Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Selama Covid-19 di SMA-SMK Negeri Se-Kota Batu

Authors

  • Reva Bramantia Khuszanabil Sutrisno Universitas Negeri Malang
  • Fahrial Amiq Universitas Negeri Malang
  • Gema Fitriady Universitas Negeri Malang
  • Usman Wahyudi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v5i32023p270-277

Keywords:

learning model, sport physical and health education, covid-19, model pembelajaran, PJOK

Abstract

Abstract: The education process in Indonesia has been hampered due to covid-19, including in high schools throughout Batu City, so that learning activities are carried out online and face-to-face are limited, including sport physical and health education subjects. The purpose of this study was to examine the learning model for sport physical and health education subjects during covid-19 in state high schools throughout Batu City. This type of research includes qualitative descriptive research with survey methods. Data collection with interview techniques. Data analysis with reduction techniques, data presentation, and draw conclusions. Sport physic and health education learning is carried out online and limited face-to-face using blended learning and problem based learning models. Teachers use online media as a means of increasing student activity and understanding during the pandemic. The approach used includes collaborative and scientific which is expected to stimulate student activity and learning during the pandemic period is well established. This research can be done with more diverse variables and a larger population, so that the data obtained is more objective.

Abstrak: Proses pendidikan di Indonesia menjadi terhambat akibat covid-19 tidak terkecuali di SMA-SMK se-Kota Batu, sehingga kegiatan belajar terlaksana daring dan tatap muka terbatas termasuk pada mata pelajaran PJOK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji model pembelajaran pada mata pelajaran PJOK selama covid-19 di SMA-SMK Negeri se-Kota Batu. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Analisis data menggunakan teknik reduksi, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pembelajaran PJOK dilaksanakan secara online dan tatap muka terbatas menggunakan model pembelajaran blended learning dan problem based learning. Guru menggunakan media online sebagai sarana meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa selama masa pandemi. Pendekatan yang digunakan meliputi kolaboratif dan saintifik untuk yang diharapkan dapat memacu keaktifan siswa dan pembelajaran pada masa pandemi terjalin dengan baik. Penelitian ini dapat dilakukan dengan variabel yang lebih beragam dan populasi yang lebih besar, sehingga data yang diperoleh semakin objektif.

References

Astini, Sari, N. K. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(2), 13–25.

Carpenter, J. P., & Harvey, S. (2020). Perceived benefits and challenges of physical educators’ use of social media for professional development and learning. Journal of Teaching Psychal Education, 39(4), 434–444.

Eva, R., & Siagian, F. (n.d.). PENGARUH MINAT DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA. 2(20), 122–131.

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7.

huberman, miles. (1992). analisis data kualitatif.

Kuhn, A. P., Carson, R. L., Beighle, A., & Castelli, D. M. (2021). Changes in psychosocial perspectives among physical activity leaders: Teacher efficacy, work engagement, and affective commitment. Journal Teaching in Psychal Education, 40(3), 484–492.

Liubana, A., & Puspasari, D. (2021). Analisis Pengaruh Penggunaan E-Learning dengan Google Classroom dan Disiplin Belajar terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Brothers and Sisters House Kota Surabaya pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 417. doi: 10.33394/jk.v7i2.3599

Makhin, M. (2021). Hybrid Learning: Model Pembelajaran pada Masa Pandemi di SD Negeri Bungurasih Waru Sidoarjo. Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 95–103. doi: 10.55352/mudir.v3i2.312

Qomarrullah, R. (Rif'iy). (2014). MODEL AKTIVITAS BELAJAR GERAK BERBASIS PERMAINAN SEBAGAI MATERI AJAR PENDIDIKAN JASMANI. Indonesian Journal of Sports Science.

Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., Jasmani, P., Keguruan, F., Pendidikan, I., Bengkulu, U., … Raibowo, S. (2020). yandika_fr,+6.+Raibowo. 1, 112–119.

Rayner, M., & Webb, T. (2021). Implications and opportunities for sport management education in the COVID-19 era. Sport Management Education Journal, 15(1), 49–53.

Retnawati, H., Djidu, H., Kartianom, Apino, E., & Anazifa, R. D. (2018). Teachers’ knowledge about higher-order thinking skills and its learning strategy. Problems of Education in the 21st Century, 76(2), 215–230. doi: 10.33225/pec/18.76.215

Rochman, B., Indahwati, N., & Priambodo, A. (2020). Identifikasi Keterlaksanaan Pembelajaran PJOK Tingkat SMP Di Masa Pandemi Covid 19 Se-Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 257–265. doi: 10.36312/jime.v6i1.1343

Rokhamawati. (2016). Implementation of Problem Based Learning Model to Improve Student’s Problem Solving Skill and Self-Efficacy (A Study on IX Class Students of SMP Muhammadiyah).

Sari, I. K. (2021). Blended Learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran Inovatif di Masa Post-Pandemi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156–2163.

Sholihah, N. K. (2020). Management of Education Facilities and Infrastructure.

Simatupang, N. I. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Pengajara Online pada Masa Pandemi Covid-19 dengan Metode Survey Sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2), 197–203.

Suharniti. (2021). Pentingnya Peranan Guru Dalam Stimulasi Perkembangan Sosial di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4219–4223.

Sulaeman, A. A., & Suhada, B. (2017). Modul pengembangan keprofesian berkelanjutan biologi SMA terintegrasi penguatan pendidikan karakter kelompok kompetensi F.

Winasa, I. P. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Melalui Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Video Pembelajaran pada Masa Pandemi. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(6), 804–812. doi: 10.47387/jira.v2i6.162

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. doi: 10.31004/edukatif.v2i3.142

Downloads

Published

22-03-2023

Issue

Section

Articles