021). Survei Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif di SDLB C Kabupaten Sragen Tahun 2019/2020. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 7(1), 1–11. https://doi.org/10.36728/jip.v7i1.1361

Anindhito, Y. L. A. (2020). Pengembangan Model Permainan Olahraga Freeball pada Pembelajaran Penjas Adaptif Anak Tunagrahita Di SLB Se-Kabupaten Kendal. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 5(1), 68–75.

Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666

Baglama, B., & Demirok, M. S. (2018). The Role of Physical Education for Children With Special Needs: a Review Study. Near East University Online Journal of Education, 1(1), 36–41. https://doi.org/10.32955/neuje.v1i1.54

Charlie, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. SPEJ (Science and Physic Education Journal), 2(2), 52–60.

Darmawan, S. (2018). Pengaruh Lingkungan Sekolah Peran Guru dan Minat Belajar Siswa terhadap Motivasi Belajar Penjas SD Inpres Buttatianang 1 Makassar. Jurnal Muara Pendidikan, 3(1), 103–111.

Djaali, D. (2011). Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta.

Djamarah, D. (2008). Psikologi Belajar 2. Rineka Cipta.

Dumčienė, A., & Šukys, S. (2018). Empowerment for Education of Students with Special Education Needs. Baltic Journal of Sport and Health Sciences, 3(94). https://doi.org/10.33607/bjshs.v3i94.125

Fadlih, A. M. (2019). Minat dan Motivasi Peserta Didik Penyandang Disabilitas Ketunarunguan terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Olahraga. Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES), 2(01), 68–76. https://doi.org/10.35724/mjpes.v2i01.2072

Fauziah, A. Y., & Pradipta, R. F. (2018). Implementasi Metode Sosiodrama dalam Mengasah Pelafalan Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 4(2), 82–86. https://doi.org/10.17977/um031v4i12018p082

Hakim, A. R. (2017). Memuliakan Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pendidikan Jasmani Adaptif. Jurnal Ilmiah Penjas, 3(1), 17–27. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/539

Haliza, N., Kuntarto, E., & Kusmana, A. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) dalam Memahami Bahasa. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 2(1), 5–11. https://doi.org/10.26555/jg.v2i1.2051

Haris, F., Taufan, J., & Nelson, S. (2021). Peran Guru Olahraga bagi Perkembangan Pendidikan Jasmani Adaptif di Sekolah Luar Biasa. Jurnal Basicedu, 5(5), 3883–3891. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1469

Hurlock, H. (2011). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga.

Juherna, E., Purwanti, E., Melawati, M., & Utami, Y. S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter pada Disabilitas Anak Tunarungu. Jurnal Golden Age, 4(01), 12–19. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.1809

Junanda, H. A., & Solihin, A. O. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli pada Siswa Tunarungu. JPOE, 2(1), 76–85.

Kesumawati, S. A., & Damanik, S. A. (2019). Model Pembelajaran Gerak Dasar Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 18(2), 146–153.

Kızar, O., Dalkılıç, M., Uçan, İ., Mamak, H., & Yi, Ş. (2015). The Importance of Sports for Disabled Children. Merit Research Journal of Art, Social Science and Humanities, 3(5), 58–61.

Kumar, S., & Singh, V. (2020). Physical Education & Sports for Children with Special Needs: Issues and concerns. August 2019.

Muwakhidah, M., & Pravesti, C. A. (2017). Keefektifan Konseling Kelompok Cognitive Behavior Therapy untuk Mengurangi Keraguan Pengambilan Keputusan Karier Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 66–75. https://doi.org/10.17977/um001v2i22017p066

Nofiaturrahmah, F. (2018). Problematika Anak Tunarungu dan Cara Mengatasinya. Quality, 6(1), 1. https://doi.org/10.21043/quality.v6i1.5744

Nugroho, B. (2019). Survei Minat Siswa Berkebutuhan Khusus Tunarungu Dengan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Pada Siswa Kelas VII, VIII, IX SMP Luar Biasa Putera Asih Kota Kediri Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Oğuzhan, N. S., & Hunuk, D. (2018). Experiences of Students with Special Needs on Sport Education Model. Journal of Education and Training Studies, 5(13), 70. https://doi.org/10.11114/jets.v5i13.2853

Onwumechili, C. (2018). Disability and Sport. Sport Communication, January, 129–143. https://doi.org/10.4324/9781315270920-10

Pambudi, M. I., Winarno, M. E., & Dwiyogo, W. D. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 395. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13303

Pangestu, B., Parwata, I. G. L. A., & Wijaya, M. A. (2021). Minat dan Motivasi Berprestasi Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bolavoli. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 3(2), 63. https://doi.org/10.23887/ijst.v3i2.31937

Ranjeeta. (2018). Teaching Strategies for Learners with Special Educational Needs. National Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(1), 696–698.

Saputra, G. Y., & Aguss, R. M. (2021). Minat Siswa Kelas VII Dan VIII Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan SMP Negeri 15 Mesuji. Journal Of Physical Education, 2(1), 17–25. https://doi.org/10.33365/joupe.v2i1.797

Slameto, S. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. PT. Rineka Cipta.

Stankovska, G., Angelkoska, S., & Grncaroska, S. P. (2015). Education of Students With Special Educational Needs and Their Inclusion in the Community. Annual International Conference of the Bulgarian Comparative Education Society., 306–312. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED568665.pdf

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Sukriadi, S., & Arif, M. (2020). Survei Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif di SLB C Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.21009/jsce.04101

Surahman, E., Santaria, R., & Setiawan, E. I. (2020). TANTANGAN PEMBELAJARAN DARING DI INDONESIA Pendahuluan Pembelajaran daring adalah proses pembelajaran yang dilakukan. Journal of Islamic Education Management, 5(2), 94–95.

Syarifuddin, A., & Muhadi, M. (1992). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Villanueva, M. G., Taylor, J., Therrien, W., & Hand, B. (2012). Science Education for Students with Special Needs. Studies in Science Education, 48(2), 187–215. https://doi.org/10.1080/14703297.2012.737117

Widati, S., & Murtadlo, M. (2007). Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Adaptif. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Widiyanto, W. E., & Putra, E. G. P. (2021). Pendidikan Jasmani Adaptif Di Sekolah Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Sport Science and Education Journal, 2(2), 28–35. https://doi.org/10.33365/ssej.v2i2.1052

Wijaya, J. (1994). Psikologi Bimbingan. PT. Eresco.

Winkel, W. S. (1984). Psikologi Pendidikan Dan Evaluasi Belajar. Gramedia.

Winkel, W. S. (1996). Psikologi Pengajaran. Gramedia.

Downloads

Published

22-05-2023

Issue

Section

Articles