Pengembangan Instrumen Penilaian Diri dan Sejawat Secara Online pada Materi Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Mata Pelajaran PJOK di SMP Laboratorium UM

Authors

  • Ahmad Suriyadi Universitas Negeri Malang
  • Gema Fitriady Universitas Negeri Malang
  • Zihan Novita Sari Universitas Negeri Malang
  • Dona Sandi Yudasmara Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v5i52023p489-500

Keywords:

online assessment, self-assessment, peer-assessment, penilaian online, penilaian diri, penilaian sejawat

Abstract

Abstract: Learning in the COVID-19 era is applied online in accordance with the circular letter of Ministry of Education and Culture No.15 in 2020 by applying online learning and the online assessments, including Physical, Sport and Health Education. This policy causes teachers having difficulties and obstacles in giving assessments to students. This research aims to develop online self-assessment and peer-assessment instruments to facilitate teachers in the assessment process. This is a Research and Development with modified Borg and Gall model. The result of the research is online self-assessment and peer-assessment instruments products that are expected to facilitate teachers in the assessment process. Online self-assessment and peer-assessment instruments have a valid category based on the result of the validation from material experts and assessments experts, so that it is appropriate to be used in assessment activities. It can be concluded that this instrument product is appropriate and effective as the media assessment to provide convenience and effectiveness in the assessment process, primarily in the psychomotor in the forearm pass of volleyball skills.

Abstrak: Kemdikbud No. 15 Tahun 2020 dengan menerapkan pembelajaran secara online begitupun juga dengan penilaian termasuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Kebijakan ini membuat guru mengalami kesulitan dan kendala dalam menerapkan penilaian kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian diri dan sejawat secara online untuk mempermudah guru dalam proses penilaian. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model Borg and Gall yang dimodifikasi. Hasil penelitian ini menghasilkan produk intrumen penilaian diri dan sejawat secara online yang diharapkan dapat mempermudah guru dalam proses penilaian. Produk instrumen penilaian diri dan sejawat secara online ini mendapat kategori valid sehingga layak digunakan dalam kegiatan penilaian berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli penilaian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk instrumen ini layak dan efektif digunakan sebagai media penilaian untuk memberikan kemudahan dan keefektifan dalam proses penilaian terutama pada ranah psikomotor yaitu keterampilan passing bawah bola voli.

References

Abrasyi, R., Hernawan, H., Sujiono, B., & Dupri, D. (2018). RETRACTED: Model Latihan Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Journal Sport Area, 3(2), 168–178. doi: 10.25299/sportarea.2018.vol3(2).2135

Ahmad, I. F. (2020). Asesmen Alternatif Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) Di Indonesia. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 7(1), 195–222. doi: 10.33650/pjp.v7i1.1136

Arifin, R., Kusumah, I. H., & Mubarak, I. (2018). Hasil Penilaian Diri Dan Penilaian Teman Sebaya Dibandingkan Dengan Assessment Dosen Untuk Hasil Produk Mata Kuliah Body Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(1), 78. doi: 10.17509/jmee.v5i1.12623

Bafadal, M. F., & Triansyah, A. (2020). Google Form: Alternative Assessment of Physical Education as Covid-19. SCIENCE TECH: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 6(2), 48–57.

Batubara, H. H., Islam, U., & Walisongo, N. (2020). PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN. (April). doi: 10.31602/muallimuna.v5i2.2950

de Grez, L., Valcke, M., & Roozen, I. (2012). How effective are self- and peer assessment of oral presentation skills compared with teachers’ assessments? Active Learning in Higher Education, 13(2), 129–142. doi: 10.1177/1469787412441284

Dessi Novita Sari, D. A. (2020). Edu Sportivo. Psikologi Pendidikan, 1(1), 25–32.

Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2017). UJI KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 205–210.

Fattah, A., & Kristiyandaru, A. (2021). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 09 Nomor 02 Tahun 2021 Abd Fattah *, Advendi Kristiyandaru. 09.

Fitriady, G., Sugiyanto, & Sugiarto, T. (2020). Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(2), 82–90.

Guswanti, M., & Satria, R. (2021). Problematika Pembelajaran Dalam Problematika Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 4 Pariaman. An-Nuha, 1(2), 116–124. doi: 10.24036/annuha.v1i2.43

Hamdan Husein Batubara, & Batubara, H. H. (2016). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen Di Prodi Pgmi Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1).

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.

Idulfilastri, R. M., & Manajerial, T. P. (2018). Berdasarkan Validitas Butir Dengan Metode Factor Analysis. 2(1), 189–197.

Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47. doi: 10.31980/jpetik.v5i1.445

Kartono. (2011). Efektivitas Penilaian Diri dan Teman Sejawat untuk Penilaian Formatif dan Sumatif pada Pembelajaran Mata Kulian Analis Kompleks. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2005, 49–59.

Nahadi, Firman, H., & Khilda, K. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Diri dan Penilaian Teman Sejawat Untuk Menilai Kinerja Siswa SMK Pada Praktikum Kimia. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia : Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 4(2), 111–118.

Noonan, B., & Duncan, C. R. (2005). Peer and self-assessment in high schools. Practical Assessment, Research and Evaluation, 10(17), 1–8.

Nugroho, R. A., Yuliandra, R., Gumantan, A., & Mahfud, I. (2021). Pengaruh Latihan Leg Press dan Squat Thrust Terhadap Peningkatan Power Tungkai Atlet Bola Voli. Jendela Olahraga, 6(2), 40–49. doi: 10.26877/jo.v6i2.7391

Nurwati, A. (2014). PENILAIAN RANAH PSIKOMOTORIK SISWA DALAM PELAJARAN BAHASA. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2), 385–400.

Prasetyaningtyas, S. (2021). Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) Secara Online Selama Darurat Covid-19 di SMP N 1 Semin. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 86–94.

Priono, J., & Siregar, D. I. (2021). Implementasi Pembelajaran Pjok Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Mts Se-Kecamatan Sei Balai Kabupaten Batu Bara Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Penjaskesrek, 8(1), 32.

Rahmat, D., & Wahidi, R. (2018). Pengaruh Pembelajaran Passing Berpasangan Terhadap Keterampilan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli. JUARA : Jurnal Olahraga, 3(2), 96. doi: 10.33222/juara.v3i2.241

Sahabuddin, S., Hakim, H., & Syahruddin. (2020). Meningkatkan Keterampilan Proses Passing Bawah Bolavoli Melalui Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Penjaskesrek, 7(2), 204–217.

Sefriani, R., Sepriana, R., Wijaya, I., & Menrisal, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4731–4737. doi: 10.31004/edukatif.v3i6.1430

Seifert, T., & Feliks, O. (2019). Assessment & Evaluation in Higher Education Online self-assessment and peer-assessment as a tool to enhance student-teachers ’ assessment skills. Assessment & Evaluation in Higher Education, 44(2), 169–185. doi: 10.1080/02602938.2018.1487023

Spiller, D. (2012). Assessment Matters: Self-Assessment and Peer Assessment. Teaching Development| Wāhanga Whakapakari Ako, (February), 2–19.

Zhang, H. M., Peh, L. S., & Wang, Y. H. (2014). Servo motor control system and method of auto-detection of types of servo motors. Applied Mechanics and Materials, 496–500(1), 1510–1515. doi: 10.4028/www.scientific.net/AMM.496-500.1510

Downloads

Published

22-05-2023

Issue

Section

Articles